15 Contoh Teks Biografi Singkat yang Menginspirasi

Contoh biografi

Membaca teks biografi bisa meningkatkan motivasi dan menginspirasi pembacanya. Yuk, baca contoh teks biografi berbagai tokoh berikut!

Sebelumnya, kita sudah belajar mengenai teks biografi. Agar kamu semakin paham, yuk simak 15 contoh teks biografi berbagai tokoh berikut, mulai dari orang tua, diri sendiri, pahlawan nasional, penemu, dan penulis buku.

 

Pengertian Teks Biografi

Biografi adalah cerita tentang kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biasanya, di dalamnya terdapat informasi tentang sejarah hidup, pengalaman, dan kesuksesan orang yang sedang diceritakan. Biografi sering mengisahkan tokoh-tokoh terkenal atau orang yang telah mencapai prestasi dalam berbagai bidang. Membaca biografi bisa membuat kita lebih paham tentang kehidupan dan memberi inspirasi untuk hidup dengan baik serta berkontribusi positif bagi orang lain.

 

Baca juga: Biografi dan Autobiografi: Pengertian, Contoh, dan Perbedaannya

 

Struktur Teks Biografi

Berikut adalah struktur teks biografi: 

  1. Orientasi: Perkenalan tokoh dan latar belakangnya.
  2. Kejadian penting: Kronologi peristiwa dalam hidup tokoh.
  3. Reorientasi: Opsional, kesimpulan atau komentar penulis tentang tokoh.

 

Contoh Teks Biografi Singkat

Yuk, lihat beberapa contoh teks biografi berbagai tokoh berikut ini. 

1. Contoh Biografi B.J Habibie

B.J. Habibie adalah salah seorang tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Beliau adalah Presiden ketiga Republik Indonesia. Nama dan gelar lengkapnya Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A.Tuti Marini Puspowardojo. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. 

Habibie menjadi yatim sejak kematian bapaknya yang meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung. Setelah ayahnya meninggal, ibunya menjual rumah dan kendaraannya kemudian pindah ke Bandung bersama anak-anaknya. Ibunya membanting tulang membiayai kehidupan anak-anaknya. 

Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas dan selalu memegang prinsip yang diyakini telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda dan membaca ini dikenal sangat cerdas sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar. 

Habibie kemudian menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School. Di SMA, kecerdasan beliau dan prestasinya tampak menonjol,  terutama dalam pelajaran-pelajaran eksakta. Habibie menjadi sosok favorit di sekolahnya. Atas kecerdasannya, setelah tamat SMA di Bandung tahun 1954, beliau masuk ke ITB (Institut Teknologi Bandung). Namun, ia tidak menyelesaikan S1 nya di sana karena mendapatkan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk melanjutkan kuliahnya di Jerman. Habibie terinspirasi pesan Bung Karno tentang pentingnya dirgantara dan penerbangan bagi Indonesia. Oleh karena itu ia memilih jurusan teknik penerbangan dengan spesialisasi konstruksi pesawat terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule (RWTH). 

Demi ibunya yang telah bersusah payah membiayai hidup dan pendidikannya, Habibie belajar dengan sungguh-sungguh. Tekadnya harus jadi orang sukses. Pada saat kuliah di Jerman tahun 1955, di Aachen, 99% mahasiswa Indonesia yang belajar di sana diberi beasiswa penuh. Hanya beliaulah yang memiliki paspor hijau. 

Ketika musim liburan tiba, ia menggunakan waktunya untuk mengikuti ujian dan bekerja. Sehabis masa libur, ia kembali fokus belajar. Gaya hidupnya ini sangat berbeda dibandingkan teman-temannya yang memilih menggunakan waktu liburan musim panas untuk bekerja, mencari pengalaman, tanpa mengikuti ujian. 

Tahun 1960, Habibie berhasil mendapat gelar Diploma Ing, dari Technische Hochschule Jerman dengan predikat cumlaude (sempurna) nilai rata-rata 9,5. Dengan gelar insinyurnya itu, Habibie mendaftar diri untuk bekerja di Firma Talbot, sebuah industri kereta api di Jerman. Pada saat itu Firma Talbot membutuhkan sebuah wagon yang bervolume besar untuk mengangkut barang-barang yang ringan tapi volumenya besar. 

Talbot membutuhkan 1000 wagon. Mendapat tantangan seperti itu, Habibie mencoba mengaplikasikan cara-cara konstruksi membuat sayap pesawat terbang. Metode itu ia terapkan pada wagon dan akhirnya berhasil. 

Habibie kemudian melanjutkan studinya di Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aschen. 

Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie yang kemudian diboyongnya ke Jerman. Hidupnya makin keras. Pada pagi hari, Habibie terkadang harus berjalan kaki cepat ke tempat kerjanya yang jauh untuk menghemat biaya hidup. Ia pulang pada malam hari dan belajar untuk kuliahnya. Demi menghemat, istrinya harus mengantri di tempat pencucian umum untuk mencuci. 

Pada tahun 1965, Habibie mendapatkan gelar Dr. Ingenieur dengan penilaian summa cumlaude (sangat sempurna) dengan nilai rata-rata 10 dari Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aschen. Habibie mendapatkan gelar Doktor setelah menemukan rumus yang ia namai “Faktor Habibie” karena bisa menghitung keretakan atau crack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang. Habibie dijuluki sebagai Mr. Crack. 

Pada tahun 1967, Habibie menjadi Profesor Kehormatan (Guru Besar) pada Institut Teknologi Bandung. Kejeniusan dan prestasi mengantarkan Habibie diakui lembaga internasional, di antaranya Gesellschaft fuer Luft und Raumfahrt (Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar) Jerman, The Royal Aeronautical Society London (Inggris), The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences (Swedia), The Académie Nationale de l’Air et de l’Espace (Perancis), dan The US Academy of Engineering (Amerika Serikat). 

Penghargaan bergengsi yang pernah diraih Habibie adalah Edward Warner Award dan Award von Karman yang hampir setara dengan hadiah Nobel. Di dalam negeri, Habibie mendapat penghargaan tertinggi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Ganesha Praja Manggala Bhakti Kencana. 

Di Indonesia, Habibie menjadi Menteri Negara Ristek/ Kepala BPPT selama 20 tahun, ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), memimpin perusahaan BUMN strategis, dipilih menjadi Wakil Presiden RI dan menjadi Presiden RI ke-3 setelah Soeharto mundur pada tahun 1998. Pada masa jabatan Habibie, terjadi referendum di Timor Timur, sampai akhirnya Timor Timur memisahkan diri dari Indonesia. Dalam masa jabatannya yang singkat, B.J. Habibie telah meletakkan dasar bagi kehidupan demokrasi dan persatuan wilayah di Indonesia dengan disahkannya undang undang tentang otonomi daerah dan undang-undang tentang partai politik, UU tentang Pemilu dan UU tentang susunan kedudukan DPR/MPR. 

Turun dari jabatan sebagai Presiden, Habibie kembali ke Jerman bersama keluarga. Pada tahun 2010, Ainun meninggal dunia karena kanker. Sebagai terapi atas kehilangan orang yang dicintai, Habibie membuat tulisan tentang kisah kasih dengan Ainun, yang kemudian dibukukan dengan judul “Ainun dan Habibie”. Buku ini telah diilmkan dengan judul yang sama.

 

Baca juga: Memahami Cerpen dari Struktur hingga Ciri-cirinya

 

2. Contoh Teks Biografi Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo mulai dikenal sejak menjadi Wali Kota Surakarta (Solo). Kemudian karier politiknya dilanjutkan dengan menjadi Gubernur DKI Jakarta dan sekarang menjadi Presiden Republik Indonesia. Pria kelahiran 21 Juni 1961 ini merupakan Presiden Republik Indonesia ke-7. Menikah dengan Iriana di Solo pada 24 Desember 1986, ia memiliki tiga orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Pendidikannya diawali dengan masuk SD Negeri 112 Tirtoyoso di Solo. Setelah lulus SD, ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta. Setelah lulus SMP, ia melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri 6 Surakarta. Kemudian ia berkuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.Berbagai penghargaan telah diraih oleh Jokowi hingga sekarang. 

Ia terpilih menjadi salah satu dari “10 Tokoh 2008” oleh Majalah Tempo. Selain itu, ia juga mendapat penghargaan internasional dari Kemitraan Pemerintahan Lokal Demokratis Asia Tenggara (Delgosea) atas keberhasilan Solo melakukan relokasi yang manusiawi dan pemberdayaan pedagang kaki lima.

Kemudian, pada tanggal 12 Agustus 2011, Jokowi juga mendapat penghargaan Bintang Jasa Utama yang merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga negara sipil, untuk prestasinya sebagai kepala daerah mengabdikan diri kepada rakyat.

Pada Januari 2013, Joko Widodo juga dinobatkan sebagai wali kota terbaik ke-3 di dunia atas keberhasilannya dalam memimpin Surakarta sebagai kota seni dan budaya, kota paling bersih dari korupsi, serta kota yang paling baik penataannya. Bahkan, oleh KPK, ia diberi penghargaan atas keberaniannya melaporkan berbagai barang gratifikasi yang diterima.

Terpilih dalam Pemilu Presiden 2014, Jokowi kini menjadi Presiden Indonesia pertama sepanjang sejarah yang bukan berasal dari latar belakang elite politik atau militer Indonesia. Ia terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dan kembali terpilih bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam Pemilu Presiden 2019.

 

3. Contoh Biografi Pahlawan Emansipasi, R.A Kartini

Raden Adjeng Kartini adalah pahlawan nasional Indonesia yang lahir di Jepara, Hindia Belanda, pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Hindia Belanda, pada tanggal 17 September 1904 pada usia yang masih muda yaitu 25 tahun. Nama lainnya biasa disebut dengan Raden Ayu Kartini. Tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari tanah Jawa ini dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita pribumi atau disebut dengan feminisme.

Raden Ajeng Kartini merupakan seorang wanita yang berasal dari kelas bangsawan Jawa. Nama ayah Kartini adalah Ario Sosroningrat. Saat itu, Ario Sosroningrat adalah seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara segera ketika Kartini lahir. Ibunda dari Kartini adalah putri dari istri pertama sang bangsawan, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, anak dari Kyai Haji Madirono dan Nyai Haji Siti Aminah. Keduanya adalah tokoh agama di Teluk Awur, Jepara. 

Silsilah Kartini bisa ditelusuri hingga Hamengkubuwono VI. Lebih dari itu, Garis kebangsawanan Bupati Sosroningrat dapat dilacak kembali ke para bangsawan dari istana Kerajaan Majapahit. Sejak Pangeran Dangiran menjabat sebagai bupati di Surabaya pada abad ke-18, leluhur Sosroningrat menjabat banyak posisi berpengaruh di Pangreh Praja.

Ayah Kartini dulunya adalah seorang wedana di Mayong. Peraturan Hindia Belanda waktu itu mewajibkan seorang bupati agar beristrikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah tidak memiliki garis bangsawan tinggi, maka ayah Kartini menikah lagi dengan Raden Adjeng Woerjan yang merupakan keturunan langsung dari Raja Madura. 

Setelah pernikahan itu, maka ayah Kartini berhasil menjadi bupati di Jepara. Menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan yang bernama R.A.A. Tjitrowikromo.Kartini adalah anak kelima dari sebelas bersaudara kandung dan tiri. Dari semua saudara sekandung, Kartini merupakan kakak perempuan tertua. Kakek dari Kartini yang bernama Pangeran Ario Tjondronegoro IV, diangkat menjadi bupati ketika usia 25 tahun dan terkenal pada pertengahan abad ke-19 sebagai salah satu bupati yang memberi pendidikan khas Barat kepada anak-anaknya. 

Kakak Kartini yang bernama Sosrokartono adalah seorang yang pandai dalam berbahasa. Sampai usia dua belas tahun, Kartini mengenyam pendidikan di ELS (Europese Lagere School). Salah satu pelajaran yang dipelajari oleh Kartini adalah bahasa Belanda. Tetapi setelah usia dua belas tahun, Kartini dilarang meninggalkan rumah karena sudah bisa dipingit.

Karena Kartini fasih dalam Bahasa Belanda, maka di hari-hari pingitnya, ia mulai belajar sendiri dan mengirim surat kepada teman-teman korespondensinya yang berasal dari Belanda. Salah satu sahabatnya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya. 

Dari koran, buku-buku dan majalah Eropa, Kartini mulai tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa atau feminisme modern. Timbul cita-citanya untuk memajukan pemikiran perempuan pribumi, karena menurutnya, perempuan pribumi di era Hindia Belanda berada pada status sosial yang cukup rendah.

Pada tahun 1903 saat Kartini berusia sekitar 24 tahun, impian untuk meneruskan studi menjadi guru di tanah Betawi pun sudah sirna. Dalam sebuah surat kepada Nyonya Abendanon, Kartini berkata bahwa dirinya tidak berniat lagi untuk meneruskan studi karena ia sudah akan menikah. Padahal waktu itu pihak departemen pendidikan di Belanda sudah membuka peluang untuk Kartini dan Rukmini agar bisa belajar di Betawi.

Saat menjelang hari pernikahannya, penilaian Kartini terhadap nilai-nilai di adat Jawa mulai melunak dan menjadi lebih toleran. Ia berpendapat bahwa pernikahan akan memberikan berkah tersendiri agar bisa mewujudkan impian untuk mendirikan sekolah bagi para perempuan pribumi di era Hindia Belanda. Dalam suratnya, Kartini menceritakan bahwa suaminya tidak hanya mendukung keinginannya untuk memajukan ukiran khas Jepara dan sekolah bagi perempuan pribumi saja, tetapi juga menceritakan agar Kartini bisa menulis sebuah buku yang menarik.

 

Baca juga: Memahami Kalimat Persuasif Beserta Ciri dan Contohnya

 

4. Contoh Teks Biografi Susi Pudjiastuti

Putus sekolah demi bisa berjualan ikan, itulah yang pernah dilakoni Susi Pudjiastuti. Ia lahir pada tanggal 15 Januari 1965 di Pangandaran. Susi nama sapaan nya, memiliki ayah bernama Haji Ahmad Karlan serta ibu yang bernama Hajjah Suwuh Lasminah yang berasal dari Jawa Tengah. Kini ia dikenal sebagai salah satu pengusaha wanita sukses asal Indonesia. Sektor bisnisnya lebih banyak di bidang perikanan dan hasil laut serta transportasi udara.

Bisnis pertamanya menjadi pengepul ikan pada tahun 1983 di Pangandaran, Banten berbekal modal dari hasil menjual perhiasannya. Tahun 1996, Susi Pudjiastuti kemudian mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk andalan lobster yang diekspor ke luar negeri.Ia menjual produknya dari Asia hingga ke Amerika. Untuk menjaga agar produk hasil lautnya tetap segar hingga ke pelanggan, Susi Pudjiastuti memberanikan diri meminjam uang ke Bank senilai 20 miliar pada tahun 2004 untuk membeli pesawat Cessna Caravan dan mendirikan perusahaan transportasi udara bernama PT ASI Pudjiastuti Aviation. Usaha transportasi udara ini juga berkembang pesat. Dari hanya memiliki satu pesawat, kini Susi Pudjiastuti memiliki puluhan pesawat terbang untuk disewakan baik mengangkut hasil laut maupun penumpang.

Selain berprofesi sebagai pengusaha hasil laut dan juga transportasi udara, Susi Pudjiastuti juga pernah menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan pada era presiden Joko Widodo. Angka konsumsi ikan nasional per kapita juga meningkat selama Susi menjabat. Bahkan, Susi Pudjiastuti menjadi pilihan favorit netizen untuk dipilih kembali menjadi menteri di periode kedua pemerintahan Jokowi.

 

5. Contoh Biografi Diri Sendiri Singkat

Nama saya Dika Pratama Putra, seorang pelajar kelas XI dari SMA Negeri 1 Jogja, mengambil jurusan Ilmu Sosial. Saya lahir dan besar di kota yang ramai ini pada tanggal 10 Mei 2003. Keluarga saya terdiri dari orang tua yang saya cintai dan dua saudara kandung yang menjadi teman setia saya.

Sejak kecil, saya telah menunjukkan ketertarikan yang tinggi dalam dunia seni, terutama dalam seni lukis dan musik. Saya sering menghabiskan waktu luang untuk menggambar di kanvas atau memainkan alat musik. Minat ini terus berkembang hingga saat ini, di mana saya aktif sebagai anggota paduan suara sekolah dan ikut serta dalam berbagai kompetisi seni.

Saya juga memiliki kecintaan terhadap dunia literasi dan selalu antusias untuk membaca buku-buku berbagai genre. Saat ini, saya aktif dalam klub literatur di sekolah, di mana kami berdiskusi tentang berbagai karya sastra dan mengadakan kegiatan menulis bersama.

Kesadaran akan pentingnya lingkungan juga menjadi perhatian saya. Saya terinspirasi oleh Aida Nayla Khairun, teman sejawat yang memahami dampak pemanasan global. Saya pun berkomitmen untuk berkontribusi dengan mengurangi penggunaan plastik dan mendukung gerakan lingkungan di sekolah.

Semangat untuk terus belajar dan berkembang menjadi pendorong utama saya. Saya berusaha menjadi pribadi yang kreatif, aktif dalam berorganisasi, dan peduli terhadap lingkungan. Saya percaya bahwa setiap langkah kecil yang kita ambil dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

 

6. Contoh Biografi Singkat Penulis Buku, Tere Liye

Tere Liye adalah penulis terkenal di Indonesia. Nama Tere Liye ini adalah nama pena dari seorang penulis yang bernama Darwis. Tere Liye bisa dikatakan sebagai penulis paling produktif saat ini. Pasalnya penulis yang satu ini selalu mengeluarkan karya-karya baru di setiap tahunnya. Tere Liye lahir di pedalaman Sumatra pada tanggal 21 Mei 1979. Saat ini usianya akan menuju 40 tahun.

Penulis yang satu ini memiliki ide-ide novel yang sangat tidak biasa. Hampir semua genre novel pernah ditulis oleh Tere Liye. Ia sudah menulis novel dengan berbagai tema mulai dari cinta, politik, ekonomi, agama, pendidikan dan berbagai tema lainnya. Setiap kali Tere Liye merilis novel terbaru, bakal selalu diburu oleh penikmat novel Indonesia.

Padahal jika melihat latar belakang Tere Liye, ia tidak memiliki jejak penulis. Pendidikannya adalah Ekonomi dari kampus Universitas Indonesia. Ayah dan ibu Tere Liye hanya seorang petani biasa. Namun bakat Tere Liye dalam menulis tidak perlu diragukan lagi. Bahkan beberapa novel karyanya sudah difilmkan. Beberapa karya yang difilmkan seperti Hafalan Sholat Delisa dan Bidadari-Bidadari Surga. 

Hal yang semakin membuat banyak orang kagum adalah ternyata menulis bukan pekerjaan utama seorang Tere Liye. Tere Liye adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta di Indonesia. Menulis hanyalah sebagai hobi dari Tere Liye. Melalui tulisannya, pembaca bisa belajar banyak hal. Di novel Negeri Para Bedebah, pembaca bisa belajar tentang ekonomi dan politik dunia. Di novel Sunset Bersama Rossi, pembaca bisa belajar mengenai ketulusan cinta sejati.

Saat membaca karya-karya Tere Liye, penulis akan disajikan cerita yang tidak biasa. Dari semua cerita ini pembaca akan paham jika penulis novel yang satu ini sangat luas sekali pengetahuannya akan dunia luar. Saat ini, Tere Liye telah menulis lebih dari 30 novel. Tentu saja ini prestasi yang sangat mengagumkan.

 

7. Contoh Biografi Pahlawan Nasional, Jenderal Soedirman 

Jenderal Soedirman adalah salah seorang pahlawan nasional yang lahir di Purbalingga, 24 Januari 1916. Jenderal Soedirman lahir dari keluarga yang merupakan rakyat biasa dan kemudian diadopsi oleh pamannya yang adalah seorang priyayi. 

Beliau tumbuh menjadi sosok murid yang sangat ulet dan rajin. Jenderal Soedirman juga dikenal aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. Jiwa kepemimpinannya sudah mulai terlihat sejak ia bersekolah di sekolah menengah. 

Pada tahun 1937, beliau dipercaya sebagai seorang pemimpin Kelompok Pemuda Muhammadiyah dan sangat dihormati oleh masyarakat karena ilmu agama yang dimilikinya. Walaupun sibuk dengan kegiatannya dalam organisasi, Jenderal Soedirman juga tetap melakukan pekerjaannya yaitu mengajar. 

Pada tahun 1944, Jenderal Soedirman membuat keputusan untuk bergabung dengan PETA (Pembela Tanah Air) dan kemudian dipercaya menjadi Komandan Batalyon Banyumas. Saat menjadi seorang komandan, beliau dengan rekan prajurit lainnya melancarkan sebuah pemberontakan. Akibat dari pemberontakan tersebut, Jenderal Soedirman diasingkan di Bogor. Walaupun begitu, beliau dengan pendiri proklamator lain tetap bersikukuh dan bertekad dalam berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. 

Jenderal Soedirman adalah sosok yang sangat berjasa pada Revolusi Nasional Indonesia. Akhirnya, ia diangkat sebagai Panglima Besar pada 18 Desember 1984. Nama Jenderal Soedirman mulai dikenal ketika Perang Gerilya 1 Maret 1949. Ia merupakan seorang komando dari beberapa kegiatan militer di Jawa. Beliau wafat pada di Magelang, 29 Januari 1950. Beliau meninggal pada usia 34 tahun. Semangat perjuangan Jenderal Soedirman hingga saat ini masih terus dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Karena perjuangan pahlawan, kini kita dapat menikmati kehidupan yang merdeka.

 

8. Contoh Biografi Orang Tua tentang Ayah 

Ayahku sebentar lagi akan berusia 62 tahun. Tak heran jika kini ubannya nyaris menutupi seluruh kepalanya. Terlihat, rambutnya pun semakin menipis meskipun belum botak. Konon, ayahku mempunyai panggilan unik, yakni ‘Si Welut’. Apa artinya?

Dalam Bahasa Jawa, ‘welut’ artinya belut. Binatang yang gesit, tidak mudah ditangkap, bergerak lincah kesana dan kemari tidak bisa diam.

Kata kakek, semasa kecil ayahku memang sering menghilang. Entah saat harus pergi mengaji ataupun ketika disuruh mengerjakan PR.

Ayahku hanya lulusan SMP, Ia pernah masuk SMA tapi dia tidak lulus. Dibesarkan dalam lingkungan masyarakat pesisir, ayahku sudah tertarik bekerja sebagai pemilah ikan tangkapan nelayan semenjak berusia 15 tahun. Itulah sebabnya ia hanya menikmati pendidikan SMA sampai kelas dua saja, itu pun hanya satu semester.

Ayahku memang ulet dan tekun bekerja. Ayah awalnya hanya seorang pemilah ikan yang bertugas memisahkan ikan-ikan kecil dari ikan yang ukuran besar untuk dijual ke penadah. Hingga akhirnya ayahku bisa menjadi seorang nakhoda. Meskipun hanya sekadar nakhoda perahu nelayan kecil. Namun, itulah titik balik ayahku.

Ayahku yang bernama asli Mahameru akhirnya bisa mempunyai perahu sendiri setelah bekerja siang malam bahkan hingga berhari-hari melaut tanpa pulang. Hebatnya, tiap tahunnya perahunya bertambah banyak.

Ketika berusia 20 tahun, ayahku sudah memiliki enam perahu. Sedangkan teman-teman seumurannya masih berprofesi sebagai nelayan bayaran. Beberapa di antara teman sebaya ayahku dulu diajak bekerja dengannya. Ayah tentu tidak lupa dengan mereka. Teman sepermainan yang harus terus dijaga persahabatannya.

Ayahku terus menjadi nelayan hingga suatu ketika dia mengalami kecelakaan. Perahunya bocor, kapalnya tenggelam dan dia terombang-ambing selama dua hari satu malam di lautan. Empat awak perahu lainnya meninggal dan hanya ayahku sendiri yang selamat meski sekarat.

Peristiwa itu terjadi ketika usia ayahku mendekati usia 50 tahun. Kejadian itu membuat ayahku kehilangan pendengaran hingga 90 persen. Tampaknya dia sempat beberapa kali tenggelam saat lemas terapung-apung di lautan.

Kini, ayahku tetap menjadi sosok yang ulet. Ia lebih banyak mengabdikan dirinya di masjid dan pada masyarakat. Ayah juga membina kaum muda di pesisir untuk berwirausaha. Aku bangga dengan sosok ayahku yang tak bisa diam seperti belut. 

 

9. Contoh Biografi Ibu

Ibu merupakan sosok malaikat tak bersayap. Ibuku bernama Nadin Winata. Ia lahir tanggal 20 September 1971 di Solo. Ibu merupakan anak seorang tentara, sehingga membuatnya harus berpindah dari satu kota ke kota lainnya.

Dari SD hingga SMP ibu bersekolah di Solo, kemudian harus pindah ke Semarang saat SMA. Setelah lulus SMA, ibu harus tinggal di Palembang, tetapi ia merantau untuk melanjutkan pendidikannya di Semarang.

Selama menempuh pendidikan dari SD hingga kuliah, ibu merupakan siswa yang berprestasi. Beberapa kali ia menjuarai perlombaan akademik, seperti cerdas cermat tingkat kota, lomba membaca buku terbanyak, dan karya tulis ilmiah.

Prestasinya yang gemilang ini membuat ibu berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah magister di Jepang. O iya, perjalanan hidup memang tak selamanya mulus.

Sebelum melanjutkan kuliahnya, ibu sempat bekerja sebagai guru honorer di salah satu SMP negeri di Semarang. Selama bekerja, ia hanya digaji Rp200 ribu setiap satu bulan, pada waktu itu.

Saat berkuliah di Jepang pun ibu juga bekerja paruh waktu sebagai pelayan restoran dan petugas kebersihan. Meski mendapat beasiswa, ibu tetap bekerja untuk uang tambahan dan dikirim ke orang tuanya di Indonesia.

Akhirnya, perjuangan pun tidak sia-sia, ibu berhasil menjadi dosen negeri di salah satu universitas di Semarang. Ibuku tidak pernah berhenti belajar, saat ini ia melanjutkan studinya dan kerap mengikuti penelitian serta pelatihan.

Setelah berhasil lulus kuliah magister, ibu kembali ke Indonesia dan mencoba melamar menjadi dosen. Aku selalu bangga padanya, ia tak pernah mengeluh dan banyak berbicara, tetapi aksinya selalu berhasil tepat sasaran.

 

10. Contoh Biografi Bahasa Sunda tentang Cut Nyak Dien

Cut Nyak Dhien dilahirkeun ti kaluarga bangsawan nu taat kana agama di Lamdinang, wilayah VI Mukim dina tahun 1848. Ramana nu namina Teuku Nanta Setia, mangrupi uleebalang VI Mukim, tur katurunan Machmoed Sati, nu ngumbara ti Sumatera Barat.

Machmoed Sati kamungkinan dongkap ka Aceh dina abad ke 18 waktos kesultanan Aceh diparentah ku Sultan Jamalul Badrul Munir. kumargi eta, Ramana Cut Nyak Dhien ngagaduhan darah ti Minangkabau. Ibu Cut Nyak Dhien nyaeta putri uleebalang Lampagar.

Waktos alitna, Cut Nyak Dhien mangrupi gadis nu kakoncara kageulisanna. Anjeunna kenging atikan dina widang agama (nu dididik ku sepuhna atanapi guru agama) sareng lingkungan kulawargana ngagaduhan kabiasaan ngatik budak gadis pikeun: masak, ngalayanan caroge, tur taat kana atikan).

Seueur pameget nu kapincut ku Cut Nyak Dhien sareng pada ngalamar. Dina yuswa 12 tahun, anjeunna tos dinikahkeun ku sepuhna, nyaeta taun 1862 sareng Teuku Cek Ibrahim Lamnga, putra ti uleebalang Lamnga XIII. Aranjeunna ngaggaduhan hiji-hijina putera pameget.

Teuku Umar, salah sahiji tokoh anu ngalawan Belanda, ngalamar Cut Nyak Dhien. Kawitna Cut Nyak Dhien nolak, tapi kumargi Teuku Umar ngawidian pikeun ulubiung di medan perang, Cut Nyak Dhien satuju pikeun rimbitan sareng anjeunna dina tahun 1880 nu nyababkeun ngahudangkeun moral pasukan perlawanan Aceh. Aranjeunna dipaparin budak isteri nu dipasihan nami Cut Gambang.

Saatos rimbitan sareng Teuku Umar, anjeunna sareng Teuku Umar tempur ngalawan Belanda. Mung, Teuku Umar gugur waktos nyerang Meulaboh dina tanggal 11 Februari 1899, nu nyababkeun anjeunna berjuang nyalira di pedalaman Meulaboh sareng pasukan alit.

Cut Nyak Dien waktos eta tos sepuh tur ngaggaduhan penyakit encok sareng rabun, numawi pasukanna nu namina Pang Laot ngalaporkeun kaayaan anjeunna, alatan ngaraos iba. anjeunna akhirna ditangkep tur dicandak ka Banda Aceh. Ti dinya, anjeunna dirawat sareng panyawatna mulai damang.

Kaayaan anjeunna ngahudangkeun sumanget perlawanan rakyat Aceh tur kalayan bubunian masih hubungan sareng pejuang Aceh nu teu acan katangkep, alatan hal eta, anjeunna dialihkeun ka Sumedang. Tjoet Nyak Dhien pupus dina tanggal 6 November 1908 kalayan dimakamkeun di Gunung Puyuh, Sumedang.

 

Baca Juga: Teks Biografi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contoh

 

11. Contoh Biografi Siswa SMA

Nama saya Fitriani Putri, seorang siswi kelas XI dari SMA Negeri 3 Jogja dengan jurusan IPA. Saya lahir dan besar di Kota Jogja yang asri pada tanggal 25 Oktober 2003. Keluarga saya terdiri dari orang tua yang selalu mendukung dan dua saudara perempuan yang menjadi sahabat setia saya.

Ketertarikan saya terhadap dunia sains dan pengetahuan alam sudah muncul sejak duduk di bangku SMP. Saya seringkali terpesona oleh eksperimen-eksperimen ilmiah dan keajaiban alam. Minat ini membawa saya memilih jurusan IPA di SMA, dengan harapan dapat menggali lebih dalam pengetahuan tentang fenomena alam dan eksplorasi sains.

Saya juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, terutama dalam kelompok penelitian sains. Di samping itu, saya mengikuti olimpiade sains tingkat regional dan nasional untuk terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan saya di bidang sains.

Kesukaan saya terhadap dunia sains tidak membuat saya melupakan kecintaan pada seni dan budaya. Saya senang bermain piano dan menggambar sebagai bentuk ekspresi diri. Gabungan antara ilmu pengetahuan dan seni memberikan warna pada kehidupan sehari-hari saya.

Selain itu, saya juga aktif dalam kegiatan sosial dan lingkungan di sekolah. Saya menjadi relawan dalam kegiatan penghijauan dan sering mengikuti pelatihan tentang konservasi alam. Saya percaya bahwa ilmu pengetahuan tidak hanya harus diterapkan dalam lingkup akademis, tetapi juga dalam upaya menjaga kelestarian alam.

Semangat saya dalam belajar dan mencapai prestasi tertinggi di bidang ilmu pengetahuan merupakan dedikasi saya untuk berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Saya yakin bahwa setiap langkah kecil menuju pengetahuan dapat membawa dampak besar untuk masa depan.

 

12. Contoh Biografi Singkat Ir. Soekarno 

Kusno Sosrodihardjo atau yang lebih dikenal dengan nama Ir. Soekarno lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Bung Karno yang merupakan presiden pertama Republik Indonesia, wafat pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta pada usianya yang ke-69 dan beliau dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Presiden Soekarno tinggal di Tulungagung, Jawa Timur bersama kakeknya. Beliau tidak menghabiskan waktu kecilnya bersama kedua orang tuanya. Di Tulungagung, Soekarno sempat bersekolah, namun tidak bisa menyelesaikannya, karena kembali ikut dengan orang tuanya tinggal di Mojokerto.Tahun 1915, Soekarno berhasil menyelesaikan pendidikannya di Europeesche Lagere School dan selanjutnya tinggal bersama H.O.S Cokroaminoto yang merupakan teman dari ayah Soekarno. 

Bersama H.O.S Cokroaminoto, Soekarno mulai mengenal dan mempelajari politik.Beliau juga mempelajari bagaimana cara untuk berpidato dan pada tahun 1921 beliau menyelesaikan sekolahnya di Hogere Burger School. Setelah itu, Soekarno pindah ke Bandung dan bersekolah di Technische Hogeschool jurusan teknik sipil, di mana saat ini merupakan ITB. Soekarno lulus pada tanggal 25 Mei 1926 dan berhasil memperoleh gelar insinyur.

Hingga saat ini, sosok Ir. Soekarno masih sangat melekat di hati masyarakat Indonesia. Perjuangannya dan keteguhannya dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia bersama dengan masyarakat patut menjadi inspirasi perjuangan pada saat ini.

 

13. Contoh Biografi Najwa Shihab

Najwa Shihab adalah seorang presenter berita dan acara bincang-bincang yang terkenal di Indonesia. Ia lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 16 September 1977. Ia adalah putri dari Quraish Shihab, seorang tokoh Muslim dan mantan Menteri Agama. 

Ia menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan memulai karirnya sebagai jurnalis di RCTI dan Metro TV. Ia dikenal sebagai pembawa acara Mata Najwa, yang menghadirkan wawancara yang tajam, kritis, dan mendalam dengan tokoh-tokoh penting dari berbagai bidang.

Pada tahun 1997, ia menikah dengan Ibrahim Sjarief Assegaf, saat ia masih berusia 20 tahun. Mereka dikaruniai dua orang anak, yaitu Izzat Ibrahim Assegaf dan Namiya Assegaf. Sayangnya, Namiya meninggal dunia saat baru berusia empat jam setelah dilahirkan. 

Sementara, pada tahun 2011, ia masuk dalam daftar 99 wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah Newsweek. Ia juga mendapat banyak penghargaan dan apresiasi atas karyanya sebagai jurnalis dan presenter, seperti Panasonic Gobel Awards, Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Anugerah KPI, dan Anugerah Jurnalistik Mochtar Lubis. 

Selanjutnya pada tahun 2017, ia mengundurkan diri dari Metro TV dan mendirikan Narasi TV, sebuah perusahaan media digital yang berfokus pada pembuatan konten-konten berkualitas dan inspiratif. Ia juga menjadi Duta Baca Indonesia, sebuah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Najwa Shihab adalah salah satu tokoh yang patut menjadi panutan dan inspirasi bagi banyak orang, terutama bagi generasi muda. Ia menunjukkan bahwa dengan kerja keras, kecerdasan, dan integritas, seseorang bisa mencapai kesuksesan dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan dunia. Ia juga memiliki semangat yang tinggi untuk terus belajar dan berinovasi dalam bidang kepenulisan dan jurnalistik.

 

14. Contoh Teks Biografi Tokoh Penemu, Thomas Edison

Thomas Edison adalah seorang penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting di bidang pembangkit tenaga listrik, komunikasi massa, rekaman suara, dan gambar bergerak. Ia lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat pada 11 Februari 1847. 

Ia adalah anak bungsu dari tujuh bersaudara, anak pasangan Samuel Ogden Edison Jr dan Nancy Matthews Elliott.Ia hanya mengenyam pendidikan formal selama tiga bulan, tetapi belajar banyak dari ibunya yang merupakan seorang guru. Ia dikenal sebagai salah satu penemu paling produktif sepanjang masa, dengan 1.093 paten atas namanya. Ia juga mendirikan perusahaan General Electric, yang menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Pada tahun 1862, ia menyelamatkan seorang anak laki-laki dari tertabrak kereta api. Sebagai balasannya, ayah anak itu mengajari Edison cara mengoperasikan telegraf. Edison pun tertarik dengan bidang ini dan menjadi operator telegraf yang handal. Ia juga mulai bereksperimen dengan perangkat telegraf dan menciptakan beberapa peningkatan, seperti telegraf cetak dan telegraf kuadrupleks. 

Pada tahun 1876, ia pindah ke Menlo Park, New Jersey, dan membangun laboratorium penelitian industri pertama di dunia. Di sana, ia dan timnya melakukan berbagai penelitian dan penemuan yang revolusioner, seperti fonograf, bola lampu listrik, mikrofon karbon, dan kamera gambar bergerak. Ia mendapat julukan “Penyihir Menlo Park” karena kreativitas dan produktivitasnya.

Pada tahun 1882, ia membangun pembangkit listrik pertama di Pearl Street, New York, yang menyediakan listrik untuk 85 pelanggan di sekitar satu mil persegi. Ia juga mengembangkan sistem distribusi listrik yang efisien dan aman, menggunakan arus searah. Ia bersaing dengan George Westinghouse, yang menggunakan arus bolak-balik, dalam apa yang disebut sebagai “Perang Arus”.

Pada tahun 1891, ia mematenkan kinetoskop, sebuah alat yang memungkinkan orang untuk menonton gambar bergerak melalui lubang kecil. Ia juga membangun studio film pertamanya, yang disebut Black Maria, di West Orange, New Jersey. Ia memproduksi banyak film pendek, seperti The Kiss, The Great Train Robbery, dan Frankenstein.

Pada tahun 1914, laboratorium Menlo Park terbakar dan menghancurkan banyak penemuan dan catatan Edison. Ia tidak putus asa, tetapi membangun laboratorium baru yang lebih besar dan lebih modern di West Orange. Ia melanjutkan penelitian dan penemuan di berbagai bidang, seperti baterai, karet sintetis, dan torpedo listrik.

Pada tahun 1928, ia menerima penghargaan Kongres Amerika Serikat atas jasa-jasanya dalam bidang ilmu pengetahuan dan industri. Ia juga mendapat banyak penghargaan dan penghormatan dari berbagai negara dan organisasi, seperti Prancis, Inggris, Jepang, dan Liga Bangsa-Bangsa.

Thomas Edison adalah salah satu penemu yang berpengaruh dan terkenal di dunia. Ia memiliki semangat yang tinggi, rasa ingin tahu yang besar, dan kerja sama yang baik dalam proses penemuan. Ia menyumbangkan banyak penemuan yang bermanfaat dan berdampak bagi kehidupan modern manusia. Ia juga menjadi inspirasi dan teladan bagi banyak penemu dan pengusaha lainnya.

 

15. Contoh Biografi Bill Gates

Bill Gates merupakan sosok dibalik berdirinya Microsoft. Ia lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat pada tahun 28 Oktober 1955. Karena sosoknya yang menginspirasi dengan membuat suatu software yang bermanfaat, ia berhasil menjadi orang terkaya di dunia dari tahun 1995-2009.

Pada usianya yang ke-13, Bill Gates menempuh pendidikan di Lakeside School. Pada tahun 1986, Bill Gates mulai mengenal komputer dan bisa mempelajari BASIC yang merupakan bahasa pemrograman komputer dalam waktu yang singkat. Bill Gates juga sangat senang menghabiskan waktu di depan komputer untuk bermain game, menulis program, dan mempelajari banyak hal lainnya.

Pada tahun 1975, Bill Gates berhasil mendirikan Microsoft dengan seorang teman, Paul Allen. Bill Gates berpikir bahwa teknologi akan semakin berkembang di masa yang akan datang. Pada tahun 1990, Bill Gates berhasil membuat sistem operasi, namun saat itu ia memiliki reputasi yang tidak baik, karena ia sering membuat kesalahan dalam bisnis.

Meski dinobatkan menjadi orang terkaya dalam kurun waktu yang cukup lama, Bill Gates tetap menjadi sosok yang tidak sombong dan dermawan. Hal ini dibuktikan dari berdirinya yayasan sosial yang ia bangun bersama mantan istrinya, yaitu Bill & Melinda Gates Foundation.

Menginspirasi banget, ya kisah tokoh-tokoh di atas. Setiap tokoh punya perjalanan dan perjuangannya sendiri yang bisa kita teladani. Semoga contoh teks biografi beserta strukturnya di atas membantu, ya! Mau belajar lebih banyak lagi? Klik banner berikut untuk belajar materi Bahasa Indonesia lainnya bareng master teacher terbaik dari Brain Academy!

Brain Academy Branch

 

Referensi:

Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 

Brilio.net. 2023. Contoh Teks Biografi Berbagai Tokoh Terkenal. Tautan: https://www.brilio.net/wow/15-contoh-teks-biografi-berbagai-tokoh-bisa-dijadikan-referensi-211220q.html

Sonora. 2022. Contoh Biografi Bahasa Sunda tentang Pahlawan dan Tokoh Seni. Tautan: sonora.id/read/423562390/3-contoh-biografi-bahasa-sunda-tentang-pahlawan-dan-tokoh-seni

Detik.com. 2024. Contoh Biografi Diri Sendiri Singkat dan Tips Membuatnya. Tautan: detik.com/jogja/berita/d-7198402/7-contoh-biografi-diri-sendiri-singkat-lengkap-dengan-tips-membuatnya

(Diakses: 12 Juni 2024)

Devi Lianovanda