30+ Contoh Soal & Pembahasan PTS Kelas 10 IPA Semester Genap
Yuk, pahami kisi-kisi, latihan soal, beserta pembahasan PTS kelas 10 IPA semester genap. Semangat!
—
BAHASA INDONESIA
Topik: Teks Negoisasi
Subtopik: Mengenal Teks Negoisasi
1. Teks negosiasi adalah ….
- teks yang berisi interaksi sosial untuk mencari kesepakatan di antara pihak-pihak yang memiliki kesamaan kepentingan
- teks yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi interaksi sosial di antara pihak-pihak yang bersengketa
- teks yang berisi pernyataan serta argumentasi dari pihak-pihak yang berdebat mengenai permasalahan tertentu dengan tujuan untuk mendiskusikan, memutuskan, dan mengkaji perbedaan
- teks yang berisi bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang bersengketa
- teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan hal yang disampaikan oleh penulis
Kunci: D
Pembahasan:
Teks negosiasi adalah teks yang di dalamnya memuat bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang bersengketa atau mempunyai perbedaan kepentingan.
Pilihan jawaban A tidak tepat karena teks negosiasi bertujuan untuk mencari kesepakatan di antara pihak yang memiliki perbedaan kepentingan, bukan kesamaan kepentingan.
Pilihan jawaban B tidak tepat karena teks negosiasi tidak digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi interaksi sosial, tetapi teksnya memuat bentuk interaksi sosial.
Pilihan jawaban C tidak tepat karena tujuan teks negosiasi adalah untuk mencari kesepakatan, bukan hanya mendiskusikan, memutuskan, dan mengkaji perbedaan.
Pilihan jawaban E tidak tepat karena tujuan teks negosiasi adalah untuk mencari kesepakatan, bukan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.
Topik: Teks Negoisasi
Subtopik: Mengenal Teks Negoisasi
2. Perhatikan tujuan teks negosiasi berikut!
- Menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan
- Mencari pembahasan pro atau kontra dari suatu permasalahan
- Memprioritaskan penyelesaian
- Menemukan jalan baik dari dua pendapat
- Memecahkan sebuah masalah melalui sebuah forum untuk menentukan kesepakatan bersama
Tujuan teks negosiasi yang tepat terdapat pada nomor ….
- 1 dan 4
- 1 dan 3
- 2, 3, dan 5
- 1, 2, dan 4
- 1, 3 dan 5
Kunci: B
Pembahasan:
Teks negosiasi adalah teks yang di dalamnya memuat bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang bersengketa atau mempunyai perbedaan kepentingan.
Tujuan teks negosiasi adalah
- menghasilkan kesepakatan,
- menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan, mencari penyelesaian,
- memprioritaskan kepentingan bersama, dan
- mengarah pada hal yang praktis atau mudah digunakan.
Berdasarkan penjelasan tersebut, tujuan teks negosiasi yang tepat terdapat pada nomor 1 dan 3.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.
Topik : Teks Negoisasi
Subtopik : Mengenal Teks Negoisasi
3. Urutan struktur teks negosiasi yang tepat adalah ….
- orientasi – pengajuan – penawaran – persetujuan
- pengajuan – orientasi – pembahasan – simpulan
- orientasi – penawaran – pengajuan – persetujuan
- orientasi – pendahuluan – pembahasan – persetujuan
- orientasi – pengajuan – persetujuan – simpulan
Kunci: A
Pembahasan:
Teks negosiasi adalah teks yang memuat bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang bersengketa atau mempunyai perbedaan kepentingan. Struktur teks negosiasi terdiri dari orientasi, pengajuan, penawaran, dan persetujuan.
Pilihan B tidak tepat karena terdapat bagian pembahasan yang tidak termasuk dalam struktur teks negosiasi.
Pilihan C tidak tepat karena terdapat susunan struktur yang tidak tepat.
Pilihan D tidak tepat karena terdapat bagian pendahuluan dan pembahasan yang tidak termasuk dalam struktur teks negosiasi. Pilihan E tidak tepat karena terdapat bagian pengantar negosiasi yang tidak termasuk dalam struktur teks negosiasi.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.
Baca juga: 10 Contoh Teks Negosiasi Singkat dalam Berbagai Topik
Topik : Teks Negoisasi
Subtopik : Kebahasaan Teks Negoisasi
4. Salah satu ciri kebahasaan teks negosiasi adalah adanya kalimat bersyarat. Kalimat tersebut biasanya ditandai dengan konjungsi ….
- karena
- bahwa
- jika
- sehingga
- dengan demikian
Kunci: C
Pembahasan:
Kalimat bersyarat merupakan kalimat yang menandakan keberadaan sebuah kondisi atau peristiwa sebagai syarat mencapai tujuan. Ciri kalimat bersyarat adalah menggunakan ungkapan penanda syarat. Contoh ungkapan tersebut adalah sebagai berikut.
- Kalau
- Maka
- Jika
- Jikalau
- Apabila
- Asal
- Andai
Jadi, kalimat bersyarat biasanya ditandai dengan konjungsi jika.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.
Topik : Teks Negoisasi
Subtopik : Jenis-Jenis Teks Negoisasi
5. Perhatikan ilustrasi berikut!
Sudah satu jam Rinjani tidak keluar kamar. Ia sedang mengulang pelajaran yang telah diberikan oleh gurunya di sekolah melalui catatan yang telah ia tulis di buku. Rinjani mencoba untuk memahami bentuk-bentuk teks negosiasi. Tiba-tiba mata Rinjani tertuju pada buku catatannya. Ternyata, terdapat kalimat yang belum selesai, yakni contoh dari bentuk negosiasi lisan. Rinjani mencoba memahami makna negosiasi lisan agar ia menemukan jawaban dari contoh negosiasi lisan.
Contoh negosiasi lisan yang seharusnya ditulis oleh Rinjani adalah ….
- pengajuan, permintaan, dan penawaran
- cerpen dan dialog
- dialog dan narasi
- dialog dan drama
- penawaran dan permintaan
Kunci: D
Pembahasan:
Terdapat tiga jenis penyajian teks negosiasi, antara lain
- bentuk lisan –> dialog dan drama,
- bentuk gabungan antara narasi dan dialog –> cerpen, dan
- bentuk tulisan –> surat penawaran dan surat permintaan barang.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.
BAHASA INGGRIS
Topik: Recount Text
Subtopik: Types of Recount Text
Read the text and answer the question below!
Haji Agus Salim (8 October 1884–4 November 1954) was born Mashudul Haq Salim in the village of Koto Gadang, a suburb of Fort de Kock, was an Indonesian national hero. He conducted diplomacy to various countries, so that Indonesia’s independence would be fully recognized. His father, Sutan Mohammad Salim, was a colonial prosecutor and a judge whose highest rank was chief judge for the indigenous court in Tanjung Pinang. His birth name, which means “defender of truth”, was changed into Agus Salim early in his childhood.
Salim received his elementary education at Europeesche Lagere School (ELS). At that time, it was considered a privilege for a non-European kid to attend an all-European school. He continued his studies at the Hogere Burgerschool (HBS) in Batavia and graduated with highest score in the whole Dutch East Indies.
CS Hurgronje, a prominent colonial administrator, took Salim to leave the Indies on 1905 and work as an interpreter and secretary at the Dutch consulate in Jeddah. That journey was also intended to keep him from the radical teachings of a close relative, Shafi’i imam of Masjid al-Haram, Ahmad Khatib al-Minangkabawi.
Salim returned to the Indies in 1911 and pursued a career in journalism, contributing pieces for magazines and publications like Hindia Baroe, Fadjar Asia, and Moestika. He later served as an editor in Neratja, a newspaper aligned with the Sarekat Islam. While in that, he founded a private Hollandsche Indische School (HIS) in his hometown of Koto Gadang.
1. What was the occupation of Agus Salimʼs father?
- A teacher and a judge
- A teacher and a doctor
- A judge and a colonial prosecutor
- A colonial prosecutor and a doctor
- A general and a colonial prosecutor
Kunci: C
Pembahasan:
Soal di atas menanyakan mengenai apa pekerjaan ayahnya Salim ( the occupation of Agus Salimʼs father ). Informasi tentang pekerjaan (occupation) dari ayahnya Haji Agus Salim dapat ditemukan pada paragraf pertama, yaitu His father, Sutan Mohammad Salim, was a colonial prosecutor and a judge ….
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.
Topik: Recount Text
Subtopik: Types of Recount Text
Read the text and answer the question below!
Haji Agus Salim (8 October 1884–4 November 1954) was born Mashudul Haq Salim in the village of Koto Gadang, a suburb of Fort de Kock, was an Indonesian national hero. He conducted diplomacy to various countries, so that Indonesia’s independence would be fully recognized. His father, Sutan Mohammad Salim, was a colonial prosecutor and a judge whose highest rank was chief judge for the indigenous court in Tanjung Pinang. His birth name, which means “defender of truth”, was changed into Agus Salim early in his childhood.
Salim received his elementary education at Europeesche Lagere School (ELS). At that time, it was considered a privilege for a non-European kid to attend an all-European school. He continued his studies at the Hogere Burgerschool (HBS) in Batavia and graduated with highest score in the whole Dutch East Indies.
CS Hurgronje, a prominent colonial administrator, took Salim to leave the Indies on 1905 and work as an interpreter and secretary at the Dutch consulate in Jeddah. That journey was also intended to keep him from the radical teachings of a close relative, Shafi’i imam of Masjid al-Haram, Ahmad Khatib al-Minangkabawi.
Salim returned to the Indies in 1911 and pursued a career in journalism, contributing pieces for magazines and publications like Hindia Baroe, Fadjar Asia, and Moestika. He later served as an editor in Neratja, a newspaper aligned with the Sarekat Islam. While in that, he founded a private Hollandsche Indische School (HIS) in his hometown of Koto Gadang.
2. CS Hurgronje took Agus Salim to Jeddah to ….
- study Islam
- handle hajj affairs
- pursue his career as an interpreter
- learn about Middle Eastern culture
- avoid Ahmad Khatib al-Minangkabawi
Kunci: E
Pembahasan:
Soal di atas menanyakan alasan kenapa CS Hurgronje membawa Agus Salim ke Jeddah. Pada paragraf ketiga dijelaskan That journey was also intended to keep him from the radical teachings of a close relative, Shafi’i imam of Masjid al-Haram, Ahmad Khatib al-Minangkabawi yang artinya ‘Perjalanan tersebut juga bertujuan untuk menjauhkannya dari ajaran radikal keluarga dekatnya, Shafi’i imam dari Masjid al-Haram Ahmad Khatib al-Minangkabawi’.
Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah E.
Topik: Recount Text
Subtopik: Types of Recount Text
Read the following dialogue and answer the question!
Galileo Galilei (1564-1642) was an astronomer and a scientist. Galileo developed a superior telescope and made many significant discoveries in astronomy. He was sentenced to life imprisonment by the inquisition for his support for the Copernican theory that the sun was at the center of the solar system.
Galileo was born in Florence, Italy in 1564 to a poor but noble family. His parents recognized their child’s innate intelligence and talents, so they made sacrifices to have him educated. At his father’s insistence, Galileo studied the profitable career of medicine. However, at the University of Pisa, Galileo became fascinated in a wide range of subjects. He was also critical of many Aristotle’s teaching which had dominated education for the past 2,000 years.
Galileo was appointed to be a mathematics professor at the University of Pisa, but his strident criticisms of Aristotle left him isolated among his contemporaries. Aher three years of persecution, he resigned and went to the University of Padua, where he taught maths. His entertaining lectures attracted a large following, and he was able to spend the next 18 years pursuing his interests in astronomy and mechanics.
3. According to the biography, when did Galileo Galilei resign from his teaching job at the University of Pisa?
- After he had attracted many followers
- After he had been persecuted for three years
- When he had a worse offer from the University of Padua
- When he decided to pursue his interests in astronomy and mechanics
- Before he was appointed as a mathematics professor at the University of Pisa
Kunci: B
Pembahasan:
Arti kalimat soal adalah ‘Menurut biografi, kapan Galileo Galilei mengundurkan diri dari pekerjaan mengajarnya di Universitas Pisa?’.
Pada paragraf terakhir dituliskan Aher three years of persecution, he resigned and went to the University of Padua where he taught maths yang artinya ‘Setelah tiga tahun persekusi, dia mengundurkan diri dan pergi ke Universitas Padua, tempatnya mengajar Matematika. Berdasarkan informasi tersebut, dapat diketahui bahwa Galileo mengundurkan diri setelah dia dipersekusi selama 3 tahun.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.
Baca juga: Pengertian, Jenis, Struktur, dan Contoh Recount Text
Topik: Recount Text
Subtopik: Types of Recount Text
Read the following dialogue and answer the question!
Galileo Galilei (1564-1642) was an astronomer and a scientist. Galileo developed a superior telescope and made many significant discoveries in astronomy. He was sentenced to life imprisonment by the inquisition for his support for the Copernican theory that the sun was at the center of the solar system.
Galileo was born in Florence, Italy in 1564 to a poor but noble family. His parents recognized their child’s innate intelligence and talents, so they made sacrifices to have him educated. At his father’s insistence, Galileo studied the profitable career of medicine. However, at the University of Pisa, Galileo became fascinated in a wide range of subjects. He was also critical of many Aristotle’s teaching which had dominated education for the past 2,000 years.
Galileo was appointed to be a mathematics professor at the University of Pisa, but his strident criticisms of Aristotle left him isolated among his contemporaries. Aher three years of persecution, he resigned and went to the University of Padua, where he taught maths. His entertaining lectures attracted a large following, and he was able to spend the next 18 years pursuing his interests in astronomy and mechanics.
4. From the fact that Galileo Galilei was imprisoned for supporting the Copernican theory which later was proven to be true, we know that Galileo Galilei was ….
- foolish
- reckless
- arrogant
- stubborn
- tenacious
Kunci: E
Pembahasan:
Makna kalimat pada soal adalah ‘Berdasarkan fakta bahwa Galileo Galilei dipenjara karena mendukung teori Copernican yang kemudian terbukti benar, kita mengetahui bahwa Galielo Galilei adalah orang yang ‘.
Informasi dari kalimat soal memperlihatkan bahwa Galileo Galilei tetap teguh/gigih dengan hal yang menurutnya benar meskipun dia sampai harus dimasukkan ke dalam penjara. Hal ini menunjukkan bahwa dia adalah orang yang teguh (tenacious).
Kata foolish artinya ‘bodoh’, reckless artinya ‘sembrono/gegabah, arrogant artinya ‘arogan/sombong’, dan stubborn artinya ‘keras kepala’.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.
Topik: Recount Text
Subtopik: Types of Recount Text
Read the following dialogue and answer the question!
Galileo Galilei (1564-1642) was an astronomer and a scientist. Galileo developed a superior telescope and made many significant discoveries in astronomy. He was sentenced to life imprisonment by the inquisition for his support for the Copernican theory that the sun was at the center of the solar system.
Galileo was born in Florence, Italy in 1564 to a poor but noble family. His parents recognized their child’s innate intelligence and talents, so they made sacrifices to have him educated. At his father’s insistence, Galileo studied the profitable career of medicine. However, at the University of Pisa, Galileo became fascinated in a wide range of subjects. He was also critical of many Aristotle’s teaching which had dominated education for the past 2,000 years.
Galileo was appointed to be a mathematics professor at the University of Pisa, but his strident criticisms of Aristotle left him isolated among his contemporaries. Aher three years of persecution, he resigned and went to the University of Padua, where he taught maths. His entertaining lectures attracted a large following, and he was able to spend the next 18 years pursuing his interests in astronomy and mechanics.
5. From Galileo Galilei’s biography, we can learn that ….
- We must never go against the beliefs of the society to avoid getting imprisoned.
- When we believe in something, we must stay faithful to it no matter how hard.
- We must always believe to society to escape from getting persecuted.
- We must sacrifice everything in our life to get ourselves educated.
- We should spend a long time to pursue our interests.
Kunci: B
Pembahasan:
Soal menanyakan pelajaran yang terkandung dalam teks.
Dalam biografi tersebut, terutama pada bagian akhir, dapat diketahui bahwa Galileo dipersekusi (dengan cara dikucilkan) selama tiga tahun karena dia sangat kritis terhadap ajaran Aristoteles . Namun, dia tidak menyerah. Setelah dipersekusi, dia mengundurkan diri dari Universitas Pisa dan masuk ke Universitas Padua, tempat dia mengajar Matematika. Cara mengajarnya menarik perhatian banyak orang hingga pada akhirnya dia menghabiskan 18 tahun selanjutnya untuk mengerjakan bidang yang dia sukai, yaitu astronomi dan mekanika.
Dari cerita tersebut, pelajaran yang dapat diambil adalah ketika yakin pada suatu hal, kita harus tetap percaya dengan hal tersebut seberat apapun tantangannya. Hal ini dibuktikan oleh Galileo yang akhirnya dapat mencapai apa yang disukainya setelah dia mengalami tantangan yang berat.
Pilihan A tidak tepat karena tidak dikatakan bahwa Galileo menentang kepercayaan masyarakat tertentu yang membuatnya dipenjara. Pada paragraf pertama dikatakan bahwa dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena mendukung teori Copernicus bahwa matahari berada di pusat tata surya.
Pilihan C tidak tepat karena Galileo dipersekusi bukan karena dia menentang keyakinan masyarakat, tetapi karena dia kritis terhadap ajaran Aristoteles. Hal ini dijelaskan pada awal paragraf terakhir.
Pilihan D tidak tepat karena teks tidak membahas tentang pengorbanan yang harus diberikan Galileo supaya dia bisa mendapatkan pendidikan.
Pilihan E tidak tepat karena waktu yang dihabiskan oleh Galileo selama 18 tahun untuk mengerjakan bidang yang dia sukai merupakan hasil dari keteguhannya selama ini mempertahankan prinsip dan keyakinannya.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.
BIOLOGI
Topik : Plantae
Subtopik : Bryophyta
1. Seorang peneliti menemukan tumbuhan dengan ciri-ciri sebagai berikut.
- Atracheophyta atau tidak memiliki pembuluh angkut
- Habitat di tempat lembab (higrofit)
- Tubuh berupa talus
- Mempunyai akar semu (rhizoid)
- Mengalami metagenesis atau pergiliran keturunan dari fase gametofit (penghasil gamet) ke fase sporofit (penghasil spora)
- Fase dominan berupa fase gametofit
Kelompok Plantae yang sesuai dengan karakteristik tersebut adalah ….
- Spermatophyta
- Angiospermae
- Gymnospermae
- Bryophyta
- Pteridophyta
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Karakteristik pada soal sesuai dengan Bryophyta. Bryophyta (tumbuhan lumut) memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Atracheophyta atau tidak memiliki pembuluh angkut
- Habitat di tempat lembab (higrofit)
- Kebanyakan kelompok lumut termasuk dalam tumbuhan talus (belum dapat dibedakan akar, batang dan daun)
- Mempunyai akar semu (rhizoid)
- Mengalami metagenesis atau pergiliran keturunan dari fase gametofit (penghasil gamet) ke fase sporofit (penghasil spora)
- Memiliki fase dominan berupa fase gametofit
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.
Topik: Plantae
Subtopik: Lumut (Bryophyta)
2. Reproduksi seksual pada Bryophyta akan membentuk gamet-gamet, baik gamet jantan maupun gamet betina yang dibentuk dalam gametofit. Pada daur hidup Bryophyta, bagian yang menghasilkan gamet adalah ….
- tumbuhan lumut dewasa
- protonema
- anteridium dan arkegonium
- zigot
- ovum
Kunci: C
Pembahasan:
Anteridium merupakan alat kelamin jantan menghasilkan sel spermatozoid dan arkegonium merupakan alat kelamin betina menghasilkan sel telur (ovum). Sel spermatozoid akan bergerak menuju sel telur, dan dalam pergerakannya sel spermatozoid memerlukan air untuk mencapai sel telur. Kemudian terjadi fertilisasi di dalam arkegonium dan menghasilkan zigot (diploid/2n).
Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.
Topik: Plantae
Subtopik: Paku (Pteridophyta)
3. Berikut informasi yang tepat terkait daun pada tumbuhan paku tersebut adalah ….
- daun tropofil bersifat fertil, mikrofil, dan untuk fotosintesis
- daun sporofil bersifat steril dan berperan sebagai penghasil spora
- daun tropofil bersifat steril dan berperan untuk fotosintesis
- umumnya satu spesies paku memiliki dua jenis daun, yaitu tropofil dan sporofil
- umumnya satu spesies paku memiliki dua jenis daun, yaitu mikrofil dan makrofil
Kunci: C
Pembahasan:
Daun pada tumbuhan paku dapat dibedakan berdasarkan ukuran maupun fungsinya. Berdasarkan ukurannya, jenis daun tumbuhan paku dapat berupa mikrofil atau makrofil. Daun mikrofil memiliki ukuran yang kecil dan tidak terdiferensiasi, sedangkan daun makrofil/megafil memiliki ukuran yang besar dan terdiferensiasi. Adapun berdasarkan fungsinya, jenis daun tumbuhan paku dapat dibedakan menjadi tropofil dan sporofil. Daun tropofil bersifat steril dan memiliki fungsi utama untuk fotosintesis, sedangkan daun sporofil bersifat fertil dan memiliki sporangium penghasil spora. Umumnya satu spesies paku hanya memiliki satu jenis daun saja. Namun, ada juga spesies tumbuhan paku yang memiliki kedua jenis daun berupa tropofil maupun sporofil secara bersamaan, contohnya Drymoglossum sp. yang memiliki sporofil dengan ukuran lebih panjang daripada tropofil.
Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.
Topik: Plantae
Subtopik: Gymnispermae
4. Kelompok Gymnospermae yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias adalah ….
- Agathis
- Dioon edule
- Podocarpus
- Ginkgo biloba
- Pinus merkusii
Kunci: B
Pembahasan:
Gymnospermae adalah kelompok tumbuhan berbiji terbuka. Kelompok Gymnospermae dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal misalnya dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Contoh Gymnospermae yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias adalah Cycas, Cupressus, dan Dioon edule. Sementara itu, Ginkgo biloba dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan dan bahan kosmetika. Pinus merkusii (pinus), Podocarpus (melur), dan Agathis (damar) dimanfaatkan sebagai sumber papan.
Dengan demikan, pilihan jawaban yang tepat adalah B.
Baca juga: 5 Macam Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup, Sudah Tahu?
Topik: Plantae
Subtopik: Dikotil dan Monokotil
5. Kevin melakukan pengamatan terhadap suatu tanaman. Tanaman tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
- Memiliki kotiledon tunggal
- Memiliki tulang daun sejajar
- Dilindungi koleoriza dan koleoptil
- Berkas vaskuler batang tipe kolateral tertutup
Berdasarkan ciri-ciri di atas, tanaman yang ditemukan Kevin adalah …
- Mimosa pudica
- Ipomea batatas
- Ananas comosus
- Capsicum frutescens
- Lycopersicum esculentum
Kunci: C
Pembahasan:
Tanaman monokotil adalah tanaman yang memiliki satu kotiledon atau tunggal. Ciri-ciri dari tanaman monokotil adalah sebagai berikut.
- Memiliki sistem perakaran serabut
- Dilindungi koleoriza dan koleoptil
- Tidak memiliki kambium
- Berkas vaskuler batang tipe kolateral tertutup
- Memiliki pertulangan daun sejajar atau melengkung
- Bagian perhiasan bunga berjumlah 3 atau kelipatannya
Contoh tanaman monokotil adalah jagung (Zea mays), padi (Oryza sativa), kelapa (Cocos nucifera), nanas (Ananas comosus), dan lain-lain. Berdasarkan penjelasan di atas, maka tanaman yang sesuai dengan ciri-ciri pengamatan Kevin adalah nanas (Ananas comosus).
Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.
Topik: Animalia
Subtopik: Porifera
6. Tubuh porifera tidak tersusun atas jaringan sejati tetapi dibentuk oleh sekumpulan sel-sel yang tersusun longgar. Salah satu lapisan selnya disebut pinakosit. Pinakosit memiliki fungsi antara lain ….
- mengedarkan sari makanan dan oksigen ke sel-sel tubuh lainnya
- membuang partikel sisa-sisa metabolisme
- membuat spikula (serat spons)
- membentuk sel reproduktif
- melindungi tubuh bagian dalam
Kunci: E
Pembahasan:
Pinakosit atau pinakoderm merupakan lapisan tubuh terluar dari porifera. Sel-sel berbentuk pipih, tersusun rapat, dan berfungsi untuk melindungi tubuh bagian dalam. Pinakosit dapat berkontraksi sehingga tubuh dapat membesar atau mengecil. Di antara pinakosit, terdapat pori-poru (ostium) yang membentuk saluran air menuju spongosol.
Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.
FISIKA
Topik : Hukum Gerak Newton
Subtopik : Jenis Gaya
1. Sebuah benda mempunyai berat di permukaan bumi sebesar 200 N, sedangkan saat berada di permukaan planet X beratnya menjadi 250 N. Jika percepatan gravitasi di permukaan bumi 10 , maka percepatan gravitasi di permukaan planet X sebesar ….
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Berat sebuah benda bergantung pada kuat medan gravitasi dimana benda berada, yang sama adalah massa benda
Jadi, jawaban yang benar adalah C.
Topik: Hukum Gerak Newton
Subtopik: Konsep Gaya
2. Sebuah peti ditarik oleh tiga buah gaya seperti pada gambar.
Besar dan arah resultan gaya yang bekerja pada peti adalah ….
- 0 N karena balok tidak bergerak
- 18 N ke kanan
- 18 N ke kiri
- 9 N ke kanan
- 9 N ke kiri
Kunci: E
Pembahasan:
Resultan gaya yang bekerja pada peti dapat dihitung dengan menjumlahkan semua gaya. Asumsikan gaya ke kanan bernilai positif, sedangkan gaya ke kiri bernilai negatif. Tanda negatif menunjukkan bahwa peti bergerak ke kiri.
Jadi, jawaban yang tepat adalah E.
Topik : Hukum Gerak Newton
Subtopik : Konsep Gaya
3. Berikut ini merupakan berbagai jenis gaya.
- Gaya berat
- Gaya gesek
- Gaya magnet
- Gaya pegas
- Gaya normal
Yang merupakan bukan gaya sentuh ada pada nomor ….
- 1, 2, dan 3
- 1, 3, dan 4
- 1, 2, dan 4
- 1 dan 2
- 3, 4, dan 5
Kunci: D
Pembahasan:
Gaya sentuh: gaya gesek, gaya pegas, dan gaya normal. Gaya tak sentuh: gaya berat dan gaya magnet
Jadi, jawaban yang tepat adalah D.
Topik: Hukum Gerak Newton
Subtopik: Penerapan Hukum Newton
4. Sebuah mobil-mobilan bermassa 2 kg ditarik dengan gaya 2 N membentuk sudut terhadap bidang datar yang licin. Jika mobil-mobilan semula diam, jarak yang ditempuh mobil-mobilan dalam waktu 4 sekon adalah ….
Kunci: A
Pembahasan:
Kasus tersebut dapat digambarkan seperti berikut:
Selanjutnya, kita dapat mencari percepatan mobil-mobilan dengan meninjau sumbu-x:
Maka, jarak yang ditempuh mobil-mobilan dalam selang waktu 4 sekon adalah
Jadi, jawaban yang tepat adalah A.
Baca juga: Konsep Hukum Gerak Newton dan Contoh Penerapannya
Topik: Hukum Gravitasi Newton
Subtopik: Gaya Gravitasi Newton
5. Besarnya gaya gravitasi antara dua benda yang berinteraksi adalah ….
- sebanding dengan kuadrat jarak kedua benda
- berbanding terbalik dengan konstanta gravitasi
- berbanding terbalik dengan jarak kedua benda
- sebanding dengan massa masing-masing benda
- berbanding terbalik dengan massa masing-masing benda
Kunci: D
Pembahasan:
Gaya tarik-menarik antara dua benda:
berbanding lurus dengan konstanta gravitasi
berbanding lurus dengan kedua massa
berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda
Jadi, jawaban yang tepat adalah D.
Topik: Hukum Gravitasi Newton
Subtopik: Medan Gravitasi dan Percepatan Gravitasi
6. Perhatikan gambar benda dengan garis-garis medan berikut ini
Urutan benda yang memiliki medan gravitasi dari terkuat ke terlemah adalah ….
- A – B – C
- B – C – A
- A – C – B
- B – A – C
- C – B – A
Kunci: E
Pembahasan:
Sebuah benda yang memiliki garis-garis medan paling rapat, sudah pasti memiliki massa yang besar. Artinya, semakin besar massa sumber, maka garis-garis medan akan semakin rapat. Semakin rapatnya garis-garis medan, maka semakin kuat medan gravitasi yang dihasilkan.
Jadi, jawaban yang tepat adalah E.
KIMIA
Topik : Elektrolit dan Nonelektrolit
Subtopik : Derajat Disosiasi
1. Yora melakukan penelitian tentang elektrolit. Pada larutan elektrolit X, ia mendapatkan data bahwa 10% zat terlarut mengalami disosiasi. Pada larutan Y, ia mendapatkan data bahwa jumlah molekul dan partikel naik 10% ketika dilarutkan. Berdasarkan hal tersebut, jika zat terlarut adalah senyawa yang menghasilkan 1 ion positif dan 2 ion negatif, berikut ini pernyataan yang benar adalah ….
- Sifat elektrolit X dan Y sama kuatnya.
- Sifat elektrolit larutan X lebih kuat dari Y.
- Sifat elektrolit larutan Y lebih kuat dari X.
- Sifat elektrolit kedua larutan tidak bisa dibandingkan.
- Salah satu larutan berubah menjadi nonelektrolit.
Kunci Jawaban : E
Pembahasan :
Senyawa terlarut dalam soal menghasilkan 3 ion, yaitu 1 ion positif dan 2 ion negatif. Reaksi disosiasi larutan X menjadi seperti berikut.
Misalnya, jumlah X mula-mula = 100 molekul. Jumlah X yang bereaksi adalah sebagai berikut.
Pada reaksi (R), jumlah molekul dan partikel akan sebanding dengan koefisiennya.
Jumlah molekul X yang bersisa dan partikel yang dihasilkan adalah 90 + 10 + 20 = 120, bertambah sebanyak 20 partikel (dari jumlah awal, yaitu 100) yang berarti 20% dari kondisi awal. Kondisi tersebut lebih besar dari larutan Y yang hanya naik 10%. Oleh karena itu, sifat elektrolit larutan X lebih kuat dari Y
Jadi, jawaban yang tepat adalah E.
Topik : Elektrolit dan Nonelektrolit
Subtopik : Pendahuluan Elektrolit dan Nonelektrolit
2. Perhatikan tabel berikut!
Berdasarkan tabel di atas, senyawa yang berikatan kovalen nonpolar adalah ….
- P
- Q
- R dan S
- P, R, dan S
- Q, R, dan S
Kunci: B
Pembahasan:
Senyawa yang berikatan kovalen polar pada fase lelehan tidak menghasilkan listrik, tetapi pada fase larutan dapat menghantarkan listrik. Senyawa kovalen polar memiliki titik didih lebih tinggi dari kovalen nonpolar, tetapi lebih rendah dari senyawa ionik.
Senyawa yang berikatan kovalen nonpolar baik pada fasa lelehan maupun larutan tidak dapat menghasilkan arus listrik. Senyawa kovalen nonpolar memiliki titik didih paling rendah.
Senyawa yang memenuhi poin kovalen nonpolar adalah senyawa Q.
Jadi, jawaban yang tepat adalah B.
Topik: Elektrolit dan Nonelektrolit
Subtopik: Pendahuluan Elektrolit dan Nonelektrolit
3. Berikut ini campuran yang bukan larutan adalah ….
- Air dan gula
- Air dan alkohol
- Air dan NaCl
- Air dan NaOH
- Air dan pasir
Kunci: E
Pembahasan:
Gula dan alkohol walaupun termasuk dalam senyawa kovalen non polar tapi ada bagian polarnya yaitu ikatan O-H sehingga akan larut dalam air karena molekul air menarik sisi sisi polar dari molekul gula dan alkohol, NaCl dan NaOH akan larut juga dalam air karena NaCl termasuk senyawa ionik yang mudah larut dalam air dan NaOH termasuk basa kuat. Sedangkan pasir tidak akan larut dalam air karena pada pasir ikatan antar atomnya sangat kuat sehingga tidak akan mudah terputus dengan pelarutan air.
Jadi, jawaban yang tepat adalah E.
Topik : Reaksi Reduksi dan Oksidasi
Subtopik : Konsep Redoks Melibatkan Hidrogen
4. Perhatikan reaksi di bawah ini
Dari reaksi di atas maka spesi manakah yang merupakan oksidator dan alasannya ….
- karena melepaskan hidrogen
- karena mengikat hidrogen
- karena autoredoks
- Tidak ada karena bukan reaksi redoks
- Diperlukan data pendukung
Kunci: D
Pembahasan:
Reaksi diatas bukan merupakan reaksi redoks karena yang dilepaskan dan diikat bukan atom hidrogen melainkan ion hidrogen sehingga tidak terdapat oksidator dalam reaksi ini.
Jadi, jawaban yang tepat adalah D.
Baca juga: Mempelajari Konsep Reaksi Redoks (Reduksi-Oksidasi)
Topik: Tata Nama Senyawa
Subtopik: Pendahuluan Tata Nama Senyawa
5. Ilmuwan J.R Glauber menemukan suatu garam yang dinamakan garam Glauber. Nama trivial dari senyawa garam Glauber adalah ….
- dinatrium sulfat
- natrium sulfit
- natrium sulfat
- natrium sulfida
- dinatrium sulfida
Kunci: C
Pembahasan:
Pada abad ke-17, J.R. Glauber menemukan suatu garam dengan rumus kimia yang disebut garam Glauber yang memiliki nama trivial natrium sulfat.
Topik: Tata Nama Senyawa
Subtopik: Tata Nama Senyawa Kovalen
6. Rumus kimia dari senyawa difosfor tetraklorida adalah ….
Kunci: B
Pembahasan:
Senyawa difosfor tetraklorida merupakan senyawa kovalen biner. Senyawa kovalen biner adalah senyawa yang terbentuk dari dua jenis unsur yang berbeda.
Senyawa difosfor tetraklorida tersusun dari unsur P (fosfor) dan unsur Cl (klor). Nama difosfor artinya unsur P nya ada sebanyak 2(di) dan tetraklorida artinya unsur Cl nya ada sebanyak 4(tetra). Oleh karena itu, rumus kimia dari senyawa difosfor tetraklorida adalah .
Jadi, jawaban yang tepat adalah B.
MATEMATIKA IPA
Topik : Vektor
Subtopik : Aljabar Vektor
1. Diketahui vektor-vektor sudut antara vektor adalah ….
Kunci Jawaban : E
Pembahasan :
Untuk mengetahui besar sudutnya gunakan rumus
Jadi,
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.
Topik: Fungsi Komposisi dan Invers
Subtopik: Fungsi Komposisi
2. Diketahui dan . Jika maka nilai x yang memenuhi adalah ….
- -2
- -1
- 0
- 1
- 2
Kunci: B
Pembahasan:
Perhatikan perhitungan berikut!
Perhatikan bahwa Oleh karena itu, didapat perhitungan berikut.
Dengan demikian, nilai yang memenuhi adalah -1.
Jadi, jawaban yang tepat adalah B.
Topik: Fungsi Komposisi dan Invers
Subtopik: Fungsi Komposisi
3. Diketahui fungsi dan Hasil dari fungsi komposisi adalah ….
Kunci: D
Pembahasan:
Didapat bentuk fungsi komposisi sebagai berikut.
Dengan demikian, hasil dari fungsi komposisi adalah
Jadi, jawaban yang tepat adalah D.
Topik: Fungsi Komposisi dan Invers
Subtopik: Fungsi Komposisi
4. Diketahui . Jika maka = …
Kunci: C
Pembahasan:
Perhatikan perhitungan berikut ini!
Oleh karena itu, diperoleh perhitungan berikut.
Jadi, jawaban yang tepat adalah C.
Topik: Fungsi
Subtopik: Relasi dan Fungsi
5. Diberikan himpunan dan fungsi dengan . Grafik di bawah ini yang menggambarkan fungsi f adalah ….
Kunci: E
Pembahasan:
Pertama, akan dicari nilai fungsi untuk setiap x anggota himpunan A.
Diperoleh
Oleh karena itu, grafik yang tepat untuk menggambarkan pasangan terurut di atas adalah grafik berikut ini.
Jadi, jawaban yang tepat adalah E.
Ada kesulitan saat mengerjakan soal-soal di atas? Yuk, cobain live teaching bareng STAR Master Teacher Brain Academy! Bisa tanya jawab secara interaktif via aplikasi atau PC. Gurunya lulusan PTN ternama lho, dijamin bikin kamu lebih siap hadapi PTS.