Ide Pokok: Pengertian, Cara Menentukan, Ciri & Contoh

Ide pokok

Dalam soal Bahasa Indonesia, kita seringkali diminta menentukan ide pokok dari bacaan. Bagaimana cara menemukan ide pokok sebuah paragraf? Yuk, kita bahas!

Udah capek-capek baca tulisan, tetapi masih belum paham? Wah, bisa jadi kamu belum ketemu ide pokoknya tuh!

Pertanyaan mengenai ide pokok hampir selalu ada di soal Bahasa Indonesia sejak kita duduk di bangku SD sampai UTBK SNBT. Ide pokok memang sepenting itu guys, karena kalau kita nggak tahu ide pokok dari sebuah bacaan, kita jadi bingung inti informasi yang hendak disampaikan.

Terus, gimana cara menentukan ide pokok? Yuk, simak di artikel ini!

 

Pengertian Ide Pokok

Apa itu ide pokok? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide pokok artinya rancangan, gagasan, atau cita-cita yang tersusun dalam pikiran. Nah, kalau kita pahami dari sudut pandang soal Bahasa Indonesia, ide pokok adalah sebuah topik atau pesan yang dibahas dalam sebuah paragraf. 

Oh iya, ide pokok juga punya nama lain loh! Ide pokok dapat disebut sebagai kalimat utama, gagasan pokok, gagasan utama, gagasan pikiran, dan pokok pikiran. Jadi, kalau kamu ketemu soal yang menanyakan hal ini, jangan bingung ya.

 

Ciri-Ciri Ide Pokok

Supaya lebih mudah, ide pokok sebuah paragraf bisa kita jumpai dengan melihat ciri-ciri berikut:

  1. Ide pokok diikuti oleh kalimat penjelas atau kalimat pendukung untuk menjelaskan lebih lanjut. 
  2. Ide pokok biasanya menjadi sebagai pusat atau inti pembahasan.
  3. Ide pokok memuat informasi yang lebih umum.
  4. Ide pokok dapat berdiri sendiri meskipun kalimat pendukungnya diganti atau dihilangkan.

 

Baca juga: Gimana Sih Cara Menulis Kalimat yang Efektif? Simak Ciri dan Contohnya

 

Fungsi Ide Pokok

Dalam satu paragraf hanya terdapat satu ide pokok. Fungsinya untuk membantu pembaca memahami pesan atau argumen yang ingin disampaikan. Ide pokok juga berfungsi untuk merangkum keseluruhan kalimat yang terdapat pada paragraf.

Nah, dari sisi penulis, peran ide pokok tak kalah penting loh. Adanya ide pokok memudahkan mereka untuk menyampaikan informasi yang terstruktur, jelas, efektif, serta tidak keluar dari topik yang dibahas.

 

Cara Menentukan Ide Pokok

Untuk menemukan ide pokok dalam sebuah bacaan, kamu dapat menggunakan teknik skimming. Dengan skimming, kamu bisa menentukan ide pokok lebih cepat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Perhatikan judul bacaan.
  2. Tandai kalimat atau kata penting.
  3. Simak kalimat yang terdapat pada awal atau akhir paragraf.
  4. Jika ada, kamu juga bisa menemukan ide pokok lewat infografis di paragraf tersebut.

 

Baca juga: Macam-macam Konjungsi, Ciri, dan Contoh Kalimatnya

 

Letak Ide Pokok

Kebanyakan dari kita menganggap ide pokok hanya terletak pada paragraf pertama. Padahal, kita bisa menemukan ide pokok di awal, akhir, atau campuran antara awal dan akhir paragraf. Berikut contohnya:

1. Paragraf Deduktif

Pada paragraf deduktif, kita dapat menemukan ide pokok atau gagasan utama pada awal paragraf. Ide pokok atau gagasan utama akan diutarakan terlebih dahulu kemudian diikuti dengan kalimat penjelas sebagai kalimat pendukung. Karenanya, paragraf deduktif mempunyai alur tulisan dari khusus ke umum. Dalam paragraf ini, hal-hal yang menjadi inti pembicaraan telah disampaikan di kalimat awal sebelum menuliskan ide pendukung lainnya.

Contoh:

Pendidikan merupakan kunci utama untuk membuka pintu kesuksesan dalam kehidupan. Pertama, melalui pendidikan, seseorang memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di dunia pekerjaan. Dengan memahami konsep-konsep dasar dan mengembangkan keterampilan tertentu, individu dapat menemukan peluang karir yang lebih baik. Kedua, pendidikan juga membantu membentuk karakter dan kepribadian. Nilai-nilai moral dan etika yang diajarkan di sekolah memainkan peran penting dalam membentuk individu yang bertanggung jawab dan peduli terhadap masyarakat. Terakhir, pendidikan membuka pintu akses ke berbagai peluang. Dengan memiliki latar belakang pendidikan yang baik, seseorang dapat mengakses peluang pendidikan lanjutan, pelatihan pekerjaan, dan pengembangan diri yang dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Ide pokok paragraf ini terletak pada kalimat pendidikan merupakan kunci utama untuk membuka pintu kesuksesan dalam kehidupan”. Ide pokok kemudian diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas yang menerangkan alasan pendidikan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

 

2. Paragraf Deduktif

Pada paragraf induktif, kita dapat menemukan ide pokok atau gagasan utama ada di akhir paragraf. Kalimat penjelas sebagai kalimat pendukung akan diutarakan terlebih dahulu kemudian diakhiri dengan ide pokok atau gagasan utama suatu paragraf. Itu sebabnya paragraf induktif memiliki alur penulisan dari umum ke khusus. Pada paragraf ini, awal kalimat membahas hal yang bersifat umum, kemudian baru ide pokoknya dituliskan di akhir kalimat. 

Contoh:

Yoga, olahraga yang berasal dari India telah menjadi fenomena global dalam mewujudkan hidup sehat. Dengan menggabungkan gerakan tubuh, pernapasan, dan pemikiran, yoga tidak hanya membentuk kebugaran fisik, tetapi juga memberikan dampak positif secara menyeluruh. Melalui latihan postur tubuh, yoga meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan, menciptakan manfaat nyata untuk kondisi fisik kita. Selain itu, fokus pada teknik pernapasan membantu meredakan stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Kesimpulannya, yoga bukan hanya latihan, melainkan suatu pendekatan holistik yang merangkul kesehatan dan keseimbangan dalam segala aspek kehidupan.

Ide pokok paragraf ini terletak pada kalimat yoga bukan hanya latihan, melainkan suatu pendekatan holistik yang merangkul kesehatan dan keseimbangan dalam segala aspek kehidupan. Kalimat terakhir ini merangkum kalimat sebelumnya yang berada di awal dan tengah paragraf.

 

3. Paragraf Campuran

Paragraf Campuran yang disebut juga paragraf deduktif-induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terdapat di awal dan akhir. Meski terdapat dua kali pemunculan kalimat utama, bukan berarti gagasan utamanya ada dua. Adanya dua kalimat utama itu hanya sebagai bentuk pengulangan gagasan utama sekaligus untuk mempertegas informasi yang disampaikan.

Contoh:

Hutan memiliki manfaat yang luar biasa bagi manusia. Di hutan tumbuh bermacam-macam tumbuhan yang dapat mencegah banjir, erosi, dan tanah longsor. Hewan-hewan juga dapat hidup bebas di hutan, kita juga dapat memanfaatkan hutan sebagai tempat wisata dan cadangan oksigen. Sayangnya, banyak oknum yang serakah yang membabat habis hutan demi kepentingan pribadi. Maka dari itu, penting untuk menjaga hutan demi keberlangsungan hidup anak cucu kita.

Ide pokok paragraf ini terletak pada kalimat pertama hutan memiliki manfaat yang luar biasa bagi manusia” dan kalimat terakhir yaitu “penting menjaga hutan demi keberlangsungan hidup anak cucu kita”.

 

Baca juga: Strategi Menjawab Soal Literasi Bahasa Indonesia di SNBT, Wajib Tahu!

 

Contoh Ide Pokok

Contoh Ide Pokok 1

Kini pembuatan makanan berbahan dasar buah mangrove sudah mulai dikembangkan. Salah satu kelompok masyarakat yang berupaya untuk terus mengembangkannya adalah ibu-ibu nelayan di Balikpapan. Meskipun tidak langsung berhasil, akhirnya mereka berhasil memanfaatkan beberapa jenis mangrove menjadi aneka makanan, seperti kolak, sayur, dan permen. Hal tersebut dilakukan dalam upaya memanfaatkan buah mangrove menjadi makanan yang lebih berguna dan bernilai ekonomi tinggi. 

Ide pokok: Pengembangan makanan berbahan dasar buah mangrove. 

Kalimat utama: Kini pembuatan makanan berbahan dasar buah mangrove sudah mulai dikembangkan.

 

Contoh Ide Pokok 2

Diketahui bahwa lebih dari dua ratus rumah dan bangunan mengalami kerusakan, baik sedang maupun berat. Jumlah korban jiwa yang melayang mencapai lima puluh orang. Belum lagi korban yang mengalami luka-luka, jumlahnya lebih dari tiga ratus orang. Orang-orang yang kini selamat dari gempa tersebut kini berusaha untuk bertahan hidup dengan kondisi kekurangan air, pakaian layak, dan makanan. Mereka pun terserang berbagai penyakit kulit karena harus tinggal di pengungsian yang memiliki tingkat sanitasi kurang baik. Gempa yang berpusat di Banten itu memang menimbulkan banyak kerugian bagi masyarakat yang terkena dampaknya. 

Ide pokok: Kerugian akibat gempa di Banten. (Gempa yang berpusat di Banten menimbulkan banyak kerugian.) 

Kalimat utama: Gempa yang berpusat di Banten itu memang menimbulkan banyak kerugian bagi masyarakat yang terkena dampaknya.

 

Contoh Ide Pokok 3

Semua makhluk hidup membutuhkan air. Sebagian besar tubuh makhluk hidup tersusun oleh air, sehingga makhluk hidup perlu minum air untuk bertahan hidup. Sebagai contoh, kandungan air dalam tubuh manusia adalah sekitar 60% – 70% dari berat tubuh. Air sangat penting bagi organ-organ dalam tubuh untuk bekerja dengan baik. Selain untuk minum, air juga dibutuhkan manusia untuk industri dan pertanian. Tumbuhan membutuhkan air untuk bisa tumbuh dan berkembang. Semua makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup tanpa air. 

Ide pokok: Makhluk hidup membutuhkan air

Kalimat utama: 

  • Semua makhluk hidup membutuhkan air. 
  • Semua makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup tanpa air

 

Contoh Ide Pokok 4

Kecelakaan lalu lintas di jalan raya disebabkan oleh berbagai hal. Banyak pemakai jalan raya tidak menaati peraturan lalu lintas. Misalnya kebut-kebutan, melanggar lampu rambu-rambu lalu lintas, dan mau menang sendiri. Selain itu, banyak kendaraan yang tidak dilengkapi spion. Jika semua pemakai jalan raya taat peraturan, maka kecelakaan lalu lintas dapat berkurang.

Ide pokok: Penyebab kecelakaan lalu lintas

Kalimat utama: Kecelakaan lalu lintas di jalan raya disebabkan oleh berbagai hal

 

Contoh Ide Pokok 5

Penyakit influenza adalah penyakit yang sangat mudah ditularkan. Penyakit ini menyebar melalui kontak langsung dari satu orang ke orang lain. Menurut temuan terbaru, penyebaran virus influenza terkait erat dengan kelembaban. Di negara-negara beriklim seperti Amerika Utara dan Eropa, wabah flu biasanya terjadi di musim dingin. Di negara tropis, influenza menyebar di musim hujan.

Ide pokok: Penyebaran influenza yang mudah

Kalimat utama: Penyakit influenza adalah penyakit yang sangat mudah ditularkan.

Oke, sekarang kamu nggak bingung lagi ya kalau ditanya apa itu ide pokok. Selama rajin membaca dan berlatih, kamu bisa kok menjawab soal dengan mudah. Apalagi ada Master Teacher di Brain Academy yang siap membantu. Bisa belajar online atau datang langsung ke cabang terdekat dari rumahmu!

Brain Academy Branch

 

Referensi:

files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/257864-1674693528.pdf 

ruangguru.com/blog/skimming-dan-scanning-membaca-cepat 

brilio.net/ragam/25-contoh-ide-pokok-paragraf-beserta-penjelasannya-simpel-dan-mudah-2209276/contoh-soal-ide-pokok-paragraf.html

(Diakses: 12 Juni 2024)

Salsabila Nanda