Contoh Soal Tes Skolastik Literasi Bahasa Inggris UTBK 2024

tes-skolastik-literasi-bahasa-inggris

Salah satu subtes yang muncul pada UTBK SNBT adalah Literasi Bahasa Inggris. Simak latihan soal dan pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Halo, teman-teman! Gimana dengan persiapan kamu menghadapi UTBK yang sudah di depan apa? Just a reminder, kalau terdapat 4 jenis tes skolastik yang diujikan, salah satunya Literasi Bahasa Inggris. Hmm, kira-kira seperti apa ya contoh soal dan cara mengerjakannya?

 

Apa itu Literasi Bahasa Inggris?

Literasi Bahasa Inggris adalah soal yang menguji kemampuan calon mahasiswa untuk benar-benar memahami esensi dari suatu bacaan serta dapat menganalisis argumen yang ada di dalamnya. Jenis soal ini hampir mirip dengan UTBK Bahasa Inggris, dimana terdapat pertanyaan mengenai ide pokok, permasalahan, atau kesimpulan dari teks yang disajikan.

Tetapi, jangan pusing dulu, ada beberapa tips untuk menjawab soal Literasi Bahasa Inggris:

  1. Baca soal terlebih dahulu agar menghemat waktu pengerjaan.
  2. Garisbawahi kata kunci yang dianggap penting dalam teks.
  3. Gunakan teknik membaca skimming, yaitu cara cepat untuk menemukan ide pokok atau simpulan dari sebuah teks.

 

Latihan Soal Literasi Bahasa Inggris

Ingat ya, untuk bisa menjawab literasi bahasa Inggris dengan benar, kamu harus berlatih dengan variasi soal yang berbeda. Nah, apa saja sih kisi-kisi atau materi yang kemungkinan keluar di sub-tes ini? Yuk, simak pembahasan dan kunci jawabannya!

Baca juga: Ketentuan SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

1. Contoh Soal Isian Literasi Bahasa Inggris

Topik : Reading Comprehension for UTBK

Subtopik : Konsep Kilat Specific Information

Level Kognitif : LOTS

The question is based on the following passage.

Operation Cottage was a tactical maneuver which completed the Aleutian Islands campaign. On August 15, 1943, Allied military forces landed on Kiska Island, which had been occupied by Japanese forces since June, 1942. The Japanese, however, had secretly abandoned the island two weeks prior, and so the Allied landings were unopposed. Despite this, Allied forces suffered well over 200 casualties during the operation, mostly due to Japanese mines and the difficult terrain.

The Japanese under Captain Takeji Ono had landed on Kiska at approximately 01:00 on June 7, 1942, with a force of about 500 Japanese marines. Soon after arrival, they stormed an American weather station. Here they killed two and captured eight United States Navy officers. The remaining eight were sent to Japan as prisoners of war. Another 2,000 Japanese troops arrived, landing in Kiska Harbor. At this time, Monzo Akiyama, a Rear-Admiral, headed the force on Kiska. In December 1942, additional anti-aircraft units, engineers, and a negligible number of reinforcement infantry arrived on the island. In the spring of 1943, control was transferred to Kiichiro Higuchi.

A Consolidated B-24 Liberator aircraft sighted Japanese ships in Kiska. No further identification was visible. To United States naval planners, none was necessary and the orders to invade Kiska soon followed.

Due to the heavy casualties suffered at Attu Island, planners were expecting another costly operation. The Japanese tactical planners had, however, realized the isolated island was no longer defensible and planned for an evacuation. Although small, there were signs of Japanese retreat. Anti-aircraft guns, once active during the Kiska Blitz, were silent when Allied planes flew over in the days leading up to the invasion.

On August 15, 1943, the 7th Division (U.S.) and the 13th Infantry Brigade (Canada), landed on opposite shores of Kiska. Both US and Canadian forces mistook each other as Japanese and as a result friendly fire incidents killed 28 Americans and 4 Canadians and wounded 50 more. A stray Japanese mine caused the USS Abner Read (DD-526) to lose a large chunk of its stern. The blast killed 71. 191 troops went missing during the two-day stay on the island and presumably also died from friendly fire. Four other troops had also been killed by landmines or other traps.

Military Wiki. (n.d.). Operation Cottage. Taken on October 21, 2022 from https://military-history.fandom.com/wiki/Operation_Cottage. In which paragraph does the author discuss the initial decision to attack Japanese-occupied Kiska Island?

Catatan: Hanya diisi dengan angka (contoh: 5)

 

Kunci Jawaban : 3

Pembahasan :

Soal menanyakan paragraf yang membahas keputusan awal untuk menyerang pulau Kiska yang diduduki Jepang.

Pada paragraf ketiga, penulis menyampaikan tentang sebuah pengamatan yang dilakukan oleh pesawat Amerika di Pulau Kiska. Kapal-kapal Jepang terlihat dalam pengamatan tersebut. Perencana di angkatan laut Amerika Serikat menyatakan bahwa informasi tersebut cukup dan perintah untuk menyerang Kiska segera dikeluarkan.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah 3.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

2. The question is based on the following passage.

Topik : Reading Comprehension for UTBK

Subtopik : Konsep Kilat Specific Information

Level Kognitif : MOTS

Seventeen-year-old Robin West is an anomaly among her peers, she doesn’t have a smartphone. Instead of scrolling through apps like TikTok and Instagram all day, she uses a so-called “dumbphone”. These are basic phones, or feature phones, with very limited functionality compared to say an iPhone. You can typically only make and receive calls and SMS text messages. And, if you are lucky, you can listen to radio and take very basic photos, but definitely not connect to the internet or apps. These devices are similar to some of the first phones that people bought back in the late 1990s.

Ms West’s decision to ditch her former smartphone two years ago was a spur of the moment thing. While looking for a replacement phones in a second-hand shop, she was lured by the low price of a “brick phone”. Her current phones, from French firm MobiWire, cost her just £8. And because it has no smartphone functionality, she doesn’t have an expensive monthly data bill to worry about. She didn’t notice until she bought a brick phone how much a smartphone was taking over her life. She had a lot of social media apps on it, and she didn’t get as much work done as she was always on the phone.

Dumbphones are continuing to enjoy a revival. Google searches for them jumped by 89% between 2018 and 2021, according to a report by software firm SEMrush. Fashion, nostalgia, and them appearing in TikTok videos, have a part to play in the dumbphone revival. While it’s true that dumbphones can’t compete with the latest premium Apple and Samsung models when it comes to performance or functionality, they can outshine them in equally important areas such as battery life and durability.

Five years ago, Przemek Olejniczak, a psychologist, swapped his smartphone for a Nokia 3310, initially because of the longer-lasting battery. However, he soon realised that there were other benefits. Przemek Olejniczak admits that he now has to plan ahead more when he goes traveling. Before he would always be stuck to the phone, checking anything and everything, browsing Facebook or the news, or other facts he didn’t need to know. Now he has more time for his family and himself. A huge benefit is that he isn’t addicted to liking, sharing, commenting, or describing his life to other people. Now he has more privacy.

Bearne, S. (2022). Not smart but clever? The return of ‘dumbphones’. Taken on September 23, 2022 from: https://www.bbc.com/news/business-60763168.

 

According to Ms West and Olejniczak, these are the benefits of having dumbphones, EXCEPT …

A. You can avoid media addiction.
B. You can have a phone with longer battery live.
C. You can share your daily lifes with anyone easily.
D. You can have less time searching for unnecessary information.
E. You can have more quality time with yourself and your family.

 

Kunci Jawaban : C

Pembahasan :

Soal menanyakan yang bukan merupakan dampak positif memiliki dumbphones menurut Ms West and Olejniczak. Informasi mengenai hal tersebut dapat ditemukan di paragraf 2 dan 4.

Pada awal paragraf 4 dijelaskan bahwa Olejniczak menukar ponsel pintarnya dengan Nokia 3310, awalnya karena baterainya yang lebih tahan lama. Namun, dia kemudian menyadari bahwa ada manfaat lain yang ia dapatkan. Salah satunya adalah sekarang dia memiliki lebih banyak privasi. Hal ini disebutkan di kalimat terakhir. Dengan demikian, hal yang bukan merupakan keuntungan dari memiliki dumbphones adalah pilihan C (Kamu dapat berbagi kehidupan sehari-hari dengan siapa pun dengan mudah.) karena ini justru bertentangan dengan poin ‘memiliki lebih banyak privasi’.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal-4

Kupas Soal UTBK-SNBT, yuk! Kali ini Kupas Soal akan bahas soal khusus spesial pengetahuan kuantitatif agar kamu makin mantap menghadapi UTBK nanti. Langsung ikutan tiap Senin & Rabu jam 19.00-20.00 WIB dengan klik banner di bawah ini!

Kupas Soal UTBK November

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

3. The questions number 1–3 are based on the following passage.

In the US, consumers spend around $700 million a year keeping their fabrics soft. In the UK people spend £200 million a year on fabric softener. A giant manufacturer even claims a massive 50 percent share of the market. Despite the popularity, fabric softeners can be harmful to both the people who use them and the marine life that ends up swimming in them.

Fabric softening surfactants can be derived from animals, plants or minerals, as in the case of newer, silicone-based formulations. There is little difference between the chemicals used in fabric softeners and those used in hair conditioners. Whatever they are based on, all fabric softeners work in pretty much the same way, by depositing these surfactants onto the fabric to make it feel softer, reduce static cling, and impart a fresh fragrance.

Special fixatives in the mix of both standard and luxury conditioners mean that the fragrance can last for days, permeating wardrobes and drawers. The regular off-gassing of perfume chemicals from fabric softeners can be a significant trigger for asthma and other breathing problems. In the US, chemically sensitive individuals complain that, even after several washes, they cannot get the smell of fabric softeners out of their washing machines and dryers.

If you are a fabric softener addict, there are now a number of companies that provide alternative and ‘green’ fabric softeners. However, essentially, these are unnecessary products that can trigger health problems and can interfere with the functional aspect of some textiles. For instance, when used on towels and nappies, some fabric softeners can reduce absorbency, which is why it’s generally recommended that reusable nappies aren’t washed with them. Once they are washed down the drain they can become highly toxic to aquatic life. Given this, maybe it’s worth asking yourself whether the time has come to break the fabric softener habit completely.

Thomas, P. (2009). Behind the Label: Comfort Fabric Softener. Taken on 20 September 2021 from https://theecologist.org/2009/feb/12/behind-label-comfort-fabric-softener.

What does the passage mainly talk about?

  1. The downside of fabric softener usage
  2. The popularity of fabric softener in the US
  3. Harmful compounds found in fabric softener
  4. Controlling the habit of using fabric softener
  5. Environmental issues caused by fabric softener

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Soal menanyakan gagasan utama dari teks. Untuk menentukan gagasan utama keseluruhan teks, gagasan utama dari setiap paragraf perlu dipahami terlebih dulu.

Paragraf 1 menyampaikan bahwa meskipun banyak digunakan, pelembut kain bisa berbahaya bagi orang yang menggunakannya dan kehidupan laut.

Paragraf 2 membahas mengenai senyawa kimia (surfaktan) yang terkandung dalam pelembut kain dan caranya bekerja.

Paragraf 3 membahas wewangian pada pelembut kain yang dapat menjadi pemicu yang signifikan masalah pernapasan.

Paragraf 4 membahas tentang penggunaan pelembut kain yang dianggap tidak perlu karena membahayakan kesehatan manusia dan kehidupan laut.

Secara keseluruhan, dapat dipahami bahwa gagasan utama teks tersebut adalah sisi negatif dari penggunaan pelembut kain seperti gangguan pernafasan dan potensi kerusakan di kehidupan laut. Dengan demikian, pilihan A tepat.

Pilihan B (popularitas pelembut kain di AS) tidak tepat. Popularitas penggunaan pelembut kain hanya dibahas sedikit pada paragraf pertama. Jadi, hal ini bukan fokus utama teks.

Pilihan C (senyawa berbahaya yang ditemukan dalam pelembut kain) tidak tepat. Zat kimia memang dibahas dalam teks, tetapi yang menjadi fokus teks adalah akibat dari penggunaanya yang dapat membahayakan kesehatan dan kehidupan laut.

Pilihan D (mengatur kebiasaan menggunakan pelembut kain) tidak tepat karena teks secara umum menyampaikan informasi mengenai kandungan dan dampak penggunaan pelembut pakaian, bukan membahas kebiasaan dalam penggunaannya.

Pilihan E (masalah lingkungan yang disebabkan oleh pelembut kain) tidak tepat karena teks hanya menyebutkan sedikit informasi mengenai pelembut kain yang dapat meracuni kehidupan laut pada paragraf akhir, tetapi tidak membahasnya lebih jauh. Dengan demikian, gagasan utama teks ini tidak membahas masalah-masalah lingkungan yang disebabkan oleh pelembut kain.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

4. The word permeating in the third paragraph is similar in meaning with ….

  1. filling
  2. soaking
  3. charging
  4. attaining
  5. absorbing

Jawaban: A

Pembahasan:

Soal tersebut menanyakan kata yang maknanya sama dengan kata permeating.

Kata permeating terdapat pada paragraf ketiga kalimat pertama, yang artinya ‘Fiksatif khusus dalam campuran kondisioner standar dan mewah yang berarti bahwa wewangian dapat bertahan selama berhari-hari, permeating lemari dan laci’. Jika wangi dalam bertahan lama, maka dapat dipahami jika wangi tersebut sudah mengisi atau meresap ke dalam lemari dan laci. Kata permeating memiliki arti ‘meresap’ sehingga kata dengan makna yang serupa adalah filling (mengisi). Dengan demikian, pilihan A tepat.

Sementara itu, kata soaking memiliki arti ‘merendam’; charging memiliki arti ‘mengisi’; attaining memiliki arti ‘mencapai’; absorbing memiliki arti ‘menyerap’ sehingga pilihan lainnya tidak tepat.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

5. Based on the passage, it can be hypothesized that …

  1. ‘Green’ softeners are developed in response to the needs of fabric softener addicts.
  2. Manufactures will shift to producing ‘green’ fabric softener products.
  3. A small amount of fabric softener chemicals in the water will not harm aquatic life.
  4. The absorbency in some textiles will be reduced if they are washed with fabric softeners.
  5. People with breathing problems will feel safer using fabric softener if it contains fewer perfume chemicals.

Jawaban: E

Pembahasan:

Soal tersebut menanyakan hipotesis atau kesimpulan sementara yang bisa dibuat berdasarkan teks tersebut. Kesimpulan tersebut masih perlu dibuktikan kebenarannya melalui penelitian.

Pilihan A (Pelembut ‘ramah lingkungan’ dikembangkan sebagai respons terhadap kebutuhan pecandu pelembut kain.) tidak tepat karena pada paragraf 3 hanya dijelaskan bahwa pelembut kain yang lebih ramah lingkungan hanya merupakan salah satu alternatif saja, tidak disebutkan adanya permintaan dari pengguna. Berdasarkan informasi tersebut, pernyataan ini tidak dapat dijadikan hipotesis.

Pilihan B (Pabrikan akan beralih memproduksi produk pelembut kain ‘ramah lingkungan’.) tidak tepat karena pada paragraf 3 kalimat 2 dijelaskan bahwa produk pelembut kain yang lebih ramah lingkungan pun masih dapat membahayakan pernafasan dan merusak kualitas tekstil. Dengan demikian, tidak dapat dibuat hipotesis bahwa pabrikan akan beralih ke jenis produk tersebut.

Pilihan C (Sejumlah kecil bahan kimia pelembut kain di dalam air tidak akan membahayakan kehidupan air.) tidak tepat karena pada paragraf 3 kalimat 4 hanya dijelaskan bahwa air bekas cucian yang menggunakan pelembut kain berpotensi merusak kehidupan air. Tidak ada informasi mengenai hal tersebut berkaitan dengan jumlah bahan kimia yang terdapat pada pelembut. 

Pilihan D (Daya serap pada beberapa tekstil akan berkurang jika dicuci dengan pelembut kain.) tidak tepat karena pernyataan ini merupakan fakta, bukan hipotesis. Pada paragraf terakhir disampaikan bahwa beberapa pelembut kain dapat mengurangi daya serap ketika digunakan pada handuk dan popok. Dengan demikian, tidak perlu dibuktikan lebih lanjut.

Pilihan E (Orang dengan masalah pernapasan akan merasa lebih aman menggunakan pelembut kain jika mengandung lebih sedikit bahan kimia parfum.) tepat. Pada paragraf 3 dijelaskan bahwa bahan kimia parfum dari pelembut kain dapat menjadi pemicu asma dan masalah pernafasan lainnya. Dari pernyataan ini dapat dibuat hipotesis (kesimpulan sementara), yaitu jika pelembut kain mengandung lebih sedikit bahan kimia parfum, maka akan memperkecil kemungkinan timbulnya masalah pernafasan sehingga membuat mereka yang memiliki masalah pernafasan akan merasa lebih aman menggunakannya.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

6. The questions number 4–7 are based on the following passage.

The United Nations predicts Earth will have to feed another 2.3 billion people by 2050, mostly concentrated in urban centers far from farmland. Conventional agriculture may not be able to meet that demand, but luckily NASA has been working for decades to tackle food production both on Earth and in space. Feeding astronauts during long-term space exploration means stretching resources to grow plants in space—including minimizing water use and energy consumption and eliminating soil.

NASA initially pioneered these techniques on the ground by building the country’s first vertical farm. Inside a decommissioned hypobaric chamber left over from testing the Mercury space capsule, technologists stacked rows of hydroponic trays like bookshelves against the walls. Then systems for lighting, ventilation, and circulating water were added using off-the-shelf parts. Various crops were planted on the stacked trays to test how well they would grow in water and without the benefit of sunlight or open air. This innovative approach to farming created a foundation for the industry of controlled environment agriculture, or CEA.

CEA combines plant science and environmental control to optimize plant growth and maximize efficiency, frequently incorporating vertical growth structures. Technology enables the filtering of contaminants from crop water and delivers precise nutrient balances. Artificial lighting provides only the necessary wavelengths at the right time, intensity, and duration, while environmental controls maintain ideal temperature and humidity. This approach could help feed burgeoning future generations, said Nate Storey, chief science officer at Plenty Unlimited, one of several companies building on NASA’s plant-growth research.

Pierce, M. (2021). NASA Research Launches a New Generation of Indoor Farming. Taken on November 30, 2021 from https://www.nasa.gov /directorates/spacetech/spinoff/NASA_Research_Launches_a_New_Generation_ of_Indoor_Farming.

6. It is stated in the passage that …

  1. The world will run out of food by 2050 according to the United Nations.
  2. NASA has maximized a farming method requiring a little water.
  3. NASA is taking over conventional agriculture to address future food demands.
  4. To improve plant development, plant science must be integrated with vertical growth structures.
  5. NASA’s innovative approach pioneered the establishment of a controlled environment agriculture industry.

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Soal tersebut menanyakan pernyataan yang sesuai dengan teks.

Pilihan A (Dunia akan kehabisan makanan pada tahun 2050 menurut PBB.) tidak tepat. Pada paragraf pertama kalimat pertama disampaikan bahwa menurut PBB, pada tahun 2050 bumi membutuhkan makanan untuk tambahan 2.3 miliar penduduknya. Hal tersebut bukan berarti kita akan kehabisan makanan pada tahun 2050.

Pilihan B (NASA telah memaksimalkan metode bercocok tanam yang membutuhkan sedikit air.) tepat. Pada paragraf pertama kalimat ketiga disebutkan bahwa dalam memberi makan astronot selama eksplorasi ruang angkasa jangka panjang, NASA memaksimalkan sumber daya untuk menumbuhkan tanaman di luar angkasa—termasuk meminimalkan penggunaan air dan konsumsi energi serta menghilangkan tanah.

Pilihan C (NASA mengambil alih pertanian konvensional untuk memenuhi permintaan pangan di masa depan.) tidak tepat. Tidak ada informasi pada teks yang menunjukkan bahwa NASA mengambil alih pertanian konvensional. Informasi pada paragraf pertama hanya menyebutkan bahwa NASA selama ini telah melakukan kegiatan pertanian atau agrikultur di luar pertanian konvensional.

Pilihan D (Untuk meningkatkan perkembangan tanaman, ilmu tanaman harus diintegrasikan dengan struktur pertumbuhan vertikal.) tidak tepat. Pada kalimat pertama paragraf terakhir disampaikan bahwa ilmu tanaman sering kali digabungkan dengan struktur pertumbuhan vertikal. Hal tersebut tidak menunjukkan bahwa keduanya harus selalu digabungkan.

Pilihan E (Pendekatan inovatif NASA memelopori pembentukan industri pertanian lingkungan yang terkendali.) tidak tepat. Kaitan antara langkah inovatif NASA dengan the industry of controlled environment agriculture (CEA) dibahas di paragraf kedua kalimat terakhir. Pada paragraf tersebut, disebutkan bahwa langkah inovatif NASA hanya menciptakan landasan bagi CEA sehingga tidak tepat jika dikatakan bahwa langkah tersebut merupakan cikal bakal didirikannya CEA.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

7. Regarding the role of NASA in producing food, we know that …

  1. The more farming techniques NASA uses, the less energy it requires.
  2. The greater the space exploration is carried out, the more number of astronauts that must be fed.
  3. The more people requiring food, the more maximum NASA’s agricultural technology will be.
  4. The longer the space expedition is, the more NASA optimizes its farming resources.
  5. The more maximum NASA farming technology becomes, the less traditional farming will be required.

Jawaban: D

Pembahasan:

Informasi mengenai peranan NASA dalam memproduksi makanan terdapat paragraf pertama. Pada kalimat kedua disampaikan bahwa NASA selama ini telah melakukan kegiatan pertanian untuk memenuhi pasokan makanan baik di bumi dan luar angkasa. Pada kalimat ketiga disampaikan bahwa eksplorasi ruang angkasa yang panjang telah mendorong NASA untuk memaksimalkan sistem pertanian mereka demi menyediakan makanan bagi para astronot. Dengan demikian, pernyataan yang tepat adalah The longer the space expedition is, the more NASA optimizes its farming resources. (Semakin lama ekspedisi luar angkasa yang dilakukan, semakin NASA memaksimalkan sumber daya pertanian mereka).

Pilihan A tidak tepat. Pada kalimat terakhir paragraf pertama disampaikan bahwa konsumsi energi yang minim merupakan bagian dari teknik pertanian NASA, bukan dampak dari semakin banyaknya teknik yang digunakan.

Pilihan B tidak tepat karena pada teks tidak terdapat informasi mengenai eksplorasi besar ruang angkasa. Informasi yang disampaikan adalah eksplorasi ruang angkasa jangka panjang (kalimat terakhir paragraf pertama). Selain itu, tidak disebutkan juga jumlah astronot yang diperlukan.

Pilihan C tidak tepat. Pada kalimat akhir paragraf pertama disampaikan bahwa pemaksimalan teknologi pertanian NASA tidak disebabkan karena kebutuhan pangan yang meningkat. Perjalanan ruang angkasa yang panjanglah yang menyebabkannya.

Pilihan E tidak tepat. Pada kalimat kedua paragraf pertama hanya menyampaikan bahwa kebutuhan pangan kemungkinan tidak dapat dipenuhi oleh pertanian konvensional, dan beruntung NASA selama ini telah memaksimalkan sistem pertanian mereka. Informasi tersebut tidak menunjukkan bahwa kita tidak butuh pertanian konvensional setelah adanya sistem pertanian milik NASA.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

8. From the first paragraph, it can be predicted that …

  1. NASA will be more concerned with food production in space than with food production on Earth.
  2. The United Nations estimates that Earth will have to feed billions of people for a decade.
  3. The most crucial aspect of long-term space exploration will be astronaut nutrition.
  4. Conventional agriculture will succeed in feeding astronauts if it is combined with NASA’s techniques.
  5. In the future, there will not be enough land for conventional agriculture.

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Soal tersebut menanyakan prediksi yang tepat berdasarkan informasi pada paragraf pertama.

Pilihan A (NASA akan lebih memfokuskan produksi makanan di luar angkasa daripada produksi makanan di Bumi) tidak tepat. Kalimat kedua paragraf pertama menyampaikan bahwa NASA telah bekerja selama beberapa dekade untuk menangani produksi makanan baik di Bumi maupun di luar angkasa.

Pilihan B (PBB memperkirakan bahwa Bumi harus menyediakan pangan untuk miliaran orang selama satu dekade) tidak tepat. Paragraf pertama hanya menyebutkan bahwa Bumi harus menyediakan pangan untuk miliaran orang pada tahun 2050. Tidak ada pernyataan yang mendasari prediksi bahwa pemberian pangan tersebut akan berlangsung selama satu dekade.

Pilihan C (Nutrisi astronot akan menjadi aspek terpenting dari eksplorasi ruang angkasa jangka panjang) tidak tepat. Kalimat terakhir paragraf pertama memang menunjukkan bahwa pemaksimalan sistem pertanian NASA dilakukan dalam rangka memberi makan astronot dalam eksplorasi jangka panjang luar angkasa, tetapi tidak dapat diprediksi bahwa pangan astronot akan menjadi hal terpenting dalam eksplorasi tersebut.

Pilihan D (Pertanian konvensional akan berhasil menyediakan pangan untuk astronot jika dikombinasikan dengan teknik NASA) tidak tepat. Pada paragraf pertama tidak terdapat informasi bahwa pertanian konvensional ditujukan untuk menyediakan pangan astronot, dan tidak disebutkan juga tentang penggabungan metode pertanian konvensional dengan metode pertanian NASA.

Pilihan E (Di masa depan, tidak akan ada cukup lahan untuk pertanian konvensional.) tepat. Pada kalimat kedua paragraf pertama disampaikan tentang kemungkinan pertanian konvensional yang tidak dapat memenuhi kebutuhan pangan pada tahun 2050, dan beruntung NASA telah mengembangkan metode lain, di antaranya adalah tidak memerlukan tanah. Dengan demikian, dapat diprediksi bahwa keterbatasan lahan akan membuat pertanian konvensional tidak dapat memenuhi kebutuhan pangan pada tahun 2050.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

9. How is the second paragraph related to the first paragraph?

  1. Paragraph 2 exemplifies kinds of agricultural progress discussed in paragraph 1.
  2. The vertical farm described in paragraph 1 is explained in detail in paragraph 2.
  3. The second paragraph expands on the first paragraph’s discussion of NASA’s agricultural method.
  4. The second paragraph explains further the issues raised in the first paragraph regarding food demands in 2050.
  5. The success of the NASA farming practices mentioned in the first paragraph is reiterated in the second paragraph.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Soal tersebut menanyakan hubungan antara paragraf 2 dan paragraf 1.

Paragraf 1 menyampaikan tentang kebutuhan pangan dunia tahun 2050 yang kemungkinan tidak dapat dipenuhi oleh sistem pertanian biasa. Beruntung NASA telah mengembangkan metode pertanian lain yang tidak sanggup dipenuhi oleh pertanian konvensional seperti meminimalisir penggunaan air.

Paragraf 2 menjelaskan lebih jauh mengenai metode pertanian tersebut, yang dinamakan vertical farm.

Dengan demikian, kaitan antara paragraf 1 dan paragraf 2 adalah paragraf kedua memperluas pembahasan paragraf pertama tentang metode pertanian NASA sehingga pilihan C tepat.

Pilihan A tidak tepat. Paragraf 2 tidak memberikan contoh kemajuan pertanian NASA.

Pilihan B tidak tepat. Paragraf 1 tidak membahas tentang vertical farm.

Pilihan D tidak tepat. Paragraf 2 tidak membahas lebih jauh tentang masalah-masalah kebutuhan pangan di tahun 2050.

Pilihan E tidak tepat. Paragraf 2 tidak hanya membahas kembali, melainkan menjabarkan metode pertanian NASA.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

10. The questions number 8–10 are based on the following passage.

Feline chlamydial conjunctivitis is an infection caused by a bacterial organism (called Chlamydophila felis). The most common signs of chlamydia in cats involve the eyes or the upper respiratory tract (nose or throat), and only when infection is not treated does it spread to the lungs. Because chlamydia lives inside cells of the body and is not able to survive for long in the environment, spread of infection relies on direct or close contact with an infected cat. Following infection, the incubation period (the time between infection and development of clinical signs of disease) is between three and ten days.

The bacteria primarily infects the conjunctiva, which are the delicate membranes lining the eyelids and covering the edges of the eyeballs. The infection causes inflammation known as conjunctivitis. In normal cats, the conjunctiva is not readily visible and has a pale, salmon pink color. In cats with conjunctivitis, the conjunctiva becomes swollen and red, making it more visible. The nictitating membrane or third eyelid in the inner corner of the eye may protrude partially across the eye. One or both eyes may be involved.

Affected cats initially develop a watery discharge from the eyes that quickly becomes thicker and is usually a yellow or greenish color. The eyes are uncomfortable and cats often keep the affected eye(s) closed. Many cats remain bright and otherwise appear normal, but some may develop a fever or lose their appetite. After one or two days, sniffles and sneezing may also occur. In kittens, the infection may spread to the lungs and cause fatal pneumonia.

Hunter, T. (n.d). Chlamydial Conjunctivitis in Cats. Taken on September 21, 2021 from https://vcahospitals.com/know-your-pet/chlamydial-conjunctivitis-in-cats.

What does the text mainly deal with?

  1. The process of chlamydia affliction in cats
  2. An overview of feline chlamydial conjunctivitis 
  3. Clinical signs of feline chlamydial conjunctivitis
  4. The symptoms of feline chlamydial conjunctivitis
  5. Treatments for cats with chlamydia conjunctivitis 

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Soal menanyakan topik utama yang dibicarakan dalam teks bacaan. Topik utama suatu teks dapat disimpulkan dari informasi yang disampaikan pada paragraf-paragrafnya.

Paragraf pertama menyampaikan definisi dari feline chlamydial conjunctivitis, organ tubuh sasarannya, penularannya, dan masa inkubasinya.

Paragraf kedua menyampaikan proses infeksi bakterinya dan akibat-akibat yang ditimbulkannya.

Paragraf ketiga menyampaikan gejala-gejala yang terlihat pada kucing yang terkena penyakit tersebut.

Topik utama teks adalah topik yang mencakup semua informasi tersebut dan, dari lima pilihan jawaban yang tersedia, pilihan yang dapat mencakup semua poin informasi di atas adalah adalah an overview of feline chlamydial conjunctivitis sehingga pilihan B tepat.

Pilihan A tidak tepat karena topik pada pilihan ini hanya mencakup informasi pada paragraf ketiga saja.

Pilihan C dan D tidak tepat karena topik-topik pada kedua pilihan ini hanya mencakup informasi pada paragraf kedua dan sedikit informasi pada paragraf ketiga saja.

Pilihan E tidak tepat karena topik pada pilihan ini sama sekali tidak dibicarakan dalam teks.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

11. In the second paragraph, the word inflammation most nearly means ….

  1. rash
  2. bruise
  3. scrape
  4. swelling
  5. soreness

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Soal menanyakan kata yang memiliki makna paling dekat dengan kata inflammation.

Kata inflammation terdapat pada kalimat 2 paragraf 2, yaitu The infection causes inflammation known as conjunctivitis yang memiliki arti ‘Infeksi menyebabkan inflammation disebut juga konjungtivitis’. Untuk mengetahui infeksi yang dimaksud, perhatikan kalimat sebelumnya. Pada kalimat tersebut, dijelaskan bahwa infeksi yang disebutkan adalah infeksi konjungtiva oleh bakteri. Kalimat 3 menjelaskan konjungtivitis (infeksi konjungtiva) yang membuat konjungtiva berwarna merah dan menebal. Dengan kata lain, infeksi ini menyebabkan pembengkakan sehingga kata inflammation berarti ‘pembengkakan’. Kata yang memiliki makna yang paling mendekati adalah kata swelling (pembengkakan).

Kata rash berarti ‘ruam’, bruise berarti ‘luka memar’, scrape berarti ‘goresan luka’, dan soreness berarti ‘rasa sakit’.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

12. One of the symptoms of feline chlamydial conjunctivitis is ….

  1. eating disorder
  2. laboured breathing 
  3. low body temperature 
  4. abnormal eye discharge 
  5. dysfunctional eye membrane 

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Soal menanyakan salah satu gejala penyakit feline chlamydial conjunctivitis.

Informasi tersebut dapat ditemukan di paragraf kedua dan terakhir. Kedua paragraf tersebut menjelaskan bahwa kucing yang terkena penyakit ini menunjukan tanda-tanda seperti selaput mata memerah dan bengkak, membran niktitan menonjol, banyak kotoran mata berwarna kuning atau kehijauan yang cepat mengental, demam, kehilangan nafsu makan, bersin, dan pilek.

Di antara lima pilihan yang tersedia, abnormal eye discharge (kotoran mata yang tidak normal) adalah pilihan yang sesuai dengan informasi tersebut. Jadi, pilihan D tepat.

Pilihan A (gangguan makan) tidak tepat. Kehilangan nafsu makan tidak sama dengan gangguan makan. Gangguan makan adalah kumpulan berbagai penyakit yang berkaitan dengan perilaku makan yang tidak normal seperti makan berlebih atau memakan sesuatu yang bukan makanan.

Pilihan B (sesak nafas) tidak tepat. Tidak ada informasi pada teks yang menyebutkan gejala ini.

Pilihan C (suhu tubuh yang rendah) tidak tepat. Paragraf terakhir menyebutkan bahwa salah satu gejalanya adalah demam yang berarti peningkatan suhu tubuh.

Pilihan E (disfungsi selaput mata) tidak tepat. Paragraf kedua menjelaskan bahwa konjungtiva (selaput membran) kucing terinfeksi berwarna merah dan bengkak serta membran niktitan (kelopak mata ketiga di sudut dalam mata) dapat menonjol. Namun, tidak ada keterangan yang menyatakan bahwa hal tersebut membuat selaput mata kucing tidak berfungsi.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

13. The question is based on the following passage.

    Supply chain weaknesses were brought to the forefront during the COVID-19 pandemic, especially for industries relying on electronics, as the flow of raw materials slowed or sometimes stopped. On top of that, shifting consumer values and tougher environmental regulations have resulted in more people buying hybrid vehicles. The batteries in these cars require rare metals that, depending on their supplies, can have volatile and unpredictable prices. However, there are other scarce elements and materials that may be used in smaller amounts in hybrid models versus conventional gas vehicles, raising the question of how these vehicles really compare with regard to supply chain vulnerabilities. Randolph Kirchain and colleagues wanted to develop a comprehensive comparison of the elements and compounds that go into all the parts in gas-powered, self-charging hybrid and plug-in hybrid cars, calculating each of the three vehicles’ materials cost vulnerability.

    The researchers collected information on the compounds in the more than 350,000 parts used to build seven vehicles from the same manufacturer with different levels of electrification, including four sedans and three sport utility vehicles (SUVs). Then, they calculated the amount of the 76 chemical elements present, as well as a few other materials, in each car type. To develop a monetary metric for vulnerability, the team considered the weight of each component, along with its average price and price volatility between 1998 and 2015. The results showed that self-charging hybrid and plug-in hybrid vehicles have twice the raw material cost risks. The largest contributors to the increase in cost risks were battery-related elements, such as cobalt, nickel, graphite and neodymium. The researchers say that as manufacturers ramp up electric vehicle production to meet demand, reducing raw material cost risks with long-term supplier contracts, substituting some materials or recycling others will be a good idea.

American Chemical Society. (2021). Hybrid cars are twice as vulnerable to supply chain issues as gas-powered models. Taken on August 16, 2021 from www.sciencedaily.com/releases/2021/07/210728105731.htm.

The author would apparently agree that the relationship between environmental regulations and the purchase of hybrid vehicles in paragraph 1 is similar to the phenomenon of ….

  1. cars and traffic
  2. oil and gas stations
  3. people and vehicles
  4. gasoline and transportation
  5. modern life and electric cars

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Soal tersebut menanyakan analogi yang tepat dari hubungan antara peraturan lingkungan dan pembelian mobil hibrida.

Informasi yang berkaitan dengan hal tersebut terdapat di paragraf pertama kalimat kedua. Pada kalimat tersebut, dikatakan bahwa peraturan lingkungan menyebabkan masyarakat membeli mobil hibrida. Analogi yang digunakan di sini adalah analogi sebab akibat. Dengan demikian, analogi yang tepat adalah antara cars dan traffic karena mobil menyebabkan kemacetan sehingga pilihan A tepat.

Pilihan B (minyak dan tempat pengisian bahan bakar) tidak tepat. Minyak tidak menyebabkan adanya pom bensin. Pom bensin didirikan karena adanya kendaraan.

Pilihan C (orang dan kendaraan) tidak tepat. Penyebab adanya kendaraan adalah jarak tempuh, bukan manusia.

Pilihan D (bahan bakar minyak dan transportasi) tidak tepat. Kendaraanlah yang menyebabkan adanya bensin, bukan sebaliknya.

Pilihan E (kehidupan modern dan mobil listrik) tidak tepat. Kehidupan modern tidak menyebabkan adanya mobil listrik. Mobil listrik diciptakan karena adanya masalah lingkungan.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

14. The question is based on the following text.

    Exercise is painful. As the cliché goes, “No pain, no gain.” When the body exerts itself, pumping action out of muscles to tear them down and build their mass, it’s left with a soreness. Doctors, coaches, and mothers all recommend heat for tense sore muscles—warm baths, moist towels, hot-water bottles, or heated pads as thermotherapy techniques. But how exactly does applying this heat help the pain and relax the muscles?

    While exercising, the body requires more energy than it can produce through aerobic respiration, or the intake of oxygen. To create enough energy for vigorous movement, the body goes through another process: anaerobic respiration. This type of energy production burns sugars without oxygen, producing lactic acid within exerted muscles. Overworked muscles and a buildup of lactic acid are what cause the pain associated with exercising. When heat is applied to a sore area of the body, blood vessels widen and blood flow increases to transport excess lactic acid and other toxins away from tired muscles. These muscles are also made more elastic by the heat, and nerve endings are stimulated to block pain signals.

Hogeback, J. (n.d). Why Does Heat Relax Your Muscles? Taken on July 14, 2021 from https://www.britannica.com/story/why-does-heat-relax-your-muscles.

 

What is the purpose of the underlined sentence in paragraph 1?

  1. highlight the process of muscle building during exercise
  2. illustrate the cliché related to exercise and pain
  3. explain the sources of pain while exercising
  4. show the process of soreness on muscles
  5. define the cliché “No pain, no gain”

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Soal menanyakan tujuan penulisan kalimat bergaris bawah yang terdapat pada paragraf pertama.

Terjemahan kalimat tersebut adalah ketika tubuh berolah raga, menuntut otot untuk bekerja keras dan mambangun massa, tubuh akan terasa nyeri. Dengan kata lain, kalimat tersebut bertujuan mengilustrasikan ungkapan “No pain, no gain,” yang berarti ‘Tidak ada pengorbanan, tidak ada hasil.’ (Pilihan B). Pengorbanan yang dimaksud diilustrasikan dengan rasa nyeri pada tubuh dan hasil diilustrasikan dengan pembentukan massa otot.

Pilihan A tidak tepat. Kalimat tersebut tidak menyoroti proses otot terbentuk saja, melainkan juga efek yang ditimbulkannya, yaitu rasa nyeri.

Pilihan C tidak tepat. Kalimat tersebut menyebutkan bahwa sumber rasa nyeri pada tubuh saat berolahraga adalah kerja keras otot saja. Tidak ada penjelasan mengenai sumber lain.

Pilihan D tidak tepat. Kalimat tersebut bukan hanya menunjukkan tentang nyeri pada otot yang diakibatkan dari berolah raga, tetapi juga terbentuknya massa otot.

Pilihan E tidak tepat. Kalimat tersebut tidak memuat definisi dari ungkapan “No pain, no gain”, melainkan hanya memberikan ilustrasi untuk ungkapan tersebut.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

15. Read the text below to answer the question!

    A team led by UC Riverside geologists has discovered the first ancestor on the family tree that contains most familiar animals today, including humans. The tiny, wormlike creature, named Ikaria wariootia, is the earliest bilaterian, or organism with a front and back, two symmetrical sides, and openings at either end connected by a gut. The paper is published today in Proceedings of the National Academy of Sciences.

    For 15 years, scientists agreed that fossilized burrows found in 555 million-year-old Ediacaran Period deposits in Nilpena, South Australia, were made by bilaterians. However, there was no sign of the creature that made the burrows, leaving scientists with nothing but speculation. Then, Scott Evans, a recent doctoral graduate from UC Riverside; and Mary Droser, a professor of geology, noticed miniscule, oval impressions near some of these burrows. With funding from a NASA exobiology grant, they used a three-dimensional laser scanner that revealed the regular, consistent shape of a cylindrical body with a distinct head and tail and faintly grooved musculature. The animal ranged between 2-7 millimeters long and about 1-2.5 millimeters wide, with the largest the size and shape of a grain of rice — just the right size to have made the burrows.

    “We thought these animals should have existed during this interval, but always understood they would be difficult to recognize,” Evans said. “Once we had the 3D scans, we knew that we had made an important discovery.”

University of California – Riverside. (2020). Ancestor of all animals identified in Australian fossils: A wormlike creature that lived more than 555 million years ago is the earliest bilaterian. Taken on March 25, 2020, from www.sciencedaily.com/releases/2020/03/200323152108.htm.

What is the main idea of the passage?

  1. the descendant on the family tree of familiar animals found in Australia 
  2. a team led by UC Riverside geologists
  3. Australian geologists finding most animals
  4. the small ancestor of familiar animals identified in Australia
  5. the geologists’ discovery of a worm in Australia

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Soal menanyakan ide pokok yang tepat dari teks bacaan.

Pada keseluruhan paragraf, teks tersebut membahas mengenai penemuan makhluk yang dianggap sebagai leluhur dari silsilah keluarga sebagian besar binatang yang ada saat ini.

Pilihan A tidak tepat karena terdapat kata The descendant yang berarti ‘keturunan’. Hal tersebut merupakan antonim dari kata ancestor yang berarti ‘leluhur’.

Pilihan B dan C tidak tepat karena yang menjadi fokus pada kedua pilihan tersebut adalah tim ahli geologi yang melakukan penemuan.

Pilihan D tepat karena pernyataan tersebut sesuai dengan yang disampaikan pada teks bacaan.

Pilihan E tidak tepat karena makhluk yang ditemukan bukanlah seekor worm (cacing), tetapi makhluk seperti cacing . Informasinya terdapat pada kalimat kedua paragraf pertama.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah D. 

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

16. Read the text below to answer the question!

    A team led by UC Riverside geologists has discovered the first ancestor on the family tree that contains most familiar animals today, including humans. The tiny, wormlike creature, named Ikaria wariootia, is the earliest bilaterian, or organism with a front and back, two symmetrical sides, and openings at either end connected by a gut. The paper is published today in Proceedings of the National Academy of Sciences.

    For 15 years, scientists agreed that fossilized burrows found in 555 million-year-old Ediacaran Period deposits in Nilpena, South Australia, were made by bilaterians. However, there was no sign of the creature that made the burrows, leaving scientists with nothing but speculation. Then, Scott Evans, a recent doctoral graduate from UC Riverside; and Mary Droser, a professor of geology, noticed miniscule, oval impressions near some of these burrows. With funding from a NASA exobiology grant, they used a three-dimensional laser scanner that revealed the regular, consistent shape of a cylindrical body with a distinct head and tail and faintly grooved musculature. The animal ranged between 2-7 millimeters long and about 1-2.5 millimeters wide, with the largest the size and shape of a grain of rice — just the right size to have made the burrows.

    “We thought these animals should have existed during this interval, but always understood they would be difficult to recognize,” Evans said. “Once we had the 3D scans, we knew that we had made an important discovery.”

University of California – Riverside. (2020). Ancestor of all animals identified in Australian fossils: A wormlike creature that lived more than 555 million years ago is the earliest bilaterian. Taken on March 25, 2020, from www.sciencedaily.com/releases/2020/03/200323152108.htm.

The purpose of the passage is ….

  1. to announce how great a team of geologists is
  2. to deliver the information about several ancestors
  3. to advertise an ancient animal found in Australia
  4. to inform the readers about the important discovery
  5. to reveal the sophisticated new science technology

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Soal menanyakan tujuan penulisan teks bacaan tersebut.

Teks tersebut memberikan informasi mengenai penemuan Ikaria wariootia, nenek moyang dari sebagian besar binatang yang ada saat ini yang dianggap sebagai sebuah penemuan yang penting. Dengan demikian, tujuan teks tersebut adalah memberikan informasi kepada pembaca mengenai penemuan penting sehingga pilihan D tepat.

Pilihan A (untuk mengumumkan betapa hebatnya sebuah tim dari ahli geologi) tidak tepat. Fokus dari teks tersebut adalah penemuan sebuah tim geologi, yaitu seekor bilateria, bukan para penemunya.

Pilihan B (untuk menyampaikan informasi mengenai beberapa nenek moyang) tidak tepat. Teks tersebut tidak menyajikan informasi tentang beberapa nenek moyang, tetapi hanya nenek moyang dari sebagian besar binatang yang ada saat ini.

Pilihan C (untuk mengiklankan seekor binatang purba yang ditemukan di Australia) tidak tepat. Tidak ada informasi pada teks yang mengatakan bahwa penemuan di Australia tersebut akan diiklankan.

Pilihan E (untuk mengungkapkan sebuah teknologi ilmu pengetahuan baru yang canggih) tidak tepat. Teks tersebut berfokus pada penemuan bilateria pertama, ikaria wariootia, oleh sebuah tim geologis, bukan tentang teknologi ilmu pengetahuan baru.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

17. The text is for the following question.

    Television was once the newest technology in our homes, and then came videos and computers. Today’s children are growing up in a rapidly changing digital age that is far different from their parents. A variety of technologies are all around us in our homes, offices, and schools. When used wisely, technology and media can support learning children’s relationships both with adults and their peers.

    Based on some evidence by research, there has never been a more important time to apply principles of development and learning when considering the use of cutting-edge technologies and new media as the so-called interactive media. Interactive media refers to digital and analog materials, including software programs, applications (apps), some children’s television programming, e-books, the Internet, and other forms of content designed to facilitate active and creative use by young children and to encourage social engagement with other children and adults.

    When the integration of technology and interactive media in early childhood programs is built upon solid developmental foundations, and early childhood professionals are aware of both the challenges and the opportunities, educators are positioned to improve program quality by intentionally leveraging the potential of technology and media for the benefit of every child.

    This statement provides guidance for early childhood educators about the use of technology and interactive media in ways that can optimize opportunities for young children’s development. In this statement, the definition of technology tools encompasses a broad range of digital devices such as computers, tablets, multi-touch screens, interactive whiteboards, mobile devices, cameras, audio recorders, electronic toys, games, e-book readers, and older analog devices still being used such as tape recorders, record and cassette players, projectors, and microscopes.

    By appropriately and intentionally using the technology of his day—broadcast television—to connect with each individual child and with parents and families, it demonstrated the positive potential of using technology and media in ways that are grounded in principles of child development.

NAEYC and Fred Rogers Center. (2012). Technology and Interactive Media as Tools in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8 [PDF]. Accessed and adapted on 11 July, 2022 from https://www.naeyc.org/sites/default/files/globally-shared/downloads/PDFs/resources/position-statements/ps_technology.pdf.

How does the second sentence relate to the first sentence in paragraph 2?

  1. It shows the importance of interactive media to children’s lives.
  2. It argues that interactive media include digital materials only.
  3. It explains the definition and examples of interactive media.
  4. It states that the children and adults nowadays are familiar with digital technology.
  5. It shows that interactive media can support social engagement among adults.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Soal tersebut menanyakan hubungan kalimat pertama dan kedua pada paragraf kedua.

Kalimat pertama menjelaskan pentingnya menerapkan aturan-aturan pembelajaran ketika mulai menggunakan teknologi baru dalam pembelajaran, yaitu media interaktif. Kalimat kedua menjelaskan bahwa media interaktif mengacu pada materi digital dan analog, termasuk program perangkat lunak, aplikasi, beberapa program televisi anak-anak, e-book, internet, dan bentuk konten lain yang dirancang untuk memfasilitasi penggunaan aktif dan kreatif oleh anak-anak muda dan untuk mendorong keterlibatan sosial dengan anak-anak lain dan orang dewasa.

Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa kalimat kedua menjelaskan definisi dan contoh media interaktif yang disebutkan di kalimat pertama.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

18. The text is for the following question.

    Television was once the newest technology in our homes, and then came videos and computers. Today’s children are growing up in a rapidly changing digital age that is far different from their parents. A variety of technologies are all around us in our homes, offices, and schools. When used wisely, technology and media can support learning children’s relationships both with adults and their peers.

    Based on some evidence by research, there has never been a more important time to apply principles of development and learning when considering the use of cutting-edge technologies and new media as the so-called interactive media. Interactive media refers to digital and analog materials, including software programs, applications (apps), some children’s television programming, e-books, the Internet, and other forms of content designed to facilitate active and creative use by young children and to encourage social engagement with other children and adults.

    When the integration of technology and interactive media in early childhood programs is built upon solid developmental foundations, and early childhood professionals are aware of both the challenges and the opportunities, educators are positioned to improve program quality by intentionally leveraging the potential of technology and media for the benefit of every child.

    This statement provides guidance for early childhood educators about the use of technology and interactive media in ways that can optimize opportunities for young children’s development. In this statement, the definition of technology tools encompasses a broad range of digital devices such as computers, tablets, multi-touch screens, interactive whiteboards, mobile devices, cameras, audio recorders, electronic toys, games, e-book readers, and older analog devices still being used such as tape recorders, record and cassette players, projectors, and microscopes.

    By appropriately and intentionally using the technology of his day—broadcast television—to connect with each individual child and with parents and families, it demonstrated the positive potential of using technology and media in ways that are grounded in principles of child development.

NAEYC and Fred Rogers Center. (2012). Technology and Interactive Media as Tools in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8 [PDF]. Accessed and adapted on 11 July, 2022 from https://www.naeyc.org/sites/default/files/globally-shared/downloads/PDFs/resources/position-statements/ps_technology.pdf.

The author would apparently agree on the idea that ….

  1. digital media can harm learning and relationships
  2. technology provides children with enjoyable experiences
  3. technology may bring more good than harm when it is used wisely
  4. technology can influence the relationships between children and their friends
  5. technology minimizes the potential for children’s learning and engagement with others

Jawaban: C

Pembahasan:

Soal tersebut menanyakan kesimpulan tersirat penulis menurut teks tersebut.

Berdasarkan paragraf ketiga (educators are positioned to improve program quality by intentionally leveraging the potential of technology and media for the benefit of every child), paragraf keempat (the use of technology and interactive media in ways that can optimize opportunities for young children’s development), dan paragraf kelima (it is demonstrated the positive potential of using technology and media in ways that are grounded in principles of child development), dapat disimpulkan bahwa penulis mengungkapkan tentang penggunaan teknologi yang jika digunakan secara bijak, dapat membantu dan mengoptimalkan perkembangan anak.

Dengan demikian, kesimpulan tersirat yang tepat adalah teknologi membawa lebih banyak kebaikan daripada kerugian jika digunakan secara bijak.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.   

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM19. The text is for the following question.

    Television was once the newest technology in our homes, and then came videos and computers. Today’s children are growing up in a rapidly changing digital age that is far different from their parents. A variety of technologies are all around us in our homes, offices, and schools. When used wisely, technology and media can support learning children’s relationships both with adults and their peers.

    Based on some evidence by research, there has never been a more important time to apply principles of development and learning when considering the use of cutting-edge technologies and new media as the so-called interactive media. Interactive media refers to digital and analog materials, including software programs, applications (apps), some children’s television programming, e-books, the Internet, and other forms of content designed to facilitate active and creative use by young children and to encourage social engagement with other children and adults.

    When the integration of technology and interactive media in early childhood programs is built upon solid developmental foundations, and early childhood professionals are aware of both the challenges and the opportunities, educators are positioned to improve program quality by intentionally leveraging the potential of technology and media for the benefit of every child.

    This statement provides guidance for early childhood educators about the use of technology and interactive media in ways that can optimize opportunities for young children’s development. In this statement, the definition of technology tools encompasses a broad range of digital devices such as computers, tablets, multi-touch screens, interactive whiteboards, mobile devices, cameras, audio recorders, electronic toys, games, e-book readers, and older analog devices still being used such as tape recorders, record and cassette players, projectors, and microscopes.

    By appropriately and intentionally using the technology of his day—broadcast television—to connect with each individual child and with parents and families, it demonstrated the positive potential of using technology and media in ways that are grounded in principles of child development.

NAEYC and Fred Rogers Center. (2012). Technology and Interactive Media as Tools in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8 [PDF]. Accessed and adapted on 11 July, 2022 from https://www.naeyc.org/sites/default/files/globally-shared/downloads/PDFs/resources/position-statements/ps_technology.pdf.

The author holds the assumption that ….

  1. any forms of content designed to facilitate creative children to learn will challenge them
  2. interactive media are any kind of media that include hardware and artifacts of education
  3. the integration of technology and interactive media in childhood programs leads to improved program quality
  4. applying principles of development and learning of children is secondary in the use of the interactive media
  5. technology and media can be used to facilitate learning and establish better relationships with other children and adults

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Soal tersebut menanyakan asumsi penulis.

Berdasarkan kalimat By appropriately and intentionally using the technology of this day—broadcast television—to connect with each individual child and with parents and families, it demonstrated the positive potential of using technology and media in ways that are grounded in principles of child development, dapat disimpulkan bahwa menggunakan teknologi dengan tepat dan ditujukan untuk terhubung dengan setiap anak dengan orangtua dan keluarganya, menunjukkan potensi positif penggunaan teknologi dan media dengan cara yang didasarkan pada prinsip-prinsip perkembangan anak.

Dengan demikian, penulis berasumsi bahwa teknologi dan media dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran dan menciptakan hubungan dengan anak-anak lain serta orang dewasa. Oleh karena itu, pilihan E tepat.

Pilihan jawaban A, B, C, dan D tidak tepat karena informasi-informasi pada pilihan jawaban tersebut tidak sesuai dengan informasi yang disampaikan pada teks.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM20. The question is based on the following passage.

    Around 2.8 million Indian students sat university examinations from the end of August to September 13 as the country approached the grim milestone of 5-million total COVID-19 cases. Despite pleas from civil society to defer examinations, including by Swedish climate activist Greta Thunberg, a Supreme Court ruling on August 17 gave the government the green light to keep the original schedule for the engineer and medical colleges entrance exams.

    The JEE and the NEET, how university exams for those two careers are called, are India’s most competitive — they sprawl industries of their own, with preparation courses generating millions of dollars annually. The court bench headed by Justice Ashok Bhushan said that “the career of the students cannot be put on peril for long, and a full academic year cannot be wasted.” The court will not hear any further petitions regarding postponing future exam dates.

    According to the Ministry of Education, 74 percent of the students registered to the first of the JEE took the exam, while an above 80-percent attendance was observed for the NEET exam. Students are now gearing up for the second stage of the JEE (the JEE Advanced), which will take place on September 27. Protests against the exam date have dwindled since the Supreme Court decision.

Manve, Vishal Yashoda. (2020). Millions of Indian Students Sit University Entrance Exams After Government Disregards Protests to Postpone Them. Accessed on July 18, 2020 from https://globalvoices.org/2020/09/15/millions-of-indian-students-sit-university-entrance-exams-after-government-pushes-back-protests-to-postpone-them/.

 

What can be inferred from the passage?

  1. Indian students were reluctant to join university preparation courses.
  2. Indian students were forced to sit the JEE and the NEET exam.
  3. The JEE and the NEET are annually held by the Supreme Court.
  4. The Supreme Court considered the pleas from society.
  5. The university entrance tests were finally rescheduled.

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Soal menanyakan kesimpulan tersirat yang tepat berdasarkan informasi pada teks tersebut.

Pada paragraf pertama, dijelaskan bahwa meskipun ada permohonan dari masyarakat untuk menunda jadwal ujian masuk universitas terkait dengan banyaknya kasus COVID-19, putusan Mahkamah Agung pada 17 Agustus memberi pemerintah lampu hijau untuk mempertahankan jadwal asli untuk ujian masuk insinyur dan perguruan tinggi kedokteran. Pada akhir paragraf kedua, dijelaskan bahwa pengadilan tidak akan mempertimbangkan petisi apapun mengenai jadwal tersebut. Kemudian pada paragraf ketiga dijelaskan bahwa ujian JEE dan NEET sudah dilaksanakan dan diikuti oleh para mahasiswa.

Informasi pada ketiga paragraf tersebut menunjukkan bahwa sebenarnya mahasiswa menginginkan jadwal ujian tersebut ditunda. Namun, pada akhirnya mereka tetap mengikutinya karena pemerintah tidak bersedia menunda jadwal tersebut.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa di India mengikuti ujian JEE dan NEET dalam keadaan terpaksa sehingga pilihan B tepat.

Pilihan A (Siswa India enggan mengikuti kursus persiapan universitas.) tidak tepat karena pada kalimat 1 paragraf 3, dijelaskan bahwa ujian JEE dan NEET adalah ujian yang paling kompetitif di India dan kursus persiapan untuk kedua ujian tersebut menghasilkan jutaan dolar setiap tahunnya. Informasi tersebut menunjukkan bahwa kebanyakan siswa India justru kemungkinan besar mengikuti kursus persiapan untuk menghadapi JEE dan NEET.

Pilihan C (JEE dan NEET diadakan setiap tahun oleh Mahkamah Agung.) tidak tepat karena ujian tersebut diselenggarakan oleh pemerintah India, bukan Mahkamah Agung. Hal ini diketahui dari informasi pada akhir paragraf pertama, yaitu ‘… putusan Mahkamah Agung pada 17 Agustus memberi pemerintah lampu hijau untuk mempertahankan jadwal asli untuk ujian masuk fakultas teknik dan kedokteran’. Jadi, yang membuat jadwal dan menjadi penyelenggara ujian tersebut adalah pemerintah.

Pilihan D (Mahkamah Agung mempertimbangkan permohonan dari masyarakat.) tidak tepat karena jelas dikatakan pada kalimat terakhir paragraf pertama bahwa Mahkamah Agung memberi izin kepada pemerintah untuk mempertahankan jadwal asli untuk ujian masuk insinyur dan perguruan tinggi kedokteran meskipun ada permohonan dari masyarakat untuk menunda jadwal tersebut.

Dengan alasan yang sama, pilihan E (Tes masuk universitas akhirnya dijadwalkan ulang.) tidak tepat karena jadwal semula tetap dipertahankan.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

21. The question is based on the following passage.

    Around 2.8 million Indian students sat university examinations from the end of August to September 13 as the country approached the grim milestone of 5-million total COVID-19 cases. Despite pleas from civil society to defer examinations, including by Swedish climate activist Greta Thunberg, a Supreme Court ruling on August 17 gave the government the green light to keep the original schedule for the engineer and medical colleges entrance exams.

    The JEE and the NEET, how university exams for those two careers are called, are India’s most competitive — they sprawl industries of their own, with preparation courses generating millions of dollars annually. The court bench headed by Justice Ashok Bhushan said that “the career of the students cannot be put on peril for long, and a full academic year cannot be wasted.” The court will not hear any further petitions regarding postponing future exam dates.

    According to the Ministry of Education, 74 percent of the students registered to the first of the JEE took the exam, while an above 80-percent attendance was observed for the NEET exam. Students are now gearing up for the second stage of the JEE (the JEE Advanced), which will take place on September 27. Protests against the exam date have dwindled since the Supreme Court decision.

Manve, Vishal Yashoda. (2020). Millions of Indian Students Sit University Entrance Exams After Government Disregards Protests to Postpone Them. Accessed on July 18, 2020 from https://globalvoices.org/2020/09/15/millions-of-indian-students-sit-university-entrance-exams-after-government-pushes-back-protests-to-postpone-them/.

Which statement is CORRECT based on the passage above?

  1. The first stage of the JEE Advanced was held after September 27.
  2. The exams may be postponed due to the protests against the exam date.
  3. NEET is an entrance university test for both medical and engineering colleges.
  4. Justice Ashok Bhushan wasn’t concerned about students’ academic and future careers.
  5. Many Indians demanded rescheduling the exams because of the high rate of COVID-19 cases.

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Soal tersebut menanyakan pernyataan yang tepat berdasarkan teks.

Pilihan A (Tahap pertama the JEE Advanced diselenggarakan setelah tanggal 27 September.) tidak tepat. Kalimat “Students are now gearing up for the second stage of the JEE (the JEE Advanced), which will take place on September 27.” menyatakan bahwa tahap kedua berlangsung pada tanggal 27 September sehingga tahap pertamanya pasti sebelum tanggal tersebut.

Pilihan B (Ujian mungkin ditunda karena adanya protes menentang tanggal ujian.) tidak tepat. Pada paragraf pertama, disebutkan bahwa Mahkamah Agung telah mengizinkan ujian berlangsung sesuai jadwal aslinya. Selanjutnya pada paragraf kedua disebutkan “The court will not hear any further petitions regarding postponing future exam dates. (Pengadilan tidak akan mendengar petisi lebih lanjut tentang penundaan tanggal ujian di masa yang akan datang.)”. Kalimat tersebut menyiratkan bahwa keputusan yang telah diambil oleh Mahkamah Agung tersebut tidak akan berubah dan diharapkan tidak akan ada lagi protes.

Pilihan C (NEET adalah ujian masuk universitas baik untuk medis maupun teknik.) tidak tepat. Terdapat kalimat yang menyatakan “The JEE and the NEET, how university exams for those two careers are called ….” pada teks. Karir (careers) yang dimaksud adalah karir yang berkaitan dengan teknik dan medis (sesuai kalimat terakhir paragraf pertama). Namun, entah JEE atau NEET merupakan ujian yang hanya untuk salah satu dari karir atau bidang tersebut, bukan berarti JEE atau NEET masing-masingnya memuat ujian kedua bidang tersebut.

Pilihan D (Hakim Ashok Bhushan tidak khawatir tentang akademik dan karir siswa.) tidak tepat. Pada paragraf kedua, terdapat kalimat “The court bench headed by Justice Ashok Bhushan said that ‘the career of the students cannot be put on peril for long, and a full academic year cannot be wasted’. (Bangku pengadilan yang dipimpin Hakim Ashok Bhushan mengatakan bahwa ‘karir siswa tidak bisa lama-lama terancam, dan satu tahun akademik penuh tidak bisa disia-siakan’.)”. Kalimat tersebut menunjukkan bahwa hakim tersebut justru peduli atau khawatir dengan karir dan akademik siswa.

Pilihan E (Banyak masyarakat India menuntut perubahan jadwal ujian karena tingginya tingkat kasus COVID-19.) tepat. Paragraf pertama menyebutkan bahwa siswa India tetap mengikuti ujian universitas ketika India sedang mengalami sejarah suram 5 juta kasus COVID-19. Terlepas dari permintaan masyarakat untuk menunda ujian, Mahkamah Agung pada 17 Agustus memutuskan untuk menjaga jadwal asli ujian masuk tersebut. “Sejarah suram 5 juta kasus COVID-19” menunjukkan bahwa tingkat kasus COVID-19 yang sedang terjadi itu tinggi (high rate). Lalu, “menunda ujian” maksudnya sama dengan “mengubah jadwal ujian yang telah ada”.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

22. The question is based on the following passage.

    Around 2.8 million Indian students sat university examinations from the end of August to September 13 as the country approached the grim milestone of 5-million total COVID-19 cases. Despite pleas from civil society to defer examinations, including by Swedish climate activist Greta Thunberg, a Supreme Court ruling on August 17 gave the government the green light to keep the original schedule for the engineer and medical colleges entrance exams.

    The JEE and the NEET, how university exams for those two careers are called, are India’s most competitive — they sprawl industries of their own, with preparation courses generating millions of dollars annually. The court bench headed by Justice Ashok Bhushan said that “the career of the students cannot be put on peril for long, and a full academic year cannot be wasted.” The court will not hear any further petitions regarding postponing future exam dates.

    According to the Ministry of Education, 74 percent of the students registered to the first of the JEE took the exam, while an above 80-percent attendance was observed for the NEET exam. Students are now gearing up for the second stage of the JEE (the JEE Advanced), which will take place on September 27. Protests against the exam date have dwindled since the Supreme Court decision.

Manve, Vishal Yashoda. (2020). Millions of Indian Students Sit University Entrance Exams After Government Disregards Protests to Postpone Them. Accessed on July 18, 2020 from https://globalvoices.org/2020/09/15/millions-of-indian-students-sit-university-entrance-exams-after-government-pushes-back-protests-to-postpone-them/.

The author’s attitude towards the civils’ protest regarding the exam schedule is ….

  1. critical
  2. positive
  3. objective
  4. subjective
  5. informative

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Soal menanyakan sikap penulis mengenai protes masyarakat tentang jadwal ujian yang dibahas pada teks.

Penulis menjelaskan protes masyarakat tentang jadwal ujian pada paragraf pertama. Penulis menjelaskan bahwa Mahkamah Agung memberi izin kepada pemerintah untuk mempertahankan jadwal asli untuk ujian masuk insinyur dan perguruan tinggi kedokteran meskipun ada permohonan dari masyarakat untuk menunda jadwal tersebut.

Pada paragraf kedua, penulis menyebutkan dua ujian masuk universitas, yaitu JEE dan NEET. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai alasan pemerintah mempertahankan jadwal ujian yang sudah ditetapkan sejak awal dan pengadilan juga tidak akan mempertimbangkan petisi apapun mengenai jadwal tersebut.

Pada paragraf ketiga, penulis menjelaskan tentang persentase jumlah siswa yang sudah mengikuti ujian JEE dan NEET. Dijelaskan pula bahwa protes mengenai jadwal ujian sudah berkurang sejak adanya putusan dari Mahkamah Agung.

Berdasarkan topik bahasan pada masing-masing paragraf, terlihat jelas bahwa penulis menyajikan informasi mengenai protes yang dilakukan oleh masyarakat dan sikap pemerintah terkait jadwal ujian masuk universitas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sikap penulis adalah informatif sehingga pilihan E tepat.

Pilihan A tidak tepat karena tidak ada kalimat berupa kritikan penulis terhadap protes masyarakat tentang jadwal ujian.

Pilihan B tidak tepat karena penulis tidak menyatakan dukungannya terhadap protes masyarakat tentang jadwal ujian.

Pilihan C dan D tidak tepat karena penulis tidak memasukkan perspektif atau penilaian pribadinya terhadap protes masyarakat tentang jadwal ujian tersebut sehingga tidak bisa dikatakan subjektif atau objektif.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

Biar makin jago, tonton video pembahasannya juga ya!

separator latihan soal-Oct-10-2022-02-47-02-48-AM

Mau belajar lebih banyak seputar materi dan tryout menjelang SNBT 2024? Yuk, daftar Brain Academy. Kamu bisa datang ke cabang terdekat atau belajar online via aplikasi Ruangguru. Mulai atur strategi bersama konselor dan Master Teacher supaya lolos ke jurusan impian. Semangat!

 

MT Brain Academy