Contoh Soal & Pembahasan PTS Kelas 10 IPA 2024 Semester 1
Sedang belajar untuk Penilaian Tengah Semester? Intip soal dan pembahasan PTS kelas 10 SMA IPA berikut ini
—
BAHASA INGGRIS
Topik : Basic English in Introduction
Subtopik : Family members
Level : MOTS
1. Julian has one brother and one sister. His brother is Aisyah and his sister is Jasmine. Julian married Jane and they have 2 children, Juan and Julliete. Aisyah married Melisa and they have 2 children, Mila and Maura. Jasmine is still single. The correct statement based on the description above is …
- Aisyah is Juan’s uncle.
- Julian is Julliete’s uncle.
- Mila is Aisyah’s niece.
- Maura is Jasmine’s sister.
- Julian is Maura’s father.
Kunci: A
Pembahasan:
Julian memiliki satu saudara laki-laki dan satu saudara perempuan. Saudaranya adalah Aisyah dan saudara perempuannya adalah Jasmine. Julian menikahi Jane dan mereka memiliki 2 anak, Juan dan Julliete. Aisyah menikahi Melisa dan mereka memiliki 2 anak, Mila dan Maura. Jasmine masih sendiri. Berdasarkan deskripsi tersebut, dapat kita ketahui bahwa Julian merupakan ayah dari Juliette, jadi opsi jawaban B kurang tepat. Kemudian, Mila adalah anak perempuan (daughter) dari Aisyah, jadi opsi jawaban C juga kurang tepat. Lalu Maura merupakan keponakan perempuan (niece) dari Jasmine, maka opsi jawaban D juga kurang tepat.
Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.
Topik : Basic English in Introduction
Subtopik : Verb
Level : MOTS
2. Mrs. Nura: How was the concert, Nia?
Nia: It was so incredible. The band, stage act, lighting, I love it! Like, seriously, I really _______ it.
- saw
- enjoyed
- bored
- fed-up
- hate
Kunci: B
Pembahasan:
Pada kalimat tersebut, Nia ingin mengatakan bahwa ia sangat menikmati konser semalam, dibuktikan dengan I love it! Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah enjoyed.
Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B.
Topik : Basic English in Introduction
Subtopik : Present Continuous Tense
Level : MOTS
3. The following sentences are correct, except…
- I am talking to my brother right now.
- My sister is taking care of our niece now.
- Jean is attending a debate competition at the moment.
- Look! Selena is singing on the 64th Grammy Award.
- Justin talking politely to his parents on the phone.
Kunci: E
Pembahasan:
Dalam Present Continuous Tense, Subject harus diikuti dengan am/is/are + V-ing. Sehingga, jika kita cermati, opsi jawaban E memiliki struktur kalimat yang kurang tepat, seharusnya Justin is talking politely to his parents on the phone.
Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah E.
Topik : Basic English in Introduction
Subtopik : Simple Present Tense
Level : MOTS
4. Caca: What do you usually do on the weekend, Ris?
Riska: ____________________________________
The correct response to complete the dialog is…
- On the weekend, I did yoga.
- I usually just hang out with my friends on the weekend.
- I usually relaxing my mind.
- I am watching YouTube all day long.
- On the weekend, I will go to the swimming pool.
Kunci: B
Pembahasan:
Subject yang ditanyakan di atas adalah Riska. Caca bertanya apa yang biasa Riska lakukan pada saat weekend. Untuk merespon pertanyaan tersebut, opsi jawaban yang paling tepat adalah B, karena menjelaskan tentang kebiasaan yang biasa Riska lakukan pada saat weekend.
Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B.
Topik : Basic English in Introduction
Subtopik : Pronoun
Level : LOTS
5. Choose an option that consists of reflexive pronouns!
- I, you, he, she, it, we, you, they
- Me, you, him, her, it, us, you, them
- My, your, his, her, its, our, your, their
- Mine, yours, his, hers, ours, yours, theirs
- myself, yourself, himself, herself, itself, ourselves, yourselves, themselves
Kunci: E
Pembahasan:
Kita diminta untuk mencari yang mana yang merupakan reflexive pronoun, pilihan jawaban A merupakan subject pronoun, pilihan jawaban B merupakan object pronoun, pilihan jawaban C merupakan possessive adjectives, pilihan jawaban D merupakan possessive pronoun, pilihan jawaban E merupakan reflexive pronoun.
Jadi, jawaban yang paling tepat adalah E.
Topik: Basic English in Introduction
Subtopik: Present Continous Tense
6. Normally … (we/finish) work at four, but this week … (we/work) until six to earn a little more money.
- we finish, we are working
- we are finish, we work
- we finish, we work
- we are finishing, we are working
- we are finishing, we work
Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Pada situasi pertama, kata normally menunjukkan kebiasaan (Present simple), dan situasi kedua terdapat kata this week yang bersifat sementara (Present continuous).
Maka jawaban yang benar yaitu A.
Topik: Basic English in Introduction
Subtopik: Simple Present Tense
7. The earth … round the sun.
- goes
- makes
- eats
- rises
- sets
Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Kalimat tersebut merujuk pada Simple Present. Bumi mengitari (go round) matahari. Subject the earth (singular) dan menggunakan verb+s/es.
Maka, jawaban yang tepat adalah A.
Baca juga: Contoh, Rumus, dan Kegunaan Simple Present Tense
Topik: Common Expression
Subtopik: Expression of Congratulating and Complimenting
8. Jerry: Congratulations on your wedding! I hope you’ll … together.
Sarah: Thanks, and I’m sure we will!
What would be the best expression to fill in the gap?
- be very exciting
- feel awful
- be very happy
- live long
- be unhappy
Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Untuk dapat melengkapi kalimat tersebut, kita bisa melihat kalimat yang diucapkan oleh Jerry sebelumnya dan respon yang diberikan oleh Sarah. Dalam percakapan tersebut, Jerry memberikan selamat atas pernikahan Sarah dan Sarah berterima kasih atas hal itu. Sehingga ucapan yang paling tepat untuk melanjutkan pernyataan yang diucapkan oleh Jerry adalah harapan agar Sarah bahagia selalu.
Maka, jawaban yang tepat adalah C.
Topik: Common Expression
Subtopik: Tenses
9. She.. that TV shows five times.
- had
- has
- has seen
- saw
- seen
Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Dari kalimat diatas dapat disimpulkan bahwa kegiatannya telah dilakukan selama 5x. Untuk menunjukkan hal tersebut maka akan menggunakan Present Perfect Tense. Formula kalimatnya adalah S + have/has + V3. Karena subjectnya adah She, maka auxiliary verbnya adalah Has.
Maka, jawaban yang tepat adalah C.
Topik: Expression of Preference
Subtopik: Showing Preference
10. My family and I would rather stay at home than… somewhere during holidays.
- goes
- going
- go
- to go
- went
Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Untuk mengungkapkan kecenderungan / kesukaan, kita dapat menggunakan pola Subject + would rather + verb 1 + than + verb 1. Sehingga kata yang paling benar untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah go.
Maka, jawaban yang benar adalah C.
Baca Juga: Soal & Pembahasan PTS Kelas 10 IPS Semester Ganjil
BAHASA INDONESIA
Topik : Teks Laporan Hasil Observasi
Subtopik : Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
Level : MOTS
Tanaman ini dinamakan bunga bangkai karena ia mengeluarkan bau busuk yang amat menyengat. Meski begitu, bau ini memiliki dua peran yang sangat penting, yaitu sebagai perlindungan dan penarik perhatian serangga yang membantu proses penyerbukan.
Habitat asli bunga bangkai adalah di hutan Sumatera. Namun, karena terancam punah, ia mulai dikonservasi di banyak tempat. Salah Satunya adalah di taman hutan raya Ir. Djuanda yang terletak di bandung Jawa Barat.
Sumber: https://notepam.com/contoh-teks-laporan-hasil-observasi/
1. Pada paragraf pertama teks di atas terdapat adjektiva sebanyak . . .
- Satu
- Dua
- Tiga
- Empat
- Lima
Kunci : C
Pembahasan :
Adjektiva adalah kata sifat. Cara menandakannya iala dapat dibubuhi dengan kata sangat atau tidak. Adjektiva pada teks tersebut terdapat tiga buah, yaitu busuk, menyengat, dan penting.
Jadi, jawaban yang benar adalah C.
Topik : Teks Laporan Hasil Observasi
Subtopik : Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
Level : MOTS
Tanaman ini dinamakan bunga bangkai karena ia mengeluarkan bau busuk yang amat menyengat. Meski begitu, bau ini memiliki dua peran yang sangat penting, yaitu sebagai perlindungan dan penarik perhatian serangga yang membantu proses penyerbukan.
Habitat asli bunga bangkai adalah di hutan Sumatera. Namun, karena terancam punah, ia mulai dikonservasi di banyak tempat. Salah Satunya adalah di taman hutan raya Ir. Djuanda yang terletak di bandung Jawa Barat.
Sumber: https://notepam.com/contoh-teks-laporan-hasil-observasi/
2. Kalimat simpleks terdapat pada . . .
- Paragraf pertama kalimat pertama
- Paragraf pertama kalimat kedua
- Paragraf pertama kalimat ketiga
- Paragraf kedua kalimat pertama
- Paragraf kedua kalimat kedua
Kunci : D
Pembahasan :
Kalimat simpleks adalah kalimat yang terdiri dari satu predikat dan tidak memiliki konjungsi. Dari dua paragraf tersebut kalimat simpleks hanya terletak pada paragraf kedua kalimat pertama.
Jadi, jawaban yang benar adalah D.
Topik : Teks Laporan Hasil Observasi
Subtopik : Analisis Teks Laporan Hasil Observasi
Level : HOTS
Perhatikan teks berikut!
Lingkungan RT 03 kurang bersih, karena kurangnya kesadaran masyarakatnya untuk menjaga kebersihan dan kurangnya keberadaan fasilitas kebersihan, seperti tong sampah. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat RT 03. Kerja sama antara pengurus RT dan masyarakat akan lebih meningkatkan upaya kebersihan lingkungan tersebut. Pengurus RT berperan dalam penyediaan fasilitas kebersihan bersinergi dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.
3. Pada teks di atas kalimat opini terdapat pada …
- Kalimat satu
- Kalimat dua
- Kalimat tiga
- Kalimat empat
- Kalimat satu dan empat
Kunci : A
Pembahasan :
Opini adalah ide atau pendapat seseorang mengenai suatu hal. Sementara, fakta adalah keadaan atau peristiwa yang benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Dalam teks tersebut opini terdapat pada kalimat satu.
Dengan demikian, jawaban yang sesuai adalah A.
Bacalah kutipan berikut ini!
(1) Saat ini, penerapan konsep pembangunan berkelanjutan dapat disebut jauh dari harapan. (2) Kesulitan penerapannya terutama terjadi di negara berkembang, salah satunya Indonesia. (3) Setiap tahun di negara kita kehilangan 684.000 hektar hutan karena pembalakan liar, pengalihan fungsi hutan, kebakaran hutan, dan perambahan hutan. (4) Hal ini diikuti oleh punahnya flora dan fauna langka. (5) Kenyataan ini sangat jelas menggambarkan kehancuran alam yang diikuti bencana bagi manusia. (Sumber: www.beritadaerah.co.id dengan pengubahan seperlunya)
Topik : Teks Eksposisi
Subtopik : Analisis Teks Eksposisi
Level : MOTS
4. Pada kutipan teks di atas, kata teknis ditunjukkan oleh kata ….
- jauh
- kesulitan
- flora dan fauna
- negara
- kita
Kunci : C
Pembahasan :
Kata teknis adalah istilah yang tidak cukup umum untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata teknis berkaitan erat dengan suatu bidang tertentu. Pada kutipan teks di atas, kata teknis ditunjukkan dengan kata flora dan fauna.
Jadi, jawaban yang tepat adalah C.
Topik : Teks Eksposisi
Subtopik : Analisis Teks Eksposisi
Level : HOTS
5. Kata yang pada kalimat kelima di atas termasuk penanda kalimat majemuk ….
- hubungan penjelasan
- hubungan sangkalan
- hubungan atributif
- hubungan akibat
- hubungan cara
Kunci : C
Pembahasan :
Kalimat majemuk terdiri dari 7 jenis, salah satunya kalimat majemuk hubungan atributif. Kalimat majemuk hubungan atributif ditandai dengan kata yang.
Jadi, jawaban yang tepat adalah C.
Topik: Laporan Hasil Observasi
Subtopik: Mengenal Laporan Hasil Observasi
6. Berikut ini yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi adalah ….
- Teks yang ditulis berdasarkan hasil penelitian
- Teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung
- Teks yang ditulis berdasarkan hasil cerita orang lain
- Teks yang memberikan informasi berdasarkan bahan bacaan
- Teks yang ditulis berdasarkan hasil diskusi kelompok
Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Teks Laporan Hasil Observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.
Topik: Laporan Hasil Observasi
Subtopik: Mengenal Laporan Hasil Observasi
7. Di bawah ini yang merupakan struktur teks laporan hasil observasi adalah ….
- pendahuluan, deskripsi bagian, kesimpulan
- pernyataan umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat
- pendahuluan, deskripsi bagian, deskripsi manfaat
- pendahuluan, isi, kesimpulan
- pernyataan umum, isi, kesimpulan
Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Teks LHO memiliki tiga struktur, yaitu
- Pernyataan umum
- Deskripsi bagian
- Deskripsi manfaat
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.
Baca juga: Ciri, Contoh, dan Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi
Topik: Laporan Hasil Observasi
Subtopik: Kebahasaan Laporan Hasil Observasi
Perhatikan teks berikut!
(1) Buah pepaya berbentuk oval, berkulit halus, dan berwarna jingga kehijauan. (2) Buah ini dikenal banyak mengandung vitamin C dan memiliki kandungan zat antioksidan yang baik. (3) Kandungan vitamin C dan karoten dalam pepaya dapat mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit kanker, misalnya kanker paru-paru, kanker kolon, dan kanker payudara. (4) Kandungan serat buah pepaya juga halus. (5) Sehingga baik dikonsumsi oleh kalangan balita sampai usia lanjut.
8. Dari teks di atas, terdapat kalimat tidak efektif yang ditunjukkan oleh kalimat nomor ….
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
Kunci Jawaban: E
Pembahasan:
Kalimat tidak efektif ditunjukkan oleh kalimat kelima karena menggunakan konjungsi intrakalimat (sehingga) yang tidak bisa digunakan di awal kalimat.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.
Topik: Teks Eksposisi
Subtopik: Analisis Teks Eksposisi
Perhatikan kalimat berikut!
Dirinya mengatakan tidak terjadi sesuatu yang membahayakan di sana.
9. Kalimat tersebut mengandung pronomina persona orang ….
- pertama tunggal
- pertama jamak
- kedua tunggal
- ketiga tunggal
- ketiga jamak
Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Dirinya termasuk ke dalam pronomina persona ketiga tunggal, opsional lain kurang tepat. Opsional A, pronomina persona pertama tunggal ditandai dengan penggunaan aku, saya. Opsional B, pronomina persona pertama jamak ditandai dengan penggunaan kami, kita. Opsional C, pronomina persona kedua tunggal ditandai dengan penggunaan kamu, engkau. Opsional E, pronomina persona ketiga jamak ditandai dengan penggunaan mereka.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.
Baca juga: Apa itu Teks Eksposisi? Pahami Ciri, Struktur, dan Contohnya
Topik: Teks Eksposisi
Subtopik: Mengenal Teks Eksposisi
10. Berikut ini yang bukan jenis teks eksposisi adalah ….
- proses
- ilustrasi
- pertentangan
- pemaparan
- berita
Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Jenis teks eksposisi
- proses
- ilustrasi
- pertentangan
- berita
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.
MATEMATIKA IPA
Topik : Fungsi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak
Subtopik : Fungsi Nilai Mutlak
Level : MOTS
1. Grafik fungsi dari persamaan adalah
Kunci : A
Pembahasan :
Pertama-tama perhatikan bahwa grafik fungsi
Seperti ini, kemudian karena tidak ada nilai y yang bernilai negatif maka dicerminkan terhadap sumbu-x didapat
Jadi, jawaban yang benar adalah A.
Topik : Fungsi Persamaan dan Pertidaksamaan Rasional
Subtopik : Persamaan Rasional
Level : MOTS
2. Penyelesaian dari adalah
Kunci : E
Pembahasan :
Syarat penyebut tidak boleh nol
Jadi yang memenuhi adalah
Jadi, jawaban yang benar adalah E.
Topik : Fungsi Persamaan dan Pertidaksamaan Rasional
Subtopik : Pertidaksamaan Rasional
Level : MOTS
3. Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan pecahan adalah
Kunci : E
Pembahasan :
Perhatikan perhitungan berikut ini!
Pada bentuk pembilangnya, yaitu didapat pembuat nol nya adalah sebagai berikut.
Kemudian, pembuat nol pada penyebutnya adalah sebagai berikut
Selanjutnya, dengan menggunakan tabel didapat hasil sebagai berikut.
Karena tanda pertidaksamaannya adalah <, maka pilih daerah yang nilainya negatif. Oleh karena itu, penyelesaian dari pertidaksamaan tersebut adalah
Jadi, jawaban yang benar adalah E.
Topik : Fungsi Persamaan dan Pertidaksamaan Irasional
Subtopik : Persamaan irasional
Level : MOTS
4. Penyelesaian dari adalah
Kunci : B
Pembahasan :
karena x = -3 memenuhi syarat x≥-3, maka solusi ini diterima. sehingga penyelesaian dari persamaan irrasional di atas adalah x = -3.
Maka, nilai x yang memenuhi adalah x = -3.
Jadi, jawaban yang benar adalah B.
Topik : MINAT – Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Eksponen
Subtopik : Persamaan dan Pertidaksamaan Eksponen
Level Kognitif : MOTS
5. Hasil kali dari seluruh nilai yang memenuhi adalah …
Kunci: D
Pembahasan :
Perhatikan perhitungan berikut!
Ingat kembali jika terdapat persamaan bentuk eksponen , maka \
Akibatnya, didapat hasil sebagai berikut.
Diperoleh pembuat nolnya adalah x = − 2 atau x = 2.
Dengan demikian, hasil kali dari seluruh nilai x yang memenuhi adalah .
Jadi, jawaban yang tepat adalah D.
Topik: Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Nilai Rasional
Subtopik: Persamaan Nilai Rasional
6. Bentuk sederhana dari adalah..
Kunci Jawaban: E
Pembahasan:
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.
Baca juga: Soal & Pembahasan PTS Kelas 10 IPA Semester 1
Topik: Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Nilai Rasional
Subtopik: Persamaan Nilai Rasional
7. Nilai yang memenuhi persamaan adalah..
Kunci: B
Pembahasan:
Untuk pembilang
Syarat: nilai pembilang tidak menyebabkan penyebutnya nol
Maka penyelesaiannya hanya x=3.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.
Topik: SIstem Persamaan Linear
Subtopik: Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
8. Jumlah tiga bilangan adalah 13, bilangan terkecilnya 3, dan bilangan terkecil adalah setengah dari bilangan terbesar. Diantara tiga bilangan tersebut, bilangan yang bukan merupakan bilangan terkecil dan terbesar adalah ….
- 3
- 4
- 5
- 6
- 7
Kunci: B
Pembahasan:
Misalkan terdapat tiga bilangan berurutan yaitu a, b, dan c sehingga
a+b+c= 13
bilangan terkecilnya 3 sehingga a= 3, kemudian
a= 12c atau c= 2a
Maka
c=23=6
Kemudian untuk nilai b
a+b+c= 13
3+b+6= 13
b+9= 13
b= 4
Jadi, bilangan yang bukan merupakan bilangan terkecil dan terbesar adalah 4.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.
Topik: Sistem Persamaan Linear
Subtopik: Aplikasi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel pada Cerita
9. Sebuah toko buah menjual berbagai jenis buah-buahan di antaranya mangga, jeruk, dan anggur. Jika pembeli pertama membeli 2 kg mangga, 2 kg jeruk, dan 1 kg anggur dengan harga Rp70.000,00, pembeli kedua membeli 1 kg mangga, 2 kg jeruk, dan 2 kg anggur dengan harga Rp90.000,00 dan pembeli ketiga membeli 2 kg mangga, 2 kg jeruk, dan 3 kg anggur dengan harga Rp130.000,00, maka jumlah uang yang harus dibayar oleh seorang pembeli jika ia ingin membeli 1 kg mangga dan 2 kg jeruk adalah ….
- Rp10.000,00
- Rp25.000,00
- Rp30.000,00
- Rp35.000,00
- Rp40.000,00
Kunci: C
Pembahasan:
Misalkan
x= Banyak Mangga
y= Banyak Jeruk
z= Banyak Anggur
Sehingga dapat dibuat model matematika sebagai berikut
2x+2y+z= 70.000 (1)
x+2y+2z= 90.000 (2)
2x+2y+3z= 130.000 (3)
Pertama, kurangkan persamaan (1) dan (2)
2x+2y+z= 70.000 (1)
x+2y+2z= 90.000
z-x= 20.000 (4)
Selanjutnya eliminasi persamaan (1) dan (3)
2x+2y+z= 70.000
2x+2y+3z= 130.000 _
-2z= -60.000
z=3 0.000 (5)
Eliminasi persamaan (4) dan (5)
z-x= 20.000
30.000-x= 20.000
x= 10.000
Kemudian menentukan nilai y
2(10.000)+2y+30.000=70.000
50.000+2y=70.000
2y=20.000
y=10.000
Jadi harga 1 kg mangga dan 2 kg jeruk adalah
x+2y= 10.000+2(10.000)= 30.000
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.
Topik: Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Eksponen
Subtopik: Persamaan dan Pertidaksamaan Eksponen
10. Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan eksponen adalah..
Kunci Jawaban: D
Pembahasan :
Karena bilangan pokoknya lebih dari 1, maka
Pembuat nol dari pertidaksamaan tersebut adalah x= 4 atau x= 2, maka himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan tersebut adalah 2 < x < 4.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.
BIOLOGI
Topik : Keanekaragaman Hayati
Subtopik : Mengenal Keanekaragaman Hayati
Level : HOTS
1. Perhatikan data – data dibawah ini !
- Ikan koi bercorak putih dan ikan koi bercorak merah
- Mawar merah, mawar putih dan mawar hitam
- Rumput, padi dan jagung
- Kelapa, aren dan sawit
- Ayam, merpati, dan burung unta
Contoh keanekaragaman hayati tingkat spesies ditunjukkan oleh nomor ….
- 1, 2 dan 3
- 3, 4 dan 5
- 1, 3 dan 5
- 2, 4 dan 5
- 2, 3 dan 5
Kunci : B
Pembahasan :
Keanekaragaman hayati tingkat spesies/jenis adalah variasi yang dapat ditemukan pada komunitas atau kelompok berbagai spesies yang hidup disuatu tempat. Contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis adalah
- Keanekaragaman hayati pada spesies famili graminae seperti rumput, padi dan jagung
- Keanekaragaman hayati pada kelompok palem-paleman seperti kelapa, aren, sawit dan kelapa
- Keanekaragaman hayati pada spesies golongan aves seperti ayam, merpati, kalkun dan burung unta
- Keanekaragaman hayati pada famili felidae seperti singa, harimau dan jaguar
Dengan demikian jawaban adalah B.
Topik : Keanekaragaman Hayati
Subtopik : Mengenal Keanekaragaman Hayati
Level : LOTS
2. Seorang turis sedang melakukan sebuah perjalan ke sebuah negara di daerah benua Amerika. Pada perjalanannya turis tersebut banyak menemukan jenis pohon yang sejenis dan pohonnya akan selalu berwarna hijau meskipun pada musim dingin ataupun musim panas. Daerah yang dijelajahi oleh turis tersebut termasuk kedalam bioma ….
- Tundra
- Taiga
- Gurun
- Stepa
- Chaparral
Kunci : B
Pembahasan :
Bioma yang memiliki jenis hutan yang hanya terdiri dari satu jenis pohon saja (hutan konifer) disebut dengan bioma taiga. Bioma taiga adalah bioma yang terdapat di skandinavia, rusia, siberia, alaska dan amerika utara. Ciri-ciri bioma taiga antara lain :
- Memiliki musim dingin yang panjang
- Hutan homogen atau variasi tumbuhan sedikit
- Tumbuhan yang mendominasi adalah tumbuhan konifer atau tumbuhan yang berdaun jarum seperti pinus, cemara, juniper, cedar dan balsam fir
- Daun selalu berdaun hijau pada musim dingin maupun musim panas.
Dengan demikian jawabannya adalah B.
Topik : Klasifikasi pada Makhluk Hidup
Subtopik : sistem klasifikasi makhluk hidup
Level : HOTS
3. Pernyataan yang tepat berdasarkan pohon filogeni di bawah ini adalah…
- Canidae memiliki hubungan lebih dekat dengan Mustelidae dibandingkan dengan Felidae
- Canis latrans bukan merupakan hasil evolusi dari Canis lupus
- Panthera pardus memiliki nenek moyang yang sama dengan hewan lain pada tingkat family
- Jalur evolusi antara Canidae dan Mustelidae berbeda
- Lutra lutra kemungkinan merupakan hasil evolusi Felidae
Kunci : A
Pembahasan :
Berdasarkan pohon filogeni di atas, dapat disimpulkan bahwa canidae memiliki hubungan yang lebih dekat dengan Mustelidae dibandingkan dengan Felidae. Canis latrans bukan merupakan hasil evolusi dari Canis lupus . Canis lupus dan Canis latrans berbeda spesies, namun memiliki kesamaan pada tingkat genus yaitu Canis. Panthera pardus memiliki nenek moyang yang berbeda dengan hewan lain pada tingkat family karena memiliki family yang berbeda dengan hewan lainnya. Jalur evolusi Canidae, Mustilidae, dan Felidae berbeda. Lutra lutra bukan merupakan hasil evolusi Felidae karena Lutra lutra Mustelidae.
Jadi, jawaban yang tepat adalah A.
Topik : Klasifikasi pada Makhluk Hidup
Subtopik : sistem klasifikasi makhluk hidup
Level : LOTS
4. Daftar yang memuat sejumlah keterangan suatu makhluk hidup yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan kelompok makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya disebut ….
- kunci dikotomi
- pengelompokan
- kunci determinasi
- animalia
- klasifikasi
Kunci : C
Pembahasan :
Kunci determinasi adalah salah satu cara mengelompokkan makhluk hidup melalui pengamatan atau observasi langsung terhadap ciri-ciri morfologi. Berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri- ciri morfologi yang diamati maka dapat ditentukan kekerabatan dan klasifikasi dari makhluk hidup tersebut.
Jadi, jawaban yang tepat adalah C.
Topik : Virus
Subtopik : ciri/ karakteristik virus
Level : LOTS
5. Para ahli biologi memiliki istilah dalam mendeskripsikan virus, yaitu mampu “meminjam ” kehidupan. Virus dikatakan memiliki kemampuan tersebut dikarenakan…
- Memiliki beberapa karakteristik yang sama dengan makhluk hidup
- Hanya menunjukkan karakteristik mahluk hidup ketika di dalam tubuh sel inangnya
- Dapat memperbanyak diri seperti mahluk hidup
- Dapat beradaptasi dan berevolusi seperti makhluk hidup
- Virus tersusun atas beberapa macam molekul
Kunci : B
Pembahasan :
Virus memenuhi beberapa karakteristik makhluk hidup yaitu, virus memiliki struktur tubuh, dapat memperbanyak diri, memiliki kemampuan beradaptasi. Namun virus hanya mampu bereplikasi pada sel inang yang hidup, sering disebut sebagai parasit obligat.
Jadi, jawaban yang tepat adalah B.
Topik : Keanekaragaman Hayati
Subtopik : Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati
Level Kognitif : HOTS
6. Seorang siswa melakukan observasi terhadap flora dan fauna yang dilestarikan di beberapa daerah di Indonesia. Hasil observasi tersebut dapat dilihat pada tabel berikut.
Berdasarkan tabel tersebut, pernyataan yang tepat terkait upaya pelestarian flora dan fauna tersebut adalah …
A. Flora dan fauna pada nomor 1 dapat dikonservasikan di taman nasional karena dapat mempertahankan ekosistem asli.
B. Fauna pada nomor 2 dapat dikonservasikan di suaka margasatwa karena termasuk fauna liar dan terancam punah.
C. Fauna pada nomor 3 dapat dikonservasikan di kebun binatang karena fauna perlu dirawat dan dilestarikan.
D. Flora pada nomor 4 dapat dikonservasikan di cagar alam karena memiliki ciri yang khas dan terancam punah.
E. Fauna pada nomor 5 dapat dikonservasikan di kebun raya karena dapat bermanfaat sebagai sarana edukasi.
Kunci : B
Pembahasan :
Upaya pelestarian keanekaragaman hayati disebut juga sebagai konservasi. Konservasi dibedakan menjadi dua, yaitu konservasi in situ dan konservasi ex situ. Perbedaan kedua jenis konservasi tersebut sebagai berikut.
A. Konservasi in situ
Konservasi in situ merupakan konservasi yang dilakukan di dalam habitat aslinya. Konservasi in situ dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya cagar alam, suaka margasatwa, dan taman nasional.
1. Cagar alam
Cagar alam adalah kawasan konservasi flora, fauna, dan ekosistemnya. Suatu kawasan yang dijadikan sebagai cagar alam harus memiliki keunikan atau kekhasan dari keanekaragaman hayati dan terancam punah. Contoh kawasan cagar alam adalah Cagar alam di Maninjau Agam, Sumatera Barat. Kawasan tersebut melindungi flora Rafflesia jenis tuan mudae dan kantong semar serta berbagai fauna, seperti harimau sumatera, kambing hitam, siamang, dan kijang (pilihan jawaban D tidak tepat).
2. Suaka margasatwa
Suaka margasatwa adalah kawasan konservasi yang berfokus pada fauna liar dan terancam punah. Contoh kawasan suaka margasatwa adalah Suaka Margasatwa Lamandau di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Kawasan tersebut melindungi beberapa fauna, seperti orang utan, bekantan, dan beruang madu (pilihan jawaban B tepat).
3. Taman nasional
Taman nasional adalah kawasan konservasi yang mempertahankan ekosistem asli suatu wilayah tertentu. Kawasan ini dikelola dengan sistem zonasi untuk tujuan penelitian, pendidikan, dan ilmu pengetahuan. Contoh taman nasional adalah Taman Nasional Ujung Kulon di Pandeglang Banten. Taman Nasional Ujung Kulon melindungi badak bercula satu, anjing hutan, dan owa jawa (pilihan jawaban tidak tepat).
B. Konservasi ex situ
Konservasi ex situ merupakan konservasi yang dilakukan di luar habitat aslinya. Konservasi ex situ dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya kebun binatang dan kebun raya.
1. Kebun binatang
Kebun binatang adalah tempat untuk melihat, merawat, dan menjaga kelestarian fauna. Kebun binatang juga sering dijadikan sebagai objek wisata, edukasi, dan penelitian. Contoh kebun binatang adalah Kebun Binatang Surabaya di Jawa Timur. Kebun binatang tersebut melestarikan berbagai fauna diantaranya komodo, harimau putih, dan burung jalak (pilihan jawaban C tidak tepat).
2. Kebun raya
Kebun raya merupakan tempat yang ditanami berbagai macam tumbuhan untuk penelitian, edukasi, dan wisata. Contoh kebun raya adalah Kebun Raya Bogor di Jawa Barat. Kebun Raya Bogor melestarikan berbagai flora diantaranya Rafflesia patma, anggrek, dan bunga lotus (pilihan jawaban E tidak tepat).
Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.
Topik: Ruang Lingkup Biologi
Subtopik: Tingkat Organisasi Kehidupan
7. Terdapat sekumpulan domba yang ada di padang rumput. Sekumpulan domba tersebut merupakan .…
- organisme
- populasi
- komunitas
- individu
- ekosistem
Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Organisme adalah individu tunggal contohnya, seekor hewan, sebatang tumbuhan, dan seorang manusia.
Populasi adalah kumpulan spesies atau organisme sejenis pada suatu tempat dan waktu tertentu. Contohnya sekumpulan domba di padang rumput.
Komunitas adalah sekumpulan populasi makhluk hidup pada suatu wilayah tertentu dan saling berinteraksi satu sama lain.
Ekosistem adalah kesatuan komunitas dan lingkungan hidupnya yang saling berinteraksi dan membentuk hubungan timbal balik.
Jadi, jawaban yang sesuai adalah pilihan B.
Baca juga: Ruang Lingkup Biologi dan Tingkatan Organisasi Kehidupan
Topik: Keanekaragaman Hayati
Subtopik: Keanekaragaman Hayati di Indonesia
8. Berikut yang merupakan flora khas Papua adalah ….
- meranti dan kayu eboni
- damar dan cendana
- keruing dan langusei
- pala dan matoa
- matoa dan kayu manis
Kunci Jawaban: E
Pembahasan:
Bunga Rafflesia – Sumatera
Kayu Eboni – Bagian Tengah (Sulawesi Tengah)
Matoa – Bagian Timur (Papua)
Cendana – Bagian Tengah (Nusa Tenggara Timur)
Keruing – Bagian Barat (Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Madura)
Kayu Ulin – Kalimantan
Durian – Asia Tenggara
Anggrek Hitam – Bagian Barat (Kalimantan Timur)
Anggrek – Papua
Maka, jawaban yang tepat adalah E.
Topik: Klasifikasi Makhluk Hidup
Subtopik: Sistem Klasifikasi pada Makhluk Hidup
9. Perhatikan cara penulisan beberapa makhluk hidup berikut ini!
1) Mangifera indica
2) Musa paradisiaca
3) Solanum lycopersicum
4) Pantheratigris
5) Hibiscus Rosa-sinensis
Tata cara penulisan nama makhluk hidup dengan sistem Binomial nomenklatur yang tepat adalah …
- 1, 3, dan 5
- 1, 3, dan 4
- 2, 3, dan 5
- 2, 3, dan 5
- 2, 4, dan 5
Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
- Tata cara penulisan nama ilmiah (Binomial nomenclature):
- Terdiri dari dua kata
- Huruf pertama pada kata pertama diawali dengan huruf kapital
- Ditulis miring, atau ditebalkan, atau digaris bawahi
Jawaban nomor 1 sudah tepat kerana memenuhi aturan dalam penulisan nama ilmiah berdasarkan poin poin diatas
Jawaban nomor 2 salah karena dalam penamaan tidak dicetak miring atau ditebalkan atau digaris bawahi
Jawaban nomor 3 salah karena dalam penulisan nama ilmiah cukup kata pertama saja yang diawali huruf kapital
Jawaban nomor 4 salah karena hanya terdiri dari satu kata
Jawaban nomor 5 salah karena kata kedua diawali dengan menggunakan huruf kapital
Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.
Topik: Virus
Subtopik: Ciri Khas dan Struktur Biokimiawi Virus
10. Perhatikan gambar struktur virus bakteriofage berikut ini!
Selubung protein penyusun virus ditunjukkan oleh nomor .
- 5
- 4
- 3
- 2
- 1
Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Bagian-bagian dari virus Bakteriofage sebagai berikut:
1= Kepala virus
2= Selubung protein/Kapsid
3= DNA atau RNA virus, materi genetik yang berperan besar untuk replikasi diri.
4= Leher virus
5= Kaki virus untuk adsorpsi/melekat pada inang.
Maka, jawaban yang tepat adalah D.
Baca juga: Virus dan Bakteri, Apa Perbedaannya?
Topik: Virus
Subtopik: Struktur Virus
11. Di bawah ini adalah beberapa macam organel sel:
- DNA
- RNA
- Ribosom
- Sitoplasma
- Membran sel
Struktur yang dapat dimiliki oleh virus adalah .…
- I dan II
- I atau II
- II dan IV
- II dan V
- III dan V
Kunci Jawaban: A
Pembahasan :
Virus merupakan makhluk aseluler atau dikatakan juga sebagai partikel yang bisa melakukan reproduksi (memperbanyak diri), virus dikelompokkan ke dalam metaorganisme (peralihan antara makhluk hidup dan benda mati). Virus memiliki struktur materi genetik berupa DNA atau RNA. Virus tidak memiliki membran sel, sitoplasma maupun ribosom selayaknya sel makhluk hidup.
Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.
FISIKA
Topik : Vektor
Subtopik : Aplikasi Vektor (Resultan dua vektor)
Level : LOTS
1. Resultan ketiga vektor di bawah ini adalah
- 24 N
- 16 N
- 12 N
- 10 N
- 4 N
Kunci: E
Pembahasan:
Sumbu X:
Maka besar resultan ketiga gaya tersebut adalah
Jadi, jawaban yang benar adalah E.
Topik : Vektor
Subtopik : Aplikasi Vektor Pada Usaha, Momen Gaya dan Kemagnetan
Level : MOTS
2. Andi mengeluarkan gaya 100 N untuk menarik balok yang sedang diam dan berada pada bidang datar licin. Andi menarik gaya dengan membentuk sudut 53° terhadap arah vertikal. Andi ingin memindahkan balok tersebut sejauh x dengan melakukan usaha sebesar 640 J. Nilai x adalah….
- 16 m
- 12 m
- 8,0 m
- 6,4 m
- 2,4 m
Kunci: C
Pembahasan:
Jadi, jawaban yang benar adalah B.
Topik : Gerak Lurus
Subtopik : Gerak Lurus Berubah Beraturan
Level : HOTS
3. Rahmat mengendarai mobil dengan kecepatan 90 km/jam, tiba-tiba melihat seorang anak kecil di tengah jalan pada jarak 200 m di depannya. Jika mobil direm dengan perlambatan maksimum sebesar 1,25 m/s2 yang terjadi adalah…
- Mobil tepat akan berhenti di depan anak
- Mobil langsung berhenti
- Mobil berhenti waktu menabrak anak itu
- Mobil berhenti jauh di depan anak itu
- Mobil baru berhenti setelah menabrak anak itu
Kunci: E
Pembahasan:
Sehingga
Mobil setelah direm baru berhenti pada jarak 250m. Jika jarak si anak 200m, artinya mobil baru berhasil berhenti setelah menabrak anak itu.
Jadi, jawaban yang benar adalah E.
Topik : Gerak Lurus
Subtopik : Gerak Vertikal
Level : MOTS
4. Bola A dilemparkan vertikal ke atas dengan kecepatan 10 m/s. Satu detik kemudian dari titik yang sama bola B dilempar vertikal ke atas pada lintasan yang sama dengan kecepatan 25 m/s. Tinggi yang dicapai bola B saat bertemu dengan bola A adalah…
- 4,8 m
- 5,0 m
- 5,2 m
- 4,6 m
- 5,4 m
Kunci: A
Pembahasan:
Dalam menyelesaikan soal di atas, besaran vektor yang arahnya ke atas diberi tanda positif (+) , besaran vektor yang arahnya ke bawah diberi tanda negatif (-).
Diketahui:
Ditanya:
* Selang waktu bola A berasa di udara sebelum bertemu bola B = 1,2 s
* Selang waktu bola B berada di udara sebelum bertemu bola 1,2 – 1 = 0,2 s
* Tinggi yang dicapai bola A saat bertemu dengan bola B (h):
* Tinggi yang dicapai bola B saat bertemu dengan bola A (h):
Sehingga jawaban yang benar untuk ketinggian bola A bertemu dengan bertemu bola B adalah 4,8 m.
Jadi, jawaban yang benar adalah A.
Topik : Gerak parabola
Subtopik : Kecepatan minimum
Level : MOTS
5. Seorang pemain basket berdiri pada lapangan basket sejauh 10 m dari posisi jaring. Tinggi pemain tersebut adalah 2 m, dan tinggi jarring adalah 3,05 m. Dia sedang berlatih melakukan lemparan jarak jauh dari posisi tersebut. Dia berlatih melemparkan bola basket dengan sudut 40° dengan bidang horizontal dan bola tepat lurus ketinggian kepalanya. Kecepatan lemparan bola agar bola tepat masuk ke lubang jaring adalah…
- 10,8 m
- 11 m
- 11,2 m
- 11,4 m
- 11,6 m
Kunci: C
Pembahasan:
* Jarak horizontal bola
* Jarak vertikal bola
*Subtitusi pers (1) ke (2)
Jadi, jawaban yang benar adalah C.
Topik : Besaran dan Satuan
Subtopik : Pengukuran
Level Kognitif : MOTS
6. Perhatikan tabel berikut!
Pasangan yang tepat terkait besaran pokok dan alat ukur adalah ….
A. A-1, B-2, C-3, dan D-4
B. A-2, B-4, C-1, dan D-3
C. C-1, B-4, C-3, dan D-2
D. C-1, B-3, C-4, dan D-2
E. C-1, B-3, C-4, dan D-2
Kunci : B
Pembahasan :
Pasangan yang tepat terkait besaran pokok dan alat ukur sebagai berikut.
Dengan demikian, pasangan yang tepat adalah A-2, B-4, C-1 dan D-3.
Jadi, jawaban yang tepat adalah B.
Topik: Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah
Subtopik: Hakikat Fisika
7. Sebagai cabang dari sains, hakikat ilmu fisika adalah sebagai ….
- proses, produk, dan pengetahuan
- produk, pengamatan, dan sikap
- pengetahuan, proses, dan produk
- proses, produk, dan sikap
- sikap, pengetahuan, dan produk
Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Sebagai cabang dari sains, hakikat ilmu fisika adalah proses dari pengamatan melalui eksperimen, dan dari proses tersebut dapat dihasilkan produk bisa berupa hukum, postulat, teori ataupun teknologi dari proses tersebut, dan dari proses dan produk dapat membentuk sikap ilmiah.
Maka, jawaban yang tepat adalah D.
Topik: Besaran dan Satuan
Subtopik: Besaran Pokok dan Besaran Turunan
8. Di bawah ini yang merupakan kelompok besaran vektor adalah .…
- gaya, berat dan massa
- perpindahan, laju, dan kecepatan
- kecepatan, momentum, dan berat
- percepatan, kecepatan dan daya
- gaya, daya dan usaha
Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Besaran vector adalah besaran yang memiliki nilai/besar dan arah. Contohnya: kecepatan, momentum, berat, perpindahan, gaya, dan percepatan.
Maka, jawaban yang tepat adalah C.
Topik: Besaran dan Satuan
Subtopik: Penggunaan Alat Ukur
9. Widi melakukan percobaan di laboratorium. Ia melakukan pengukuran pelat tipis dengan menggunakan jangka sorong. Dari hasil pengukuran diperoleh panjang 2,20 cm dan lebar 36 cm. Luas pelat tersebut menurut aturan penulisan angka penting adalah ….
- 79,00 cm2
- 79,20 cm2
- 79,2 cm2
- 79 cm2
- 79,1cm2
Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Panjang = 2,20 cm (3 AP)
Lebar = 36 cm (2 AP)
Luas = Panjang x lebar
Luas = 2,20 x 36
Luas = 79,20 cm2 (bulatkan menjadi 2 AP)
Maka, jawaban yang tepat adalah D.
Topik: Vektor
Subtopik: Notasi dan Komponen Vektor
10. Sebuah gaya sebesar F newton memiliki arah 30° terhadap garis horizontal. Komponen gaya pada sumbu x dan sumbu y berturut-turut adalah ….
- Fx = 0,5 F; Fy = 0,5√2 F
- Fx = 0,5√2 F; Fy = 0,5 F
- Fx = 0,5√2 F; Fy = 0,5√2 F
- Fx = 0,5 F; Fy = 0,5√3 F
- Fx = 0,5√3 F; Fy = 0,5 F
Kunci Jawaban: E
Pembahasan:
Komponen gaya pada sumbu x (Fx) dan sumbu y (Fy) berturut-turut adalah
Maka, jawaban yang tepat adalah E.
Topik: Vektor
Subtopik:
Perhatikan 2 vektor di bawah ini.
11. Besar resultan kedua vektor tersebut adalah ….
Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Diketahui: A = 10N
B = 20N
θ=600
Ditanyakan: R = …?
Maka, jawaban yang tepat adalah A.
KIMIA
Topik : Ilmu Kimia dan Ruang Lingkupnya
Subtopik : Metode Ilmiah
Level : HOTS
1. Metode ilmiah adalah suatu urutan sistematis dari tahapan-tahapan penelitian ilmiah. Stenley akan melakukan metode ilmiah, yaitu meneliti “Pengaruh Penggunaan Pupuk Cair terhadap Pertumbuhan Tanaman Bayam”. Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:
- Melakukan percobaan dengan menggunakan pupuk cair dari berbagai merek.
- Mengamati masalah yang terjadi di kebun bayam.
- Menganalisis pupuk cair yang paling efektif.
- Melakukan kajian literatur mengenai pupuk cair dan bayam.
Urutan langkah-langkah yang tepat sesuai dengan tahapan dalam metode ilmiah adalah ….
- 1), 2), 3), 4)
- 2), 4), 1), 3)
- 2), 1), 3), 4)
- 4), 2), 1), 3)
- 2), 1), 4), 3)
Jawaban: B
Pembahasan:
Berdasarkan percobaan yang dilakukan Stenley:
- Mengamati masalah yang terjadi di kebun bayam. (identifikasi masalah) [2]
- Melakukan kajian literatur mengenai pupuk cair dan bayam. (menyusun dasar teori) [4]
- Melakukan percobaan dengan menggunakan pupuk cair berbagai merek. (menguji hipotesis) [1]
- Menganalisis pupuk cair yang paling efektif. (menganalisis data) [3]
Jadi, urutan langkah langkah yang tepat adalah 2,4,1,3
Jadi, jawaban yang benar adalah B.
Topik : Teori Atom
Subtopik : Teori dan Model Atom Kuantum
Level : LOTS
2. Salah satu teori yang menjadi dasar sehingga terciptanya model atom mekanika kuantum (modern) adalah…..
- Dalton dan Niel Bohr
- Pauli dan Rutherford
- Rutherford dan De Broglie
- Schrodinger dan De Broglie
- Pauli dan Rutherford
Jawaban: D
Pembahasan:
Teori mekanika kuantum didasarkan pada hipotesis de Broglie yang menyatakan bahwa partikel yang berukuran sub-mikroskopis memiliki sifat dualisme partikel yaitu memiliki sifat materi dan gelombang. Schrodinger mengkolaborasikan hipotesis de Broglie dan prinsip ketidakpastian Heisenberg, dia berpendapat bahwa elektron bergerak dalambentuk gelombang sehingga tidak memiliki lokasi yang tepat.
Jadi, jawaban yang benar adalah D.
Topik : Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur
Subtopik : Pendahuluan Struktur Atom
Level : MOTS
3. Suatu atom magnesium melepaskan 2 elektron sehingga membentuk ion Mg2+ Atom Mg memiliki nomor massa 24 dan nomor atom 12. Jumlah elektron ion Mg2+ adalah….
- 12
- 11
- 10
- 24
- 22
Jawaban: C
Pembahasan:
Dari soal diketahui bahwa atom Mg mempunyai nomor atom 12 dan no massa 24 notasinya adalah 1224Mg. Atom Mg akan menjadi ion Mg2+ dengan melepas 2 elektron sehingga atom Mg akan kehilangan 2 elektron.
Jumlah eletron Mg2+ = 12-2 = 10 elektron
Jadi, jawaban yang benar adalah C.
Topik : Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur
Subtopik : Konfigurasi Elektron dan Diagram Orbital
Level Soal : MOTS
4. Konfigurasi elektron untuk kelima atom K, L, M, N dan O sebagai berikut
Unsur |
Konfigurasi |
K |
1s2 2s2 2p5 3s1 |
L |
1s2 2s2 2p6 3s1 3p2 |
M |
1s2 2s2 2p6 3s2 3p5 3d1 |
N |
1s2 1s2 2p6 3s2 3p6 4s1 |
O |
1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d1 |
Pengisian elektron yang benar menurut aturan Aufbau dan Hund adalah …
- K dan M
- L dan N
- M dan N
- N dan O
- K dan M
Jawaban : D
Pembahasan :
Konfigurasi atom
Konfigurasi elektron
Sehingga pengisian orbital 3p setelah 3s penuh. Pengisian orbital 3d setelah 4s penuh.
Jadi, jawaban yang benar adalah D.
Topik : Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur
Subtopik : Bilangan Kuantum dan Bentuk Orbital
Level Soal : HOTS
5. Atom A memiliki keempat bilangan kuantum berturut-turut n = 5, l =1, m = -1, S = – ½. Ion yang mungkin untuk atom A agar memiliki konfigurasi seperti Xenon (Z = 54) adalah …
- A+
- A2+
- A–
- A2-
- A3+
Jawaban: D
Pembahasan:
Atom A memiliki bilangan kuantum n = 5, l =1, m = 0, S = – ½ → 5p4
Sehingga konfigurasi atom A = [kr]5s2 4d10 5p4
Konfigurasi atom Xe = [kr]5s2 4d10 5p6
(A harus menerima 2 elektron agar sama dengan Xe)
Jadi, jawaban yang benar adalah D.
Topik : Ilmu Kimia dan Ruang Lingkupnya
Subtopik : Materi dan Klasifikasinya
Level Kognitif : MOTS
6. Perhatikan materi-materi berikut!
1. Perunggu
2. Gas helium
3. Gas nitrogen
4. Air
5. Gas karbon monoksida
Materi yang merupakan molekul unsur dan molekul senyawa secara berurutan ditunjukkan oleh nomor ….
A. 4 dan 1
B. 3 dan 5
C. 5 dan 2
D. 1 dan 3
E. 2 dan 4
Kunci : B
Pembahasan :
Materi atau zat adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Materi terdiri atas unsur, senyawa, dan campuran. Unsur adalah materi yang tersusun dari satu jenis atom. Contoh unsur adalah gas helium (He) pada nomor 2.
Senyawa adalah molekul yang tersusun dari dua unsur atau lebih. Berdasarkan jenis unsurnya, senyawa dibagi menjadi 2, yaitu sebagai berikut.
1. Molekul unsur tersusun dari unsur yang sejenis. Contoh molekul unsur adalah gas nitrogen pada nomor 3. Gas nitrogen terdiri dari dua unsur yang sama, yaitu nitrogen (N).
2. Molekul senyawa tersusun dari unsur yang berbeda jenis. Contoh molekul senyawa adalah air dan gas karbon monoksida pada nomor 4 dan 5. Air tersusun dari unsur hidrogen (H) dan unsur oksigen (O), sedangkan gas karbon monoksida (CO) tersusun dari unsur karbon (C) dan unsur oksigen (O).
Lalu, campuran adalah materi yang terdiri dari dua zat atau lebih yang bercampur. Contoh campuran adalah perunggu pada nomor 1. Perunggu merupakan paduan logam yang terdiri dari timah (Sn), tembaga (Cu), dan beberapa logam lain. Dengan demikian, molekul unsur dan molekul senyawa secara berurutan ditunjukkan oleh nomor 3 dan 5.
Jadi, jawaban yang tepat adalah B.
Topik: Kimia dan Ruang Lingkupnya
Subtopik: Materi dan Klasifikasinya
Perhatikan perubahan materi berikut!
- Kertas yang terbakar
- Es yang mencair
- Sumbu lilin yang terbakar
- Terlarutnya gula dalam air
- Iod yang menyublim
- Warna pakaian memudar
7. Perubahan yang menghasilkan zat baru ditunjukkan oleh nomor ….
- (1), (2), dan (4)
- (1), (3), dan (6)
- (2), (4), dan (5)
- (2), (5), dan (6)
- (3), (4), dan (6)
Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
- Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat baru. Adapun contoh perubahan fisika adalah es yang mencair, larutnya gula dalam air, dan iod yang menyublim
- Perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan zat baru ditandai dengan adanya perubahan warna, terbentuk gas, dan terbentuknya endapan. Adapun contoh perubahan kimia adalah kertas yang terbakar, sumbu lilin yang terbakar, dan pakaian yang memudar
Maka, jawaban yang tepat adalah B.
Topik: Teori Atom
Subtopik: Teori Atom dan Model Chadwick
8. Ilmuwan yang berhasil menemukan neutron adalah ….
- William Crookes
- Goldstein
- James Chadwick
- Sir Humphry Davy
- J. J. Thomson
Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
- William Crookes: mengemukakan bahwa sinar katoda merupakan partikel-partikel yang bermuatan negatif
- Goldstein: penemu proton
- James Chadwick: penemu neutron
- Sir Humphry Davy: mengemukakan bahwa gas menjadi penghantar yang lebih baik pada tekanan rendah
Maka, jawaban yang tepat adalah C.
Topik: Struktur Atom
Subtopik: Partikel Penyusun Atom
9. Jika suatu atom mempunyai proton 22 dan jumlah neutron adalah 34. Pernyataan yang benar adalah ….
- nomor massa = 56, nomor atom = 22
- nomor massa = 22, nomor atom = 56
- nomor massa = 34, nomor atom = 22
- nomor massa = 22, nomor atom = 34
- nomor massa = 68, nomor atom = 22
Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
1. Tentukan proton dan neutron
proton = 22
neutron = 34
2. Tentukan Nomor atom
Nomor atom = proton = 22
3. Tentukan Nomor massa
Nomor massa = proton + neutron
Nomor massa = 22 + 34
Nomor massa = 56
4. Menarik kesimpulan
Nomor atom = 22 dan nomor massa = 56
Maka, jawaban yang tepat adalah A.
Topik: Konfigurasi Elektron & Bilangan Kuantum
Subtopik: Konfigurasi Elektron Bohr dan Stoner
10. Elektron valensi atom dengan konfigurasi 2,8,8,6 adalah ….
- 2
- 6
- 8
- 18
- 24
Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
- Elektron valensi adalah elektron pada kulit terakhir.
- Elektron terakhir pada konfigurasi 2,8,6 jatuh pada angka 6
- Sehingga elektron valensinya adalah 6
Maka, jawaban yang tepat adalah B.
Topik: Konfigurasi Elektron & Bilangan Kuantum
Subtopik: Konfigurasi Elektron Bohr dan Stoner
11. Bilangan kuantum yang menunjukkan posisi elektron dalam orbital adalah ….
- bilangan kuantum utama
- bilangan kuantum magnetik
- bilangan kuantum spin
- bilangan kuantum azimuth
- bilangan kuantum ruang
Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Bilangan kuantum magnetik (m) adalah bilangan kuantum yang menunjukkan posisi elektron dalam orbital. Orbital pada bilangan kuantum magnetik jumlahnya sesuai dengan bilangan kuantum azimuthnya (l).
Maka, jawaban yang tepat adalah D.
—
Itu dia soal dan pembahasan PTS kelas 10 IPA tahun 2024. Tenang, di artikel berikutnya kita akan membahas soal untuk kelas 11 dan 12. So, stay tune! Kalau belum ngerti sama pembahasan di atas, kamu bisa langganan Brain Academy Online. Gurunya super sabar dan asyik banget. Lagi ada diskon PTS juga hingga 50%, loh! Buruan jangan sampai ketinggalan ya.